Cara Menjadi Kartini Modern dengan Kesuksesan Finansial

Sosok inspiratif yang terkenal dengan judul bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang” raden ajeng Kartini tak hanya menginspirasi kaum wanita dimasa lalu, namun namanya masih harum hingga saat ini selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia di setiap tanggal 21 April setiap tahunnya. Perjuangannya melawan zaman untuk memperjuangkan cita-cita dan hak wanita agar mendapatkan pendidikan yang sama dengan kaum laki-laki menginspirasi kaum wanita agar jangan mudah menyerah untuk memperjuangkan mimpinya. Maka berikut ada beberapa cara bagaimana menjadi Kartini modern dengan kesuksesan finansial :

1. Bedakan Prioritas

unsplash

Zaman dimana segala kebutuhan mudah didapat dengan kecanggihan teknologi, sehingga keinginan apapun bisa didapat hanya dengan pesan lewat smartphone membuat sulitnya untuk memprioritaskan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Padahal biasanya yang kita butuhkan itu jauh lebih sedikit daripada apa yang kita inginkan. Oleh sebab itu seorang yang ingin menjadi kartini modern dengan kesuksesan finansial harus bisa menahan diri, melawan hawa nafsu , dan memperkirakan akan kebutuhan yang memang mendesak dengan kebutuhan yang karena hawa nafsu belaka. Skala prioritas, harus menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan.

2. Buat Laporan Keuangan Sendiri

unsplash

Hal yang sering orang lupakan saat memiliki banyak uang adalah tentang laporan keuangan. Dimana banyak orang yang paham tentan pentingnya sebuah laporan keuangan namun saat dihadapkan dengan banyaknya keinginan akhirnya ia lupa tentang pencatatannya. Padahal sebuah laporan keuangan begitu penting agar kita tidak sembarang menggunakan uang dan akhirnya malah membuat penghasilan yang banyak terasa dikit dan malah jadi defisit. Aplikasi yang mendukung untuk bisa melakukan pencataan keuangan di smartphone sudah banyak tersedia tinggal kita download saja. Maka sambil kita browsing di Internet, sembari kita mencatat laporan keuangan pribadi.

3. Menabung

unsplash

Suatu hal yang sering dilakukan ketika masa lampau semenjak duduk dibangku sekolah dasar yaitu menabung. Menjadi suatu hal yang sangat penting sampai akhir nanti. Namun kebiasaan baik tersebut terkadang hilang semenjak memasuki jenjang sekolah menengah atas. Seolah merasa sudah besar sehingga jarang ditemukan ada SMA yang mempunyai gerakan menabung seperti sejak di SD. Padahal pentingnya menabung itu akan kita rasakan dimana waktu-waktu terhimpit saat ada keperluan mendadak. Menabunglah meski sedikit, karena menabung bisa menjadi solusi saat kita sedang dalam keadaan terhimpit pas lagi gak megang duit.

4. Investasi

unsplash

Investasi adalah penanaman dana oleh perusahaan atau perorangan dengan jangka waktu tertentu demi mendapatkan imbal balik yang besar dimasa depan. Memulai investasi tidak harus menunggu tua, diusia muda malah investasi bermanfaat sekali agar kita bisa memetik dihari tua nanti. Investasi juga tidak harus menunggu kaya, dengan modal keberanian dan percaya diri kita bisa berinvestasi tanpa harus menunggu hingga jutaan rupiah. Apalagi sekarang sudah banyak jasa yang menawarkan investasi dengan modal yang minim. Namun perlu diingat, kehati-hatian dan ilmu yang cukup harus kita punya sebelum berinvesati, agar kita tidak dibohongi. Oleh sebab itu, pelajari dahulu bagaimana berinvestasi yang baik, yang sesuai aturan Negara dan agama.

5. Dana Pensiun

unsplash

Setiap manusia pasti akan menjadi tua dan dimana tubuh sudah tidak kuat seperti muda lagi. Otot-otot sudah mulai melemah, berjalan kaki tidak bisa jauh-jauh, melakukan pekerjaan apapun sudah tidak bisa lama-lama. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan persiapan untuk hari tua, salah satunya adalah dana pensiun. Biasanya dana pensiun didapat oleh orang yang telah bekerja sekian tahun di sebuh perusahaan dan dana tersebut akan diberikan ketika seseorang telah pensiun berdasarkan umur yang sudah tidak muda lagi yang tertera di kontrak perjanjian. Sebenarnya dana pensiun tersebut dikumpulkan dari upah kita setiap bulannya. Namun hal tersebut langsung dipotong oleh perusahaan, sehingga kita tidak terbebani harus membayar sekian rupiah untuk dana pensiun setiap bulannya. Seperti halnya menabung saja, maka dan pensiun sangat dibutuhkan untuk masa tua nanti.

6. Sedekah

unsplash

Ada cara dimana kita akan mendapatkan kebaikan berlebih daripada biasanya, yaitu dengan bersedekah. Sedekah adalah pemberian secara sukarela dan ikhlas kepada orang lain tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Apalagi sedekah kebaikannya akan kita dapat tidak hanya didunia, namun juga diakhirat karena sedekah benilai ibadah dan seseorang yang bersedekah akan mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena seperti kata orang bijak, apa yang kita punya adalah apa yang kita beri. Itulah sedekah, investasi jangka panjang yang manfaatnya sungguh luar biasa tidak terhingga.

Semoga cara tersebut diatas bisa menjadikan kita menjadi sosok perempuan yang tak hanya menginspirasi, namun juga tetap eksis dengan finansial yang mumpuni. Mimpi yang didambakan tidak kan pernah hadir jika kita belum melaluinya dengan perjuangan susah payah. Maka hadapilah setiap rintangan yang ada dengan memaksimalkan usaha dan doa. Hasil, biarkan Tuhan Yang Maha Esa tentukan. Percayalah, setiap apa yang digariskan olehNya, itu baik untuk kita.

Leave a Reply