7 Tips Membawa Uang Saat Traveling Agar Aman Dari Kejahatan

Hay guys, artikel ini cocok banget nih buat kamu yang hobi travelling. Sayang, faktor keamanan terkadang membuat kita ragu untuk membawa uang dengan jumlah banyak. Sedikit ceroboh, tangan-tangan nggak bertanggung jawab bisa saja beraksi.

Uang tunai adalah hal yang nggak boleh kamu lupa bawa saat traveling. Meskipun liburan kamu sudah diatur oleh agen perjalanan sekalipun, uang saku sendiri sangat berguna untuk mengantisipasi keadaan darurat. Kamu nggak mau kan terlantar di kota atau negara orang tanpa uang. Liburan yang awalnya berlangsung menyenangkan, berubah menyedihkan karena hal tersebut.

Biasanya, traveler / pejalan itu identik dengan ransel yang berisi banyak uang, menurut pemikiran orang-orang dan akhirnya menjadi magnet kuat bagi orang yang berniat jahat. Kadang kita merasa bingung bukan, harus membawa uang banyak atau sedikit, takut jarang ada ATM, dan masih banyak ketakutan-ketakutan lainnya bukan ?

Bagaimana sih cara menyimpan dan membawa uang agar aman saat traveling, yuk simak :

Membuat Perhitungan

Buat perhitungan pengeluaran kira-kira di suatu daerah tersebut. Nggak harus detil tapi minimal kita sudah persiapkan dana yang sekiranya cukup dan tidak berlebihan membawa uang tunai.

Pisahkan Uang

Jangan simpan semua uang di dompet. Kita juga harus memecah-mecah uang di beberapa tempat seperti kantong-kantong kecil di ransel atau pouch Ini penting ketika kita (amit-amit sih) kecopetan dompet saat traveling, kita minimal masih punya uang pegangan.

Gunakan Money Belt

Tips yang ini sih sebenarnya masih kelanjutan dari tips nomor dua, untuk memecah-mecah uang. Supaya merasa lebih aman, dibandingkan membawa uang di dompet, ada yang membawa uang di money belt yang dililitkan di pinggang, di balik pakaian kita. Sebenarnya trik ini juga sering dipakai oleh nenek-nenek kita yang menyimpan uang di balik sarung atau dalaman ya.

ATM Sebagai Andalan

Saat traveling ke luar negeri, gak ada salahkan kita lebih mengandalkan ATM dan CC (kartu kredit) untuk tarik tunai di destinasi tujuan, dibandingkan menukarkannya ke money changer.

Gunakan e-Money

Kecanggihan teknologi memungkinkan kita menyimpan uang dalam bentuk apapun, salah satunya dengan e-Money. Berbeda dengan kartu debit atau kredit, e-Money adalah fitur mata uang yang dapat diisi ulang sesuka hati. E-Money pun meminimalisir penggunaan uang kertas atau logam. Sehingga, kamu dapat traveling dengan rasa aman dan nyaman tanpa harus membawa banyak uang tunai.

Cari Hotel dengan Safe box

Banyak kejadian wisatawan kehilangan uang yang mereka tinggal di dalam kamar. Padahal, kamar hotel atau penginapan lainnya harusnya sangat aman dari tangan-tangan nggak bertanggung jawab. Namun, beberapa hotel memiliki fasilitas safe box yang dapat kamu manfaatkan. Brankas kecil ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga termasuk uang. Jadi pastikan, hotel yang kamu tempati memiliki fasilitas safe box yang aman!

Membawa Uang yang Cukup

Jangan lebih, jangan ngepas juga. Membawa uang dalam bentuk fisik saat liburan bikin kita was-was. Namun di sisi lain, kebutuhan di perjalanan nggak dapat dikompromikan.

Jadi, pastikan kamu membawa uang cash yang pas sesuai dengan perjalanan. Tetapi juga jangan terlalu berlebih. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan destinasi wisata, sih.

Leave a Reply