7 Tips Hemat Buat Mahasiswa

Buat kamu anak kuliahan pasti pernah tertegun melihat isi rekening dan isi dompet yang semakin lama semakin menipis. Seorang mahasiswa memang dituntut cerdas dalam mengelola uang, untuk membagi antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah. Ditahap ini kamu akan dituntut untuk menjadi lebih mandiri dari sebelumnya.

Kemandirian pun gak hanya dilihat dari seberapa rajin kamu merapihkan tempat tidur atau membersihkan kamar lho. Hal yang paling penting dalam proses pendewasaan tentunya dilihat dari seberapa pandai kamu mengatur keuanganmu. Meski terlihat sepele, masih banyak orang yang belum bisa mengatur keuangan dengan baik.

Meskipun kamu belum memiliki penghasilan sendiri dan hanya mengandalkan uang saku dari orang tua, bukan berarti kamu gak bisa menabung dan berinvestasi lho. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak 7 tips hemat buat kamu para mahasiswa.

Tentukan sumber – sumber pemasukan

Nah, di sini kamu harus mendata dari mana saja uang yang kamu dapatkan. Misal pemasukan bulanan dari orang tua, bisa juga mendapat tambahan dari beasiswa, atau pemasukan dari hasil kerja sampingan dan juga bisa dari bisnis usaha sampingan yang kamu jalani. Kesemuanya ini dicatat dan didaftar ya.

Buat pos-pos anggaran

Langkah selanjutnya adalah membuat pos-pos anggaran ketika mendapatkan uang saku diawal bulan. Jika kamu dari luar kota maka tentu saja pos pertama untuk sewa tempat tinggal. Selain itu juga ada pengeluaran untuk membeli buku-buku, fotokopi, ongkos, makan, dan kebutuhan bulanan lainnya. Semuanya juga perlu kamu catat ya.

Menghemat ongkos dan makan

Kamu harus bisa menghemat untuk ongkos dan makan. Pengeluaran untuk ongkos kamu bisa memperhitungkan lebih hemat naik angkutan umum atau kendaraan pribadi. Begitu juga untuk makan, kamu bisa memilih makan di warteg atau memilih untuk memasaknya sendiri.

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Terkadang memang keinginan untuk memiliki sesuatu itu susah dikendalikan. Maka cobalah untuk mengatur dan mengendalikan keinginan tersebut supaya tidak sampai menyita pikiran atau bahkan akan mengancam kondisi keuangan kamu. Jika dalam kondisi seperti ini tanyakan kepada diri sendiri, apakah saya memang butuh barang itu? Atau cuma ‘laper mata saja’?

Memanfaatkan kartu mahasiswa

Dengan memanfaatkan kartu mahasiswa bisa menghemat pengeluaran kamu lho. Beberapa tempat biasanya akan memberikan potongan harga kepada mahasiswa, seperti restoran, tempat belanja atau juga seperti kegiatan seminar, symposium, konferensi ilmiah yang juga memberikan potongan biaya bagi mahasiswa. Karena itu, gak perlu sungkan memanfaatkan kartu mahasiswa milikmu ya, lumayan kan?

Mencari pekerjaan sampingan sebagai tambahan pemasukan

Agar tidak terjadi krisis keuangan seorang mahasiswa harus melakukan dua hal, menekan pengeluaran dan menambah pemasukan. Manfaatkan waktu luangmu untuk bekerja part-time. Tapi jangan sampai pekerjaaan sampinganmu mengganggu urusan perkulihanmu ya.

Jangan lupa menabung

Menabung merupakan salah satu cara untuk membiasakan diri tidak langsung menghabiskan uang yang didapatkan. Menabung yang baik adalah menabung yang memiliki tujuan untuk apa uang tersebut nantinya akan digunakan. Hindari memakai uang lebih tersebut untuk hal-hal yang kurang berguna. Mulailah untuk menyimpannya di tabungan.

Nah, jadi kamu sudah mulai terapkan dari yang nomor berapa nih?

Anggraini Prastikasari

Leave a Reply