5 Tips Sukses yang Dapat Digunakan Saat Bertemu Klien

Dalam berbisnis biasanya tidak lepas dari berinteraksi dengan pembeli. Pembeli ataupun yang biasa kita kenal dengan sebutan klien ini merupakan seseorang atau bahkan lembaga yang membutuhkan jasa ataupun produk dari perusahaan yang kita kelola. Adapun feedback dari adanya klien adalah keuntungan atau laba yang akan diraih oleh perusahaan. Bagi beberapa pebisnis, banyaknya klien dapat menjadi tolak ukur dari berkembangnya sebuah bisnis. Dan bisnis yang paling sering dituntut untuk bertemu klien biasanya adalah bisnis di bidang jasa, seperti kantor konsultan, law firm, dan bisnis jasa lainnya. Sebelum menjadi klien, mereka biasa kita kenal dengan sebutan calon klien. Karena kita dapat memanggil mereka klien adalah saat kita sudah menandatangani kontrak kerjasama dengan mereka.

Sebelum menjadi klien atau yang kita sebut dengan calon klien, seorang calon klien menggunakan banyak faktor dalam menentukan pilihannya atas suatu perusahaan yang akan dipakai jasanya.Faktor ini bisa dari internal ataupun eksternal, faktor internal contohnya attitude yang digunakan calon perusahaan jasa saat mempresentasikan perusahaannya, adapun faktor eksternal seperti faktor harga dan lainnya. Karena perlu kita ingat bahwa perusahaan yang dapat dipilih oleh calon klien bukan hanya perusahaan kita saja, maka kita harus melakukan persiapan-persiapan yang dapat membuat si calon klien ini memilih menjadi klien di perusahaan kita. Adapun 5 tips yang bisa kamu gunakan saat bertemu klien yaitu,

1. Lakukan Persiapan

unsplash

Persiapan merupakan satu hal yang sangat penting saat kita akan melakukan sebuah agenda. Adapun persiapan yang harus dilakukan saat akan bertemu dengan klien adalah persiapan materi yang akan kita ajukan nantinya. Selain mempersiapkan materi, maka orang yang menyampaikan materinya pun harus dipersiapkan dengan baik seperti persiapan public speaking, mental ataupun penggunaan pakaian saat menyampaikan materi. Karena si penyampai materi adalah faktor penentu pertama apakah si calon klien ini akan tertarik pada perusahaan kita.

2. Berikan First Impression yang Sempurna dan Menarik

unsplash

Setiap orang tentu akan menilai seseorang dari first impression yang didapatkannya. Sukses atau tidaknya suatu meeting juga ditentukan oleh hal ini dan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor materi saja. First impression yang sempurna dan menarik tentu sangat diharapkan, seperti gestur tubuh, mimik wajah yang menyenangkan serta hal-hal yang menarik yang akan membuat si calon klien tertarik. Hal-hal yang dapat membangun first impression yang menarik juga seperti berjabat tangan, kontak mata dengan klien dan kualitas komunikasi.

3. Lakukan Meeting di Tempat yang Menyenangkan

unsplash

Hindari meeting dengan klien di kantor, karena suasana kantor dapat mempengaruhi klien dalam mengambil keputusan. Adapun sediakanlah tempat yang nyaman dan santai, namun tetap dapat menyampaikan tujuan perusahaan dengan baik. Kita dapat melakukan reserach kecil-kecilan dalam mencari tempat yang nyaman dan tentunya disukai oleh klien. Karena hal-hal kecil seperti inilah yang kadang dapat berdampak besar dalam klien menentukan keputusan akan menggunakan jasa perusahaan kita atau tidak.

4. Usahakan Jangan Membuat Klien Menunggu

unsplash

Saat meeting dengan klien, maka sebisa mungkin datanglah lebih awal dan jangan membuat klien menunggu. Karena dengan melihat kita sudah hadir lebih dulu dibanding dia, maka akan membawa aura positif bagi si calon klien. Dan sebaliknya jika kita membuat calon klien menunggu, maka mereka akan memberikan nilai tidak baik terhadap perusahaan kita dan akan mengurangi keinginan mereka untuk bekerja sama dengan kita. Maka dari itu utamakan kedisiplinan waktu kita ya.

5. Tahu Kapan Berbicara dan Tahu Kapan Menjadi Pendengar

unsplash

Dalam meeting saat bersama calon klien usahakan untuk selalu melakukan komunikasi dua arah. Jangan sampai selama meeting berlangsung kamulah yang selalu mendominasi, karena hal ini akan menjadi sangat menggangu bagi lawan bicaramu. Saat calon klien menjelaskan mengenai tujuannya mencari tandem untuk sebuah proyek, atau saat menjelaskan tentang dirinya dan perusahaannya, maka jadilah pendengar yang baik. Tetap berkonsentrasi menjadi pendengar bukan untuk membalas apa yang dia sampaikan, melainkan untuk memahami apa yang benar-benar dia butuhkan.

Setelah melakukan tips-tips di atas, maka ada satu poin penting yang harus kamu lakukan sebelum meeting bersama calon klien ataupun klien yaitu berdoa. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dilancarkan meetingnya dan dipermudah setiap proses yang nantinya harus dijalani. Mungkin sekian, selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply