Trik Jitu agar Masih Bisa Hidup di Akhir Bulan

Tanggal-tanggal 20 menjadi momok bagi setiap orang. Bagaimana tidak? Di momen akhir bulan ini, banyak para pekerja yang kantongnya sudah mulai menipis. Jangankan untuk makan, bahkan untuk ongkos ke kantor saja sudah kembang-kempis. Mau minta orang tua? Sudah bukan waktunya lagi. Gajian pun masih perlu menunggu seminggu lagi.

Jika kamu mengalami masa-masa ini, sudah waktunya untuk kembali mengatur pengeluaran kamu di bulan selanjutnya. Kebutuhan hidup memang selalu bertambah, namun kamu juga tetap harus memiliki cara agar bisa bertahan hingga waktu gajian tiba. Nah untuk bertahan di momen akhir bulan ini, maka simak tulisan ini agar kamu bisa survive di tanggal tua.

  1. Biasakan Membuat Catatan Pengeluaran

Hal ini masih banyak diabaikan bagi semua orang. Padahal, membuat catatan itu mudah loh. Jika kamu sudah mendapat gaji, maka usahakan pengeluaran mulai diatur di dalam catatan. Buatlah daftar untuk kebutuhan primer, kebutuhan nongkrong bersama teman, dan sisihkan dana untuk menghadapi momen di akhir bulan nanti.

Selain itu, kamu juga mesti mencatat sudah berapa banyak pengeluaran yang telah dilakukan pada hari itu juga. Kamu bisa sisihkan waktu selepas pulang kerja ataupun sebelum tidur. Biasakan diri untuk mencatat berapa banyak pengeluaran. Nantinya, kamu bisa mengatur keuangan kamu di esok hari.

  1. Jangan Sepelekan Pengeluaran Kecil

Ini juga menjadi momok kamu selama membelanjakan kebutuhan. Terkadang, kamu lupa bahwa hari ini sudah mengeluarkan biaya parkir, ataupun membayar sesuatu dengan jumlah kecil. Padahal, hal-hal seperti ini juga memengaruhi pengeluaran kamu loh. Catat juga semua biaya yang kamu keluarkan selama menjalani hari.

  1. Manfaatkan Promo saat Berbelanja Sesuatu

Belanja memang menjadi suatu hal biasa bagi setiap orang. Terkadang dalam belanja, kamu bisa melupakan sesuatu yang padahal bisa bermanfaat. Seperti diskon, misalnya. Jangan terlalu buru-buru ketika ingin membelanjakan sesuatu. Sisihkan waktu luang untuk mencari-cari promo di setiap toko konvensional maupun toko online. Kan lumayan tuh kalau bisa diskon Rp5 ribu hingga Rp10 ribu.

  1. Berani Menolak Ajakan Teman

Ini juga penting ketika kamu hidup di lingkungan pertemanan yang metropolis. Setiap hari, biaya nongkrong juga bahkan bisa tak terkendali. Usahakan pada akhir bulan, kamu berani menolak ketika diajak untuk kongkow. Daripada kamu kehabisan uang, lebih baik menolak dan menunda hingga gaji turun bukan?

  1. Hindari Utang

Seringkali dalam keadaan terjepit, kamu pasti akan mendekati teman terdekat untuk meminjam dana. Entah itu untuk makan, maupun untuk pembayaran tagihan. Namun tahukah kamu, kalau kebanyakan utang bisa membuat pengeluaran menjadi tidak terkontrol? Alangkah baiknya jika kamu menghindari utang dan lebih menyesuaikan gaya hidup di akhir bulan.

Itulah beberapa tips untuk kamu agar tetap survive di akhir bulan. Ingat, jangan kebanyakan gengsi ya. Demi masa depan juga loh ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply