Inilah 6 Langkah Meningkatkan Brand Menjadi Hits

Membangun sebuaha bisnis di zaman sekarang gampang-gampang susah. Kita bisa memasarkan produk yang kita punya dimanapun, dengan hadirnya marketplace. Namun bagaimana jika kita ingin membangun brand sendiri layaknya perusahaan yang terkenal. Pertama yanag harus kita ketahui tentang brand itu adalah bagaimana cara kita mengkomunikasikan barang yang kita punya kepada masyarakat. Berikut langkah untuk meningkatkan sebuah branding :

1. Perjelas Visi Brand

unsplash

Dalam hidup seseorang yang sudah membuat visi misi hidup biasanya cenderung akan lebih mudah menjalani hari karena sudah mengerti, akan kemana hidup ini dibawa. Begitu juga sebuah usaha, jika ingin usaha yang kita punya memiliki branding yang bagus, maka langkah pertama adalah kita harus membuat visi brand dengan sedetail mungkin. Agar kedepannya kita percaya diri dengan brand yang kita punya. Semangat menjalani bisnis yang sudah terarah dan mengatur setiap langkah dalam membangun sebuah brand.

Karena banyak juga seorang pebisnis yang didalamnya tidak tahu apa visi bisnis yang ia miliki, malah terkadang ada yang lebih fokus terhadap jenis produk. Padahal visi yang jelas akan membantu kita mengembangkan dan memperluas jangkauan produk dan bisnis itu sendiri.

2. Target Market

unsplash

Setelah kita mengetahui visi bisnis yang sedang kita bangun, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Tentukan target pasar dari sekumpulan organisasi atau personal yang akan ditargetkan, karena target pasar akan mempengaruhi jenis produk apa yang akan dipasarkan. Usahakan untuk diawal, buatlah dahulu satu fokus terhadap sasaran yang diinginkan. Buatlah konsep dari target umum, hingga ke target khusus. Misalnya menargetkan di daerah Jakarta, perempuan, sosialita, maka kita bisa menjual jenis produk yang disukai oleh para sosialita, misalnya tas branded.

3. Logo

unsplash

Sang pebisnis harusnya ia paham bisnis yang ia bangun ingin dipandang seperti apa di khalayak umum. Maka pembuatan logo adalah suatu hal sangat berpengaruh dalam dunia bisnis. Logo dapat membuat kesan tersendiri seperti memberitahu tentang apa yang dijual, juga menjadi ciri khas dalam sebuah brand. Oleh sebab itu, pemilihan logo haruslah sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Maka logo sebagai visualisasi dari sebuah visi dirasa perlu menggandeng desainer professional untuk mencari sebuah logo yang pas untuk bisnis kita. Mencoba agar logo yang dibuat bisa terkesan unik, kreatif dan efektif tentunya. Karena logolah yang akan kita pakai selama bisnis ini tetap dijalankan. Maka jangan ragu untuk berinvestasi lebih di logo yang akan dibuat. Karena logo adalah inti dari wajah brand yang anda bangun. Logo yang merangkum secara visual tentang apa bisnis tersebut.

4. Font dan Warna

unsplash

Font dan warna juga mempengaruhi dalam meningkatkan sebuah brand. Maka perlu diketahui bahwa font dan warna yang kita pakai, harus memiliki keunikan tersendiri, mudah melekat dimasyarakat dan tentunya beda dari yang lain. Gunakan format font dan warna secara konsisten dimanapun berada, di website, instagram. Facebook, surat kontrak, bahkan presentasi, tetap gunakan font dan warna yang telah menjadi bagian dari brand yang kita miliki. Apalagi seorang desainer biasanya juga paham tentang font atau warna apa yang harus digunakan. Maka jika ia merekomendasikan, patuhilah seseorang yang memang ahli dibidangnya. Itu akan membuat anda terlihat profesional dimata klien anda.

5. Konsisten Promosi Sosial Media

unsplash

Setelah membuat identitas brand secara konsisten dalam berbagai kesempatan. Maka langkah selanjutnya adalah harus konsisten di sosial media yang kita miliki. Meski terkadang kita memperkerjakan seseorang untuk menghandle sosial media yang ada, namun tetap harus ada pengarahan yang jelas dari diri kita terkait tentang konsep brand yang akan dibangun apakah sesuai visi yang ada atau tidak. Perlu juga untuk konsisten terkait nama akun, desain warna, avatar, ikon bahkan banner disetiap akun sosial media kita agar setiap pengunjung yakin kalau ia berkunjung ke akun yang tepat.

6. Website

unsplash

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, website menjadi hal yang wajib dimiliki bagi para pebisnis. Pembuatan website berada diurutan terakhir karena konten website nanti akan dipengaruhi oleh visi dan identitas brand usaha kita. Website menjadikan kita sebagai pelaku usaha yang profesional karena zaman sekarang masyarakat lebih suka browing terlebih dahulu di internet ketimbang langsung ke pasarnya. Maka penggunaan element yang tepat, desain yang efektif, juga konsisten penanaman identitas brand dalam website akan mempengaruhi kualitas layanan. Jangan ragu untuk menggandeng web desainer agar website yang dimiliki menjadi daya tarik yang memikat para pelanggan.

Dari 6 langkah membangun brand tersebut semoga dapat membantu para pebisnis baru yang ingin usahanya kian menarik semakin harinya. Jangan lupa untuk selalu berusaha sebaik mungkin dalam mengelola sebuah bisnis disamping tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Karena kesuksesan adalah bertambahnya keberkahan dalam setiap apa yang dikerjakan.

Leave a Reply