5 Tips Membangun Tim Yang Kompak dan Solid

Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha yang tidak terlepas dari hubungan antar orang banyak di dalamnya. Semakin baik relationship yang terjalin antar partner dalam bisnis, maka semakin kuat juga bisnis yang akan terbentuk. Dan sebaliknya, jika semakin lemah relationship yang terjalin antar partner dalam bisnis tersebut maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan mudah goyah dan tidak dapat bertahan lama. Dengan kata lain, kerja sama tim merupakan bagian terpenting dalam suksesnya sebuah usaha. Tapi apakah sebegitu pentingnya membangun tim kompak? Untuk tau betapa pentingnya, mari kita ilustrasikan.

Jika kita ilustrasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita dapat melihat pentingnya kerja sama tim ini dalam permainan sepak bola. Dalam permainan sepak bola, kemenangan dapat diraih jika kordinasi antar sesama pemain itu baik. Dan apabila kekompakan juga terjalin dengan baik, dan hal ini dihasilkan dari adanya kerja sama tim yang menyebabkan mereka menjadi satu kesatuan sehingga dapat memenangkan lomba. Namun coba kita bayangkan jika hal yang terjadi merupakan hal yang sebaliknya, dimana koordinasi antar pemain tidak berjalan baik,kekompakan tidak terbangun. Dan apa jadinya jika salah satu pemain ingin menjadi one man show yang tidak mau bekerja sama dengan yang lain? Bisa dipastikan tim tersebut tidak akan bisa mendapatkan kemenangan bukan?

Ilustrasi diatas sama halnya dengan pola kinerja dalam suatu perusahaan, yang dimana perusahaan merupakan wadah untuk orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan di dunia kerja. Sebuah perusahaan akan berjalan dengan baik apabila terdapat kerjasama tim yang baik dalam perusahaan tersebut. Dan dalam membangun kerjasama tim ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tanamkan Visi Misi Perusahaan Pada Setiap Anggota Tim

unsplash

Setiap hal yang kita lakukan di dunia ini harus memiliki visi dan misi yang jelas, agar tujuan dan arahnya bisa tercapai tepat waktu. Demikian halnya perusahaan, visi dan misi perusahaan harus dapat dipahami oleh setiap anggota tim, agar setiap kerja yang dilakukan tepat sasaran. Dan akan menjadi kendala jika dari awal visi dan misi tidak dipahami oleh setiap anggota tim.

Selalu Terbuka Terhadap Ide-Ide yang Baru

unsplash

Terbukalah dengan ide-ide baru dari setiap anggota tim, karena dengan saling terbuka maka akan muncul kenyamanan untuk mengungkapkan setiap gagasan. Dan dengan adanya hal ini juga dapat memunculkan inovasi-inovasi baru yang dapat berdampak positif bagi perusahaan. Terbuka dengan ide-ide baru ini dapat di aplikasikan dengan memberikan ruang kreatifitas lebih kepada setiap anggota tim dalam porsi yang sama tanpa membeda-bedakan riwat pendidikan, lamanya pengalaman bekerja ataupun faktor lainnya yang dapt membunuh kreatifitas yang harusnya ada.

Menghargai Perbedaan Pendapat

unsplash

Perbedaan pendapat merupakan suatu hal yang sering terjadi bukan hanya dalam kehidupan perusahaan. Namun hal ini sangat dibutuhkan oleh setiap anggota tim jika ingin membangun tim yang solid dan kuat dalam membangun suatu usaha. Karena dalam bekerja setiap tim akan diminta untuk mengeluarkan setiap ide yang mereka miliki untuk membawa perusahaan ke arah yanng lebih baik. Namun setiap orang tentu memiliki jalan pemikiran yang berbeda dan dengan ide-ide yang berbeda pula, maka keharmonisan tim dapat terwujud dengan adanya saling menghargai pendapat ini.

Komunikasi yang Intensif

unsplash

Komunikasi adalah suatu hal yang tidak bisa kita anggap sepele. Ketiga komunikasi antar anggota tim macet, maka akan ada kinerja perusahaan yang terhambat. Sehingga akan sulit untuk perusahaan mencapai tujuan yang ditargetkan. Karena itu setiap anggota tim harus dapat melakukan komunikasi yang intensif, baik melalui tatap muka (offline) ataupun secara online. Dan hal ini harus dilakukan secara intensif agar seluruh anggota tim dapat mengerti akan tugas dan target yang harus dilaksanakan.

Adakan Kegiatan Bersama

unsplash

Semua permasalahan yang ada pada anggota tim terutama komunikasi yang macet, biasanya ditimbulkan karena faktor belum saling kenal. Bagaimana mungkin sebuah tim bisa kompak jika orang-orang di dalamnya belum saling kenal? Kita mungkin sering mendengar istilah tak kenal maka tak sayang. Nah maka dari itu, untuk kenal satu sama lain kita dapat memulai dari hal kecil seperti melakukan kegiatan bersama dan sederhana. Kegiatan tersebut bisa berupa makan siang bersama, liburan bersama dan banyak hal lainnya.

Jika ingin membangun sebuah perusahaan yang hebat maka ada dua hal yang harus diperhatikan, sumber daya alam (modal) dan sumber daya manusia. Jika ingin membangun SDA yang solid maka selamat menerapkan tips-tips di atas ya.

Leave a Reply