Hal yang Bisa Menyelamatkan Keuangan Anak Kosan

Hidup mandiri dan tinggal jauh dari orang tua membuat kamu harus memutar otak. Tak mudah memang ketika harus mengatur keuangan sendiri. Kamu harus pandai-pandai dalam menentukan rencana keuangan kamu. Jangan sampai uang kamu habis ketika masih di pertengahan bulan. Berikut saya sajikan tips dan trik agar kamu bisa menekan pengeluaranmu seminim mungkin demi menjalankan kerasnya hidup, terutama untuk anak yang tinggal di kosan.

  1. Simpan Uang Receh

Kamu tak boleh lagi menyia-nyiakan uang receh. Rajinlah menyimpan uang kembalian itu dalam suatu wadah khusus. Memang uang itu nominalnya sedikit dan tak berharga. Namun jika terus melakukan seperti ini, kamu tak perlu lagi khawatir dengan keuanganmu yang sedang tipis. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

  1. Hemat Memakai Sabun Mandi

Secara tak sadar, kamu seringkali hidup dengan cara boros. Seperti halnya ketika menggunakan sabun mandi. Kebanyakan, anak kosan sering memilih menggunakan sabun cair demi membersihkan badannya. Namun, sabun jenis itu memakan biaya yang lebih. Memang lebih praktis, tapi apa salahnya menggunakan sabun batangan? Berapa sih uang yang kamu keluarkan untuk membeli sabun batang. Coba saja kamu bandingkan, berapa pengeluaran ketika memakai sabun cair dengan sabut batang. Cukup besar bukan?

  1. Pandai-Pandai Memilih Waktu Mencuci

Cuci baju juga kerap kali menguras biayamu. Terlebih jika kamu mencuci baju secara rutin. Cobalah untuk mencuci baju seminggu sekali. Selain menghemat sabun cuci, kamu juga bisa menghemat waktu. Memang lebih berat, namun keuanganmu lebih terjaga nantinya. Anggap saja akhir pekanmu diisi dengan kegiatan yang lebih berguna.

  1. Atur Pola Makan

Awal bulan, pastilah kamu memiliki uang berlebih. Biasanya, anak kosan sering menggunakannya secara berlebihan. Tak terkecuali untuk jatah makan. Mentang-mentang uang banyak, mereka lebih memilih makan mewah tanpa memerdulikan waktu ke depan.

Saat ini, kamu harus coba mengatur pola makanmu. Cobalah mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan. Memang rasanya berbeda, tapi apa salahnya jika keuanganmu lebih terjamin.

  1. Jangan Malas Bawa Minum dari Kosan

Jika kamu sedang keluar dari kos, jangan lupa membawa bekal dari rumah. Contohnya bisa berupa air mineral. Sebab, uang yang akan kamu keluarkan untuk barang tersebut bisa dialihkan untuk keperluan lain. Paling tidak, kamu bisa berhemat Rp3 ribu hingga Rp5 ribu.

Poin-poin di atas bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menjalani hidup di kosan. Paling tidak, kamu bisa berhemat sekian rupiah dari sana. Selamat mencoba.

Leave a Reply