Kandang Godzilla, Tempat Wisata Seru di Tangerang

Tangerang bukan termasuk tempat yang direkomendasikan untuk tempat wisata. Kota yang dekat dengan ibukota ini banyak diisi oleh pabrik industri, pusat perbelanjaan dan gedung- gedung tinggi. Tetapi tahukah kamu di balik kepadatan penduduknya, Tangerang menyimpan sebuah panorama alam indah yang tersembunyi. Tempat itu adalah tebing Koja yang memiliki nama lain kandang Godzilla. Objek wisata ini terletak di kampung Koja, desa Cikuya, kecamatan Solear, kabupaten Tangerang, Banten. Tebing Koja adalah wisata alam yang menampilkan perpaduan tebing, kolam air dan sawah yang eksotis. Dulunya tempat ini adalah lahan tambang pasir yang sudah tidak digunakan lagi. Panorama alam yang indah ini cocok untuk kamu yang hobi foto dan menguploadnya ke media sosial, istilahnya tempat ini instagramable. Yuk langsung cari tahu fakta tentang tebing Koja:

1. Mempunyai julukan yang unik

alinea.mmtc.ac.id

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tempat ini dijuluki “Kandang Godzilla”. Bukan karena ada kadal besar seperti di film tetapi karena bentuk menara batu kapur yang menyerupai Godzilla. Batu yang menyerupai godzilla ini ada di bagian depan area tebing, sehingga pengunjung dapat langsung melihatnya ketika tiba. Tempat itu merupakan spot foto favorit bagi wisatawan, karena bentuknya yang unik. Selain itu ada lagi spot foto favorit letaknya di belakang tebing yaitu gerbang pura. Ada yang mengatakan foto di gerbang pura terlihat lebih cantik ketika sunset

2. Panorama alam yang menakjubkan membuat hasil fotomu menawan

gotravelly.com

Karena pemandangannya yang menawan membuat tebing Koja sering digunakan untuk mengabadikan momen-momen penting seperti foto pre-wedding. Hasil fotomu akan terlihat lebih dramatis, jika mengunjungi tebing Koja saat terbit dan terbenam matahari. Karena foto akan berpadu dengan warna kemerahan matahari, selain itu kabut-kabut tipis akan muncul menjelang matahari terbit.

3. Tidak perlu khawatir dengan budget

unsplash

Harga yang perlu dibayar untuk menikmati wisata tebing Koja tidaklah mahal. Cukup membayar tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orang, kamu sudah dapat menikmati pemandangan dan berfoto sepuasnya. Tiket ini belum termasuk parker kendaraan. Untuk kendaraan roda empat dihargai sekitar Rp 15.000 sedangkan kendaraam roda dua sekitar Rp 10.000

4. Asal usul terbentuknya kandang Godzilla

shareit

Tebing dan kolam air yang terbentuk adalah bekas pertambangan yang sudah tidak terpakai. Walaupun tidak terbentuk secara alami tetapi sisa-sisa galian itu menciptakan tebing-tebing batuan yang cantik. Kolam air berwarna biru dan hijau gelap, terdapat persawahan di bawah tebing serta udaranya yang segar. Menciptakan panorama yang mempesona dan memanjakan mata. Awal kandang Godzilla dikenal banyak orang ketika warga sekitar berfoto disitu dan mengunggahnya ke Facebook. Setelah unggahan itu dilihat, ada seseorang yang tertarik dan mencoba mengunjunginya. Dari situ terus berlanjut, sampai foto-foto kandang Godzilla banyak tersebar di media sosial seperti instagram. Membuat tempat ini menjadi viral.

5. Hal-hal yang dapat dilakukan wisatawan

hipwee

Nilai dari tempat ini adalah keindahan alamnya, maka kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengambil foto. Kolam air yang ada di dekat pintu masuk tidak bisa digunakan untuk bermain. Biasanya pengunjung akan mengeksplor bagian atas tebing dahulu dan menikmati pemandangan di bawah dari atas tebing. Disini pengunjung dapat berfoto di sudut-sudut tertentu, setelah itu wisatawan lanjut mengeksplor bagian bawah tebing. Disana ada genangan air, persawahan, lading genjer serta batuan kapur yang tersusun dengan cantik. Saat siang hari tempat ini panas sekali, karena matahari yang bersinar terik. Hampir tidak ada tempat untuk berteduh, tetapi ada satu pondok yang didirikan untuk sekadar berteduh bagi pengunjung. Untuk melewati jalan setapak dan menyusuri tebing tidak sesulit mendaki gunung karena disediakan undakan-undakan. Disarankan untuk tidak menggunakan sandal maupun sepatu cantik, karena tekstur tanah berjenis kapur yang gembur membuatnya agak licin. Jadi tetap harus hati-hati ketika berjalan.

Jadi untuk kamu yang tinggal di Jakarta maupun sekitar Tangerang, tidak ada salahnya untuk mencoba wisata alam tebing Koja. Selain hemat budget, tempat ini cukup terjangkau untuk dikunjungi.

Leave a Reply