Ketahui 5 Tips Membangun Bisnis Rumahan Dengan Modal Minim

Mendapatkan penghasilan dan dapat memenuhi kebutuhan sendiri merupakan salah satu keinginan yang dimiliki oleh setiap orang. Terutama mahasiswa ataupun mahasiswi yang ingin belajar hidup mandiri dan tidak ingin menyusahkan orang tua lagi. Dan salah satu cara mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan membuka usaha ataupun sering kita kenal dengan bisnis. Namun, ada satu hal yang menjadi komponen penting dalam membangun suatu bisnis yaitu modal. Modal merupakan kemampuan yang biasanya berbentuk materi yang kita siapkan untuk membuka suatu usaha. Dan untuk membangun usaha yang besar tentu kita membutuhan modal yang besar pula.

Selain modal, dalam berbisnis kita dituntut untuk memberikan sebagian besar waktu kita untuk berada di dalam bisnis tersebut. Mempelajarinya dan memahami seperti apa bisnis yang kita jalani merupakan cara efektif untuk membuat bisnis tersebut maju. Modal dan waktu merupakan dua komponen penting yang harus dipersiapkan. Namun bagaimana dengan mahasiswa yang ingin membangun bisnis yang tidak memiliki modal besar dalam membangun bisnis? Dan bagaimana dengan mereka yang hanya memiliki sedikit waktu untuk berbisnis dikarenakan masih kuliah? Untuk menjawab hal tersebut, maka kita dapat membangun bisnis rumahan dengan modal minim. Bagaimana caranya? Kalian bisa cek 5 tips di bawah ini, check it out,

1. Pilih Jenis Usaha

unsplash

Hal pertama yang anda lakukan saat ingin memulai bisnis rumahan adalah menentukan jenis usaha yang akan kalian jalani. Cobalah untukmemilih usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang anda sukai. Dengan begitu, anda tidak akan merasa terbebani ketika menjalankannya. Karena nantinya dalam kegiatan bisnis, anda akan sering menemukan banyak masalah bisnis. Yang jika anda menyukai usaha tersebut, maka anda akan bisa bertahan saat bisnis tersebut memiliki permasalahan. Contoh usaha yang sesuai hobi yaitu, misalnya anda hobi travelling maka anda dapat membuat usaha travel, ataupun jika anda hobi berbelanja onlinemaka anda dapat membuka online shop.

2. Manfaatkan Sumber Daya yang Dimiliki

unsplash

Hal selanjutnya yang harus anda persiapkan dalam membangun usaha dengan modal yang minim yaitu memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya ini bukan hanya berbentuk modal uang, tapi juga bisa peralatan, perlengkapan dan sumber daya lainnya. Jika anda ingin memulai jenis usaha menjual pulsa maka anda dapat menggunakan sumber daya yang ada berupa handphone yang sudah anda miliki. Dan hal ini dapat menghindari anda dari pemborosan jika anda harus membeli handphone baru untuk usaha tersebut, sehingga anda tetap dapat mebangun usaha dengan modal minim.

3. Memaanfaatkan Sosial Media

unsplash

Dalam berbisnis kita memerlukan hal yang disebut branding product. Kegiatan branding product dilakukan agar target pasar dapat mengenal produk apa yang kita jual, dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang kita miliki. Branding dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membuat iklan, brosur, ataupun hal lainnya. Namun untuk melakukan hal itu kita membutuhkan modal yang tidak sedikit. Dan saat ini, para pebisnis pemula diuntukngkan dengan adanya keberadaan sosial media seperti instagram. Whatsapp, facebook, twitter dan sosial media lainnya yang dapat digunakan sebagai wadah promosi ataupun branding product. Dengan modal minim kita sudah dapat melakukan kegiatan pengenalan produk yang kita miliki, agar orang-orang tertarik untuk membeli.

4. Libatkan Orang Terdekat

unsplash

Dalam melakukan kegiatan usaha kita tentu membutuhkan yang namya sumber daya manusia atau biasa dikenal dengan tenaga kerja. Terutama saat kita melakukan usaha dibidang produksi, maka tenaga kerja menjadi salah satu hal yang harus ada. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mempekerjaan seseorang didalam usaha kita tidaklah sedikit. Setidaknya kita harus dapat memenuhi kebutuhan mereka, seperti gaji yang harus disesuaikan dengan upah minimum regional. Untuk pebisnis pemula dengan modal yang minim maka kita dapat melibatkan orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti keluarga, saudara ataupun teman-teman terdekat. Agar biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja bisa lebih sedikit dan dapat menyesuaikan modal minim yang kita miliki.

5. Pandai Dalam Membagi Waktu

unsplash

Dalam mengembangkan usaha maka kita sebagai pebisnis akan dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Terutama jika pebisnis tersebut merupakan mahasiswa, maka ia harus dapat membagi waktu antara kuliah dan mengembangkan bisnis. Dan dalam bisnis anda tidak boleh menunda-nunda dalam melakukan suatu hal, karena jika anda menunda-nunda suatu hal maka anda dapat kalah dari kompetitor yang sedang membangun usaha seperti anda.

Setelah membaca 5 tips bisnis rumahan dengan modal minim diatas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa membangun usaha tidak harus dengan modal besar. Kalian sebagai mahasiswa ataupun pelajar juga bisa membangun usaha sedari dini. Dan satu hal yang harus ditanamkan pada diri kita, yaitu dengan membangun usaha maka kita dapat menjadi mandiri secara finansial dan dapat membantu orang tua kita.

Leave a Reply