Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Apakah kamu anak organisasi? Apakah kamu pernah mengadakan sebuah event? Apakah kamu pernah mengajukan dana?

Semua pertanyaan itu akan dijawab ‘Ya’ bagi kamu yang pernah merasakan bangku sekolah, organisatoris, dan pegiat event. So, sudah pasti kamu tau apa itu proposal. Ketika melaksanakan sebuah event, pastinya kamu butuh dana, sponsorship, media partner, dan segelintir pengajuan lainnya.

Arti proposal sendiri menurut KBBI adalah, rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal yang paling banyak dan marak ditemui adalah proposal permohonan pengajuan dana. Proposal sendiri terdiri dari banyak macam, seperti : Proposal bisnis, Proposal penelitian, dan Proposal kegiatan

Nah, dalam penyusunan proposal pun tidak sembarangan. Kamu harus menyampaikan dengan bahasa yang baik dan benar serta memiliki data yang sedetail-detailnya. Juga disertai dengan feddback apa yang akan diperoleh dari pihak penerima proposal apabila mereka turt membantu dalam mensukseskan acara kamu.

Untuk tahu lebih lengkapnya berikut ini akan dipaparkan beberapa cara untuk membuat proposal dengan baik dan benar.

1. Cover dan judul proposal

Semenarik apa acara, penelitian, ataupun bisnis yang kamu buat, aakan terlihat dari bagaimana kamu menyusun judul serta cover dari proposal kamu.

2. Latar belakang

unsplash

Latar belakang sangat diperlukan dalam pembuatan proposal. Karena, ini merupakan jalan awal dari isi proposal latar belakang sendiri berisi, atas dasar apa kamu menyelenggarakan hal tersebut, efek apa yang akan terjadi atau yang akan diberikan setelah kegiatan tersebut, dan kamu pun bisa menyampaikan pendapat kamu pada latar belakang tersebut. Bahkan bila perlu, kamu bisa menyertakan data dalam bentuk angka dalam latar belakang.

3. Tujuan

Segala sesuatu yang dibuat pasti memiliki tujuan. Sudha pasti proposal yan akan kamu ajukan pun pasti memiliki tujuan dalam pelaksanaannya. Sampaikan tujuan dari kegiatan kamu secara lugas aagr pihak penerima dapat meyakini bahwa kegiatan kamu berhak untk mendapatkan bantuan dari mereka.

4. Format Penulisan

Perhatikan format penulisan yang kamu gunakan dalam pembuatan proposal tersebut. Pastikan tulisan tertata rapi dan gunakan bahasa yang sudah menyesuaikan EYD. Jangan gunakan bahasa daerah, bahasa gaul, menyingkat satu atau beberapa suku kata, atau bahasa-bahasa yang tidak mudah dipahami.

5. Isi Kegiatan

unsplash

Dalam menjabarkan isi kegiatan, pastikan kamu menuliskannya dengan tertata rapi dan terstruktur. Pada bagian ini bisa kamu lebih perhatikan karena bisa jadi ini yang paling ditunggu

6. Perhatikan Dana yang Diperlukan

Dalam proposal pengajuan dana, tuliskanlah sekecil apapun pengeluaran kegiatan yang kamu adakan. Tampilkan juga timbal balik apa yang akan mereka peroleh apabila mereka turut serta dan setuju dalam mendanai kegiatan kamu.

7. Sampaikan Sesuai Data dan Fakta

unsplalsh

Segala hal yang kamu tuliskan dalam proposal harus tercantumkan sesuai data dan fakta yang ada di lapangan. Jangan sampai kamu menuliskannya dengan mengarang bebas. Karena segala hal yang kamu sampaikan dalam proposal akan dipertanggung jawabkan.

8. Keunikan Layout Proposal

Keunikan pada layout proposal menjadi nilai tambah tersendiri. Buatlah proposal kamu seunik mungkin. Kamu dapat menegaskan konten dari proposal kamu melalui layout proposal yang kamu buat. Sampaikan pesan tersirat dalam layout tersebut untuk menunjukkan kamu pantas menerima bantuan dari mereka.

Nah, itulah tadi beberapa tips dalam membuat proposal yang baik dan benar. Pada dasarnya, semua tergantung dan kembali lagi kepada kamu sang pembuat proposal. Pastikan apa yang kamu sampaikan dalam isi proposal tidak menyalahi dan melanggar data serta fakta yang terdapat dilapangan. Tidak mengambil atau mengopi dari hak cipta orang lain yang nantinya akan membahayakan kegiatan kamu sendiri.

Penggunaan bahasa yang rapi dan terstruktrur sangat diperlukan dan diharuskan dalam proses penulisan proposal ini. Pastikan tujuan kamu dalam membuat kegiatan tersebut memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh sesame orang lain serta sang penerima proposal. Sampaikan bahwa kamu sangat berhak untuk menerima bantuan tersebut serta kegiatan kamu sangat berhak untuk diadakan.

Buat judul yang menarik dan sampaikan dengan lugas apa-apa saja yang kamu butuhkan untuk menunjang kesuksesan acara tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply