9 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Hujan yang sering mengguyur akhir-akhir ini selain mempengaruhi mobilitas kita sehari-hari, juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Kondisi udara yang lembab dapat membuat bakteri dan virus menyebar lebih cepat. Jangan sampai ancaman penyakit malah jadi menghambat produktivitas kita.

Untuk beberapa orang, kehujanan mungkin tidak berpengaruh pada tubuh mereka, namun ada pula sebagian orang yang hanya sekali terkena hujan, langsung terkena demam esok harinya. Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan, seperti flu, batuk, demam, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah. Jika kita terkena virus tersebut maka produktifitas kita pun terganggu.

Maka dari itu agar kita terhindar dari penyakit saat musim hujan datang, kita wajib menjaga kesehatan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Yuk, simak 9 tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan di musim hujan.

  1. Mandi Setelah Kehujanan

Jika kamu kehujanan, begitu sampai di rumah segeralah mandi. Dengan mandi mencegah kuman dan bateri bersarang di kulit kita. Karena kemungkinan bakteri terbawa oleh angin dan juga genangan air kotor yang menempel di kulit kita.

  1. Konsumsi Vitamin C

Komsumsi vitamin C amat dibutuhkan sebagai anti oksidan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Disaat musim hujan seperti sekarang ini, vitamin C menjadi supplement yang baik yang dapat membantu meningkatkan fungsi sistem imun di tubuh kita. Vitamin C juga bisa di dapat secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry, dan buah yang lainnya.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Dengan konsumsi makanan yang sehat seperti makan buah dan sayur, kita akan mendapatkan cukup nutrisi bagi tubuh, sehingga mampu mencegah kita terserang dari penyakit.

  1. Banyak Minum Air Putih

Seringkali kita mengabaikan konsumsi air putih pada saat musim hujan, Karena udara yang dingin sehingga rasa haus jarang terjadi. Jangan pernah menunggu haus sebelum meminum air, karena haus merupakan pertanda tubuhmu mengalami dehidrasi. Banyak minum air putih membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita.

 

  1. Jangan Jajan Sembarangan

Lebih baik memasak makanan di rumah ketimbang jajan di luar. Untuk menjaga higienitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu agar tidak ada kuman yang ikut masuk ke dalam tubuh. Karena ketika kamu jajan di pinggir jalan tidak ada yang bisa menjamin kebersihannya, yang memungkinkan kita terserang diare, tipes dan lain sebagainya.

 

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Hujan yang terus mengguyur deras biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat yang bisa memicu timbulnya penyakit. Untuk itu kita bersihkan tempat-tempat yang besar kemungkinannya menjadi sarang kuman dan bakteri, agar penyakit tidak mudah datang.

 

  1. Cuci Tangan

Kuman yang berada di tangan sangat mudah berpindah ke bagian mulut ketika makan. Penyebaran kuman melalui tangan sangatlah sering menyebabkan penyakit. Jadi, pastikan kamu mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun dan air mengalir.

 

  1. Tutup Mulut Ketika Bersin

Jika disekitarmu ada banyak orang tutup mulut dan hidung ketika kamu bersin atau batuk dengan tisu atau sapu tangan. Tips ini untuk mengurangi penyebaran virus dan bakteri.

 

  1. Sedia Payung dan Jas Hujan

Di musim hujan seperti sekarang ini penting untuk selalu membawa payung atau jas hujan ketika kita beraktifitas di luar rumah. Agar tubuh tetap kering ketika hujan turun tiba-tiba.

 

Nah, itulah tips menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan ketika musim hujan. Tentunya kita selalu berharap agar tubuh kita tetap sehat dan fit menghadapi musim penghujan ini. Yuk, mulai gaya hidup sehat supaya kuman males nempel di tubuh kita!

 

Nama : Anggraini Prastikasari

 

 

 

Leave a Reply