5 Gunung di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan alamnya. Sepanjang mata memandang biru laut begitu terhampar, begitupun dengan pegunungan yang megililingi bumi Indonesia. Sebagai negara lempeng asia, Indonesia memiliki 127 gunung berapi yang asih aktif. Dengan jumlah yang fantastis tersebut, tentunya bukan penghalang bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung untuk menaklukan gunung-gunung yang memiliki beribu kisah dan keindahan ini.

Nah, disini akan dibahas 5 gunung terindah terkhusus buat kamu yang hobi mendaki gunung:

1.Gunung Semeru

superadventure

Gunung Semeru menjadi salah satu gunung yang tetap menjadi favorit bagi para pendaki nih. Gunung yang memiliki ketinggian hingga 3.676 mdpl ini memiliki keindahan tersembunyi yang luar biasa serta tentang negeri diatas awannya yang menjadi sorotan utama para pendaki. Terletak di provinsi Jawa Timur tidak serta merta menjadikan Gunung Semeru sepi dari pendaki.

Ada begitu banyak keindahan tersembunyi dari Gunung Semeru, diantaranya, memiliki danau cantik yang bernama Ranu Kumbolo. Biasanya tempat ini sering dijadikan oleh para pendaki sebagai tempat untuk mendirikan tenda sementara sebelum melanjutkan perjalanan hingga kepuncak. Ranu Kumbolo yang merupakan danau alami yang menjadikannya begitu menggoda siapapun yang melihat. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa setiap pendaki tidak diperbolehkan untuk berenang di danau tersebut, karena selain suhunya yang terlampau dingin juga terkait kedalamannya yang mencapai 28 meter.

2. Gunung Bromo

superadventure

Masih dari Provinsi Jawa Timur, gunung terindah yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo sering juga disebut sebagai bukut teletubbies nih. Padahal sebenarnya barisan bukit tersebut adalah padang rumput sabana.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 m dpl ini, menjadi istimewa karena salah satu keindahannya yaitu kamu dapat melihat matahari terbit dari sebuah tanjakan yang disebut Puncak Pananjakan. Bukan hanya menjadi tempat favorit bagi para pendaki, Gunung Bromo juga menjadi tempat bagi warga beragaa Hindu untuk melakukan ritual keagamaan. Memiliki suhu udara mencapai 3-20 derajat celcius pastikan kamu tidak lupa untuk membawa jaket, topi, syal, dan pelindung badan kamu agar tidak kedinginan.

Selain itu, Gunung Bromo memiliki kawah yang memiliki bau belerang yang cukup tajam jika kamu berdiri ditepiannya. Kamu pun dapat menyewa kuda-kuda milik warga sekitar untuk menikmati keindahan Gunung Bromo.

3. Gunung Rinjani

superadventure

Beralih dari pulau jawa menuju pulau Lombok. Yup, Gunung Rinjani yang terdapat di Pulau Lombok ini tidak kalah indah dari gunung-gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung Rinjani tidak saja menarik para pendaki dari dalam negeri, tapi juga menarik pendaki dari mancanegara berkat medan yang menantang serta keindahannya yag elok nan memukau.

Memiliki ketinggian 3.726 m dpl menjadikan Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia. Sama seperti Gunung Semeru yang memiliki Ranu Kumbolo, Gunung Rinjani pun memiliki Segara Anak. Danau yang keindahannya sudah mendunia ini memiliki air yang jernih serta pemandangan pepohonan yang mengelilinginya menjadikannya salah satu spot yang tidak boleh kamu lewati ketika kamu mendaki ke Gunung Rinjani. Dari Gunung Rinjani kamu dapat menikmati sunset ketika petang telah tiba. Kamu bisa menikmati sunset dari sekita Palawangan Sembalun.

4. Gunung Kelimutu

superadventure

Gunung Kelimutu masih termasuk kedalam salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Namun, kebenaran masih aktifnya gunung berapi ini telah kalah oleh keindahan yang terdapat didalamnya.

Terletak di Pulau Flores, Profinsi NTT, Gunung Kelimutu memiliki tiga buah danau yang akan memanjakan matamu pada puncaknya. Danau tersebut terkenal dengan nama Danau Tiga Warna, karena memiliki warna yang berneda-beda yaitu, merah, putih, dan biru. Sama seperti yang biasanya dilakukan oleh para pendaki ketika menaiki gunung, dari Gunung Kelimutu kamu pun dapat menikmati sunrise dipuncak Kelimutu.

Selain dapat menikmati keindahannya, kamu juga akan menjumpai festival Pati Ka. Pati Ka merupakan ritual tahunan yang diadakan oleh Suku Lio. Prosesi ritual ini diawali oleh do’a dari tetua suku untuk kemudia dilanjutkan dengan penyerahan sesajen.

5. Puncak Jaya

superadventure

Beralih ke daerah Papua yang berada di bagian Timur Indonesia pun memiliki gunung dengan keindahannya yang harus kamu kunjungi. Terdapat keunikan dari Puncak jaya ini, yaitu terdapat salju abadi yang terletak di puncak gunung tersebut. memiliki ketinggian mencapai 4.884 m dpl menjadikannya gunung tertinggi di Indonesia.

Meskipun memiliki keindahan yang begitu memesona, Puncak Jaya merupakan salah satu track mendaki gunung yang lumayan sulit untuk dilalui. Hal ini dikarenakan Puncak Jaya memiliki suhu yang sangat ekstrem, tipisnya kadar oksigen, jalur pendakian yang terjal, serta cuaca yang yang tidak menentu.

Itulah beberapa keindahan gunung di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Ketika mendaki, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan dan jangan merusak segaa keindahan alami yang terdapat disana.

Leave a Reply