7 Tips Networking Bagi Entrepreneur

Mempunyai bisnis sendiri merupakan pencapaian yang sangat baik. Sebagai seorang entreprenuer, kamu dituntut mampu membangun relasi yang baik dengan orang lain agar bisnismu dapat terus berkembang. Beberapa entrepreneur mungkin masih binggung bagaimana cara untuk membangun relasi dengan orang lain. Tips berikut kiranya bermanfaat bagi kamu yang ingin membangun relasi:

  1. Tentukan tujuan

Tentukan tujuan secara spesifik mengapa bisnismu harus memiliki networking. Dalam membangun relasi dibutuhkan waktu yang cukup lama. Manfaat memiliki tujuan spesifik adalah agar kamu lebih fokus terhadap tujuanmu dan dapat lebih cepat membangun relasi.

2. Menjadikan kebiasaan

Mengikuti acara formal seperti seminar dan workshop memang baik untuk membangun relasi. Tapi tidak hanya dalam acara formal kamu dapat membangun relasi, manfaatkanlah setiap waktu yang ada untuk membangun relasi. Jadikanlah membangun jejaring sebagai aktivitas sehari-hari. Semakin sering kamu membangun jejaring maka kamu akan semakin pandai dalma membangun networking.

3. Menjadi pribadi yang menarik

Buatlah dirimu menjadi pribadi yang hangat dan menarik. Tersernyumlah agar memberikan kesan ramah. Beri kesan kepada orang lain bahwa kamu orang yang hangat dan suka membantu Selain itu, kamu harus percaya diri. Kamu harus mempunyai kepercayaan diri untuk memulai suatu komunikasi. Mulailah membangun relasi dengan rekan kerja lalu bertahap kepada jenjang yang lebih tinggi.

4. Bergabung dalam komunitas

Untuk membangun relasi secara cepat dengan banyak orang, kamu bisa bergabung dalam komunitas. Bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan bisnis atau bidangmu. Atau kamu dapat membangun sendiri komunitas bersama rekan-rekan bisnismu.

5. Membangun relasi di dunia online

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadikan komunikasi kini semakin mudah. Teknologi informasi terutama media sosial dan aplikasi messenger mampu menghubungkan kamu dengan relasi baru. Tidak ada salahnya kamu membangun relasi di dunia online. Kamu juga dapat memperdalam relasi offlinemu melalui media online seperti memfollow instagram, blog dan add facebooknya.

6. Menyimpan daftar relasi

Setiap memiliki relasi baru, jangan segan-segan untuk meminta kontaknya dan menyimpan no telepon atau kontaknya sehingga kamu bisa menghubunginya di lain waktu. Kamu dapat memanfaatkan buku telepon di smartphone. Selain itu, berikan juga kartu namamu atau kontakmu agar relasi barumu itu dapat menghubungi kamu sewaktu-waktu apabila ia memerlukanmu.

7. Memperdalam hubungan

Setelah bertemu sekilas dalam suatu pertemuan atau bertemu secara online. Hubungan itu tidaklah cukup. Jadwalkan kembali pertemuan selanjutnya, misalnya untuk sekedar ngopi bersama atau makan bersama. Hal ini mungkin membutuhkan proses dan waktu yang lama tetapi inilah tahap menuju networking yang dalam dan kuat.

Kamu punya tips lain untuk membangun relasi? Bagikan di kolom komentar ya.

Leave a Reply