Tips Mengelola Perusahaan Kecil

Zaman di mana sudah terbukanya pasar bebas sehingga dari negara manapun bisa saling berjualan di negara tetangganya atau bahkan negara yang jauh sekalipun. Maka banyak orang berlomba-lomba untuk ikut andil dalam hal ini sehingga muncullah perusahaan-perusahaan kecil yang mulai mengembangkan sayapnya. Namun tak jarang juga ada yang gagal ditengah jalan dan akhirnya bangkrut. Oleh sebab itu bagi kalian para pebisnis muda yang ingin merintis perusahaan sedari dini, ada beberapa tips mengelola perusahaan kecil yang harus diperhatikan. Antara lain sebagai berikut :

1. Belajar dari kisah hidup orang sukses

unsplash

Seorang yang punya cita-cita maka harus merumuskannya secara jelas agar target yang dicapai maksimal. Ada pepatah yang mengatakan bahwa, pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan. Namun bukan berarti kita harus gagal dahulu untuk tahu cara yang akan kita lakukan berhasil atau tidak. Bukan begitu caranya, tapi kita bisa belajar bagaimana orang yang sukses membangun sebuah perusahaan dengan mengetahui kisah hidupnya. Jangan sampai kita terjatuh dilubang yang sama, padahal sudah banyak orang yang terjatuh dilubang itu. Maka penting untuk mencari sosok yang menjadi inspirasi dalam membangun sebuah perusahaan mulai dari awal.

2. Membuat tim work yang baik

unsplash

Perusahaan kecil biasanya belum membutuhkan terlalu banyak orang didalamnya. Namun orang yang sedikit juga tidak boleh asal dalam memilihnya. Apalagi perusahaan kecil diawal perlu orang-orang yang tidak hanya menginginkan materi namun juga kerja ikhlas didalamnya. Bayangkan saja, upah belum seberapa namun yang harus dipikirkan banyak. Maka buatlah tim work yang baik dalam perusahaan kecil yang sedang kita rintis. Agar karyawan satu dengan yang lainnya bisa saling menguatkan bila ada hal yang tak diinginkan.

3. Berani mencoba tantangan

unsplash

Dalam tahap awal membangun sebuah perusahaan maka banyak hal yang belum kita ketahui. Oleh sebab itu, perlunya keberanian yang kuat untuk menghadapi segala tantangan yang ada kedepannya. Jangan sampai kita mudah mundur dalam menghadapi berbagai persoalan diawal. Namun yakinlah bahwa perusahaan yang besar itu berawal dari perusahaan kecil. Maka kata menyerah, seharusnya tidak ada dalam kamus pebisnis sejati. Namun keberanian dan tekad yang kuatlah yang akan menghantarkan pebisnis meraih kesuksesannya.

4. Manajemen waktu yang baik

unsplash

Indonesia terkenal dengan jam karetnya. Istilah yang biasa digunakan apabila ada keterlambatan acara dimulai karena waktu yang melewati batas yang ditentukan. Meskipun terlihat seperti membudaya, sungguh hal buruk ini seharusnya dapat dijauhkan dari seorang pebisnis. Karena waktu bagi seorang pebisnis adalah bagai uang. Apabila terkendala dalam manajemen waktu yang tidak baik diawal, dapat dipastikan bagaimana perkembangan bisnis tersebut kedepannya. Akan banyak keterlambatan terjadi dan apa yang sudah ditargetkan diawal akhirnya berantakan. Maka jangan sepelekan manajemen waktu yang penting ini.

5. Siasati modal dengan bijak

unsplash

Pada masa perintisan diawal biasanya banyak perusahaan kecil yang terkendala dengan modal yang kurang atau tidak mencukupi. Maka sebagai seorang yang mempunyai cita-cita tinggi tidak boleh putus harapan begitu saja saat mengalami kekurangan modal. Cari jalan lain, misalnya dengan mencari investor yang tepat dengan perusahaan yang sedang kita kembangkan. Perlu diperhatikan juga akad yang kita lakukan, agar tetap sesuai dengan syariat dan tidak bertentangan.

6. Buat branding yang baik

unsplash

Banyaknya perusahaan-perusahaan kecil yang bermunculan membuat para investor akan lebih teliti menanam modal di perusahaan baru. Maka untuk menarik hati para investor agar berinvestasi di perusahaan kita, oleh karena itu kita perlu memberikan kesan yang baik terhadap investor dan alasan mereka kenapa harus menanam modal diperusahaan kita. Biasa orang menyebutnya dengan personal branding, dimana kita memberikan ciri khas pembeda dengan perusahaan yang lainnya agar para investor lebih memilih perusahaan kita daripada perusahan lain.

7. Manfaatkan teknologi

unsplash

Di era teknologi dengan perkembangan yang begitu pesatnya. Maka tidak bolehnya kita menutup diri akan kecanggihan teknologi ini. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung perusahaan kecil dapat berkembang cepat kedepannya. Misalnya dengan mencari tahu berbagai informasi kesukaan pelanggan zaman sekarang, inovasi terbaru yang ada, dan memasarkan sebuah produk lewat teknologi yang semakin canggih ini.

Itulah kiranya beberapa tips tentang mengelola perusahaan kecil agar bisa mengalahkan atau setidaknya dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan menengah, maupun perusahaan besar yang sudah ada. Semua orang mempunyai jatah kegagalannya masing-masing. Maka habisilah jatah gagal itu sedini mungkin, agar kesuksesan dapat diraih sesuai dengan apa yang direncanakan.

Leave a Reply