Inilah 7 Konsep Marketing Mix yang Perlu Diketahui Oleh Seorang Pebisnis

Perkembangan zaman di Indonesia telah membuat perubahan yang cukup baik misalnya saja dalam bidang kewirausahaan. Berdasarkan data BPS jika dilihat dari jumlah penduduk Indonesia 255 juta jiwa maka pelaku usaha meningkat dari 1,67% ke 3,10%. Belum lagi bonus demografi yang dicanangkan akan terjadi di Indonesia beberapa tahun kedepan harusnya membuat generasi Millenial sadar akan pentingnya sebuah strategi dalam berbisnis.

Inti dari sebuah bisnis adalah bagaimana kita bisa menjual barang yang kita punya. Dalam istilah bisnis hal tersebut masuk ke pembahasan pemasaran. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya kedepan akan banyak bisnis-bisnis baru yang berkembang mengikuti permintaan pasar. Maka perlunya strategi jitu untuk memasarkan sebuah produk yang kita punya agar bisa bersaing dengan pengusaha lama ataupun pemula. Strategi tersebut dibahas dalam istilah bauran pemasaran (Marketing Mix).

Menurut Kotler dan Amstrong (2001) ada 7 variabel yang tergabung dalam Marketing Mix dimana antara variabel satu dan yang lainnya saling berhubungan untuk mendapatkan target penjualan yang menjadi tujuan sebuah bisnis. Diantaranya adalah produk (product), harga (price), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan terakhir proses (process).

7 Konsep Marketing Mix Seorang Pebisnis

Menurut Kotler dan Amstrong (2001) ada 7 variabel yang tergabung dalam Marketing Mix dimana antara variabel satu dan yang lainnya saling berhubungan untuk mendapatkan target penjualan yang menjadi tujuan sebuah bisnis. Diantaranya adalah produk (product), harga (price), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan terakhir proses (process).

01 Produk

unsplash

Sebuah variabel yang dirancang untuk memuaskan konsumen. Strateginya yaitu meliputi sejumlah keputusan tentang kegunaan, kualitas, fitur, merek dagang, kemasan, model, garansi, desain dan pilihan dari berbagai macam produk. Keputusan untuk memilih desain baru dalam menentukan sebuah produk untuk membangun karakteristik sebuah produk perlu dilakukan seiring dengan perputaran produk tersebut.

02 Harga

unsplash

Dalam menentukan sebuah harga perlu pertimbangan yang matang maka ada beberapa kebijakan yang harus diperhatikan dalam memasang harga dengan memperhatikan diskon, harga, kredit, pembayaran pemindahan, periode pembayaran dan sebagainya.

03 Tempat

unsplash

Bagaimana kita menempatkan produk kita untuk dipasarkan pada sebuah tempat yang dimana waktu dan tempatnya tepat sesuai dengan target sasaran. Hal ini juga berhubungan dengan strategi distribusi produk menyangkut beberapa hal yang mengharuskan kita untuk memutuskan seperti apa lokasi dan daerah toko, tingkat inventaris produk, lokasi ruang pajang produk, serta jenis pengiriman produk tersebut.

04 Promosi

unsplash

Cara untuk membujuk target sasaran atau konsumen agar bisa tertarik memilih produk yang kita pasarkan. Menentukan media yang dipakai untuk promosi karena pengaruh media sangat berpengaruh dalam promosi sebuah produk. Maka harus diperhatikan betul cara memilih media yang akan digunakan agar sesuai dengan yang diinginkan.

05 Orang

unsplash

orang-orang yang berada dalam sebuah organisasi dan biasa disebut dengan karyawan. Ialah yang terjun langsung dalam konsep pemasaran yang dimaksud dan paham bagaimana cara kerjanya konsep yang telah dibuat. Orang-orang itu juga nantinya yang akan kontak langsung dengan pelanggan sebagai penghubung ke perusahaan. Maka agar pemasaran berhasil sesuai dengan yang dituju perusahaan, karyawan harus dilatih dan disamakan visi-misinya dengan perusahaan. Tidak hanya itu, dibutuhkan juga pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan karyawan dan motivasi agar para karyawan dapat menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati hingga hasil akhir dapat terlampaui.

06 Bukti Fisik

unsplash

Bentuk fisik yang akan dipasarkan kepada khalayak umum misalnya kondisi ruangan, suasana, bangunan, tempat parkir dan sebagainya yang akan dilihat oleh pelanggan sebagai bukti fisik kekuatan tertentu yang akan membuat pelanggan lebih percaya terhadap produk yang ditawarkan. Namun pada kasus yang lain misalnya yang ukurannya lebih kecil, maka bentuk fisik yang melekat pada produk adalah hal yang perlu diperhatikan juga.

07 Proses

unsplash

Keseluruhan dari prosedur, mekanisme dan kebiasaan sebuah produk/jasa dibuat dan disampaikan kepada pelanggan, termasuk keputusan-keputusan kebijaksanaan tentang keterlibatan seorang pelanggan dengan pelayanan kerja karyawan dalam sebuah perusahaan.

Itulah 7 konsep Marketing Mix yang merupakan inti konsep pemasaran di era modern seperti sekarang ini. Karena dari 7 variabel tersebut saling berhubungan, maka dianjurkan untuk mengaplikasikan semuanya dalam sebuah perusahaan agar tujuan mempelajari 7 marketing Mix Ini tidak hanya paham dalam soal teori tapi juga bisa mengaplikasikan langsung dalam bukti yang nyata.

Leave a Reply