Tips agar Konsisten dalam Menabung

Menyisihkan sebagian pendapatan menjadi hal lumrah bagi setiap orang. Dengan menyisihkan sebagian uang, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan nantinya. Misalnya ketika kamu sedang benar-benar kesusahan dan memerlukan uang banyak, maka kamu bisa menggunakan dana yang sudah kamu sisihkan tadi. Belum lagi, tabungan juga mampu memberikan jaminan di masa mendatang.

Namun bagi sebagian orang, menabung masih menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Sebab, banyak dari mereka yang belum konsisten dalam menyisihkan pendapatannya. Misalkan saja, bulan lalu ia berhasil menabung. Namun di bulan selanjutnya, menabung menjadi bagian yang sulit dihindarkan. Untuk itulah, artikel ini akan membahas bagaimana sebaiknya cara menabung agar lebih konsisten. Yuk simak.

  1. Rencanakan Pengeluaran dan Biaya Tabungan Sejak Awal

Ini menjadi langkah awal agar konsisten dalam menabung. Jika kamu sudah menerima gaji, maka buatlah list yang berisi tentang daftar pengeluaran sekaligus dana tabungan di kemudian hari. Apabila kamu sudah mengatur daftar tersebut, maka kamu akan bisa menata pengeluaran yang nantinya akan dipakai. Pastikan juga dana tabungan tidak mengganggu kebutuhan yang sudah kamu buat.

  1. Memiliki Rekening Khusus Menabung

Masih banyak orang-orang yang hanya memiliki satu rekening. Padahal, memiliki rekening cadangan justru memudahkan kamu dalam mengeluarkan dana kebutuhan. Jika kamu masih memiliki satu rekening saja, segeralah buat rekening tambahan yang isinya dana khusus untuk simpanan. Beberapa bank di Indonesia juga memiliki fitur khusus untuk tabungan berencana. Dari fitur ini, maka para nasabah bisa menyetor dana tiap bulannya dan tidak serta merta langsung diambil di hari itu juga.

  1. Simpan Uang Recehan dalam Satu Wadah Khusus

Sepele sih, tapi tetap berguna kok. Terkadang masih banyak orang-orang yang menyepelekan adanya uang receh. Banyak dari mereka yang langsung taruh sembarangan. Jika kamu tetap ingin konsisten menabung, usahakan kamu memiliki sebuah tempat khusus untuk uang recehan. Dari uang receh ini, mungkin bisa membantu kamu ketika memerlukan biaya pengeluaran dengan jumlah kecil, seperti foto kopi atau membayar parkir, misalnya.

  1. Irit Paket Internet

Di era digital saat ini, kebutuhan paket data juga menjadi konsumsi yang bisa dibilang penting untuk semua orang. Dari paket dana ini, kamu bisa melihat berbagai perkembangan yang terjadi di sekitar. Belum lagi, kebutuhan chatting dan akses informasi juga diperlukan siapapun, terutama untuk para pegawai.

Untuk itulah, biasakan kamu harus konsisten dalam penggunaan internet. Jika gaji sudah turun, maka sebisa mungkin sesuaikan penggunaan data internet dengan pengeluaran yang sudah kamu rencanaka. Misalkan saja, kamu sudah menganggarkan membeli kuota sebesar Rp100 ribu sebulan, maka jangan sampai membeli kuota lagi di pertengahan bulan. Manfaatkan akses wifi yang sudah bisa kamu akses di segala tempat.

  1. Menabung dalam Bentuk Lain

Dalam menyisihkan dana, bentuk tabungan tak selalu berupa uang kok. Kamu juga bisa melakukan investasi di berbagai fitur. Bisa itu emas, saham, ataupun bentuk investasi lain yang bisa kamu cari. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat karena bentuk tabungan kamu bukan berupa uang.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa menabung secara konsisten. Namun hal terpenting ketika menabung adalah niat. Jika niatmu tidak bulat, maka cobalah berjanji kepada diri sendiri dan mulailah menabung secara konsisten. Selamat mencoba.

Leave a Reply