7 Tips Liburan Asyik ke Luar Negeri Meski Gaji Kecil

Kamu memiliki hobi traveling? Ingin berlibur ke luar negeri tapi bingung karena gaji pas-pasan? Berikut adalah tips jalan-jalan seru ke luar negeri dengan budget  yang minim.

Menabung

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah menabung. Sisihkan sebagian dari gajimu khusus untuk berlibur. Sebagai contoh, tabunglah Rp 500.000 untuk setiap bulannya. Tidak terlalu besar kan. Dalam jangka waktu 6-1 tahun kamu sudah bisa pergi berlibur ke luar negeri. Untuk kamu yang merasa Rp 500.000 masih terlalu besar, kamu dapat menabung Rp 250.000 setiap bulannya, sesuaikan dengan kemampuanmu. Tapi pastikan untuk menabung dengan konsisten, sehingga liburanmu cepat untuk terealisasi.

Memilih Negara yang Biayanya Murah

Pilihlah negara yang memiliki biaya hidup murah. Beberapa negara dengan biaya hidup ekonomis yang dapat menjadi pilihan antara lain Kamboja, Vietnam dan India. Kamu bisa menginap di hostel dengan biaya 50-150 ribu per malam. Untuk makanannya, kamu bisa membeli makanan lokal yang di jual disepanjang jalan dengan harga kisaran 15-50 ribu. Dengan budget Rp 3 juta rupiah, kamu sudah bisa menikmati liburan di negara yang disebut di atas.

Berliburlah saat low season

Pergi saat low season karena biaya yang kamu keluarkan akan lebih murah. Selain harga tiket pesawat yang murah, harga penginapan pun juga akan lebih murah. Biaya yang dikeluarkan untuk liburan saat high season dan low season pun cukup jauh berbeda, bisa 2-3 kali lipat saat high season. Selain itu, belilah tiket pesawat jauh-jauh hari agar harga tiketnya lebih terjangkau. Sebelum membeli, bandingkan terlebih dahulu harga tiket transportasi dan penginapan yang mau kamu beli.

Makan Makanan Sederhana

Selama pergi berlibur, untuk menghemat uang, makanlah di tempat yang sederhana. Tidak salah jika sesekali kamu makan enak di restoran, sisanya makanlah di tempat biasa. Untuk makanan sederhana, uang yang perlu kamu keluarkan hanya 25-35 ribu untuk sekali makan. Jika ingin lebih hemat lagi, belilah perlengkapan masak di pasar tradisional / supermarket lalu masaklah sendiri makananmu. Selain hemat, makanan yang dihasilkan pun lebih sehat.

Berburu Promo / Diskon

Kamu pengguna kartu kredit? Kamu bisa gunakan poin dari kartu kredit untuk ditukarkan dengan tiket pesawat atau penginapan. Diskon atau cashback dari kartu kredit juga bisa kamu manfaatkan untuk memesan penginapan atau tempat makan selama berlibur. Kamu juga bisa memanfaatkan promo dari website penginapan dan maskapai penerbangan.

Abaikan Oleh-oleh

Oleh-oleh adalah benda yang sering kali dibeli untuk dibagikan kepada sanak keluarga dan teman terutama bagi masyarakat Indonesia. Tetapi jika budget kamu terbatas, ga ada salahnya untuk tidak membelikan oleh-oleh bagi kerabatmu. Dan jika kamu tetap bersikukuh ingin tetap membeli oleh-oleh, cukup belikan oleh-oleh untuk orang terdekat saja seperti orang tua, kakak atau adik.

Pergi Beramai-ramai

Selain kamu, banyak orang juga yang suka traveling. Perlu kamu ketahui bahwa pergi bersama-sama akan lebih murah daripada pergi sendiri. Kamu dapat mencari teman traveling di komunitas backpacker. Selain lebih seru, kamu juga akan mendapat pengalaman berharga dan banyak teman baru. Dengan pergi bersama-sama, kamu juga bisa saling berbagi. Misalnya, jika kamu ingin pergi mendaki gunung, kamu dapat berbagi barang yang mau dibawa dengan teman liburanmu sehingga barang yang dibawa lebih sedikit.

Kamu punya tips liburan ke luar negeri lainnya? Kirimkan komentarmu di kolom di bawah ya.

Leave a Reply