5 Cara Menghemat Uang Bulanan

Setiap rumah tangga memiliki kebutuhannya masing-masing. Sebuah rumah tangga membutuhkan banyak kebutuhan terutama apabila jumlah anggota rumah tangga tersebut banyak. Tetapi ada cara untuk menyiasati kebutuhan yang banyak tersebut, bagaimana caranya? Simak tips di bawah ini ya.

Buat daftar anggaran

Sumber: pixabay.com

Sebelum menggunakan uangmu untuk berbelanja banyak keperluan, sebaiknya kamu membuat anggaran bulanan terlebih dahulu. Pembuatan anggaran ini bertujuan agar pengeluaranmu tidak melenceng dari apa yang direncanakan. Untuk setiap anggaran yang dibuat, tentukan juga nominalnya masing-masing. Setelah anggaran dibuat, disiplinkan dirimu untuk berbelanja sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.

Buatlah daftar barang apa saja yang ingin kamu beli dan biaya apa saja yang harus kamu bayar untuk 1 bulan ke depan. Pastikan barang-barang yang dimasukan ke dalam daftar, merupakan barang-barang yang memang kamu butuhkan. Kamu bisa membuat daftar kebutuhan tersebut setiap bulannya. Buatlah daftar serapi mungkin agar mudah dilihat. Dengan membuat daftar kebutuhan, kamu akan lebih mudah untuk menghemat uang dan terhindar dari pemborosan.

Beli yang dibutuhkan bukan diinginkan

Sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan lebih dahulu, barang tersebut memang dibutuhkan atau sekedar untuk memuaskan keinginan hati. Jika kamu rasa kamu belum membutuhkan barang tersebut, tidak ada salahnya untuk menunda membeli barang tersebut. Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin sudah tidak ingin lagi membeli barang tersebut.

Membandingkan harga

Sebelum membeli suatu barang, bandingkan dulu harganya di toko / supermarket lain. Kamu juga dapat mengecek harga di Google terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran produk yang ingin dibeli. Jangan terlalu terpaku pada merk, tidak ada salahnya membeli produk merk lain yang lebih murah asal manfaat dan hasil yang didapatkan sama atau bahkan lebih baik. Belanja online juga bisa jadi alternatif.

Banyaknya pedangang online di marketplace, membuat produk yang di jual online harganya semakin bersaing. Kamu dapat memanfaatkan hal ini, tapi pastikan untuk lihat dulu rincian deskripsi dan review barangnya agar tidak salah membeli. Dengan belanja online, kamu juga lebih hemat karena tidak perlu mengerluakan uang untuk pergi ke pusat perbelanjaan dan mengerluarkan uang untuk biaya parkir.

Masak makanan dan air sendiri

Untuk makan sehari-hari, sebaiknya kamu memasak. Karena uang yang dikeluarkan untuk memasakan sekitar 50% dari harga makanan yang sudah jadi. Jika kamu ingin lebih hemat lagi, kamu sebaiknya masak sayuran sebagai lauk dan lebih jarang untuk masak daging. Pilihanan makanan sayur yang dapat kamu masak antara lain capcay dan cah sayur. Untuk kebutuhan dapur seperti minyak, tepung, dan sabun cuci belanjalah dalam ukuran besar agar biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis.

Selain itu, masaklah air juga untuk kebutuhan sehari-hari. Apabila kamu membeli air galonan, kamu perlu mengeluarkan uang lebih. Dan jika hendak berpergian ke suatu tempat, pastikan membawa air minum. Karena jika kamu tidak membawa botol minum, kamu harus mengeluarkan uang lebih. Untuk 1 botol air mineral, harganya Rp 3.000 – Rp 8.000. Jika dalam sebulan, setiap hari kamu membeli 1 botol air mineral saja, kamu sudah menambah pengeluaranmu sebanyak 150 – 250 ribu rupiah.

Belanja dengan diskon

Saat ini banyak sekali toko / outlet yang menawarkan berbagai macam potongan harga. Kamu dapat memanfaatkan program itu untuk membeli barang yang kamu butuhkan. Kamu juga dapat memanfaat promo dari media pembayaran digital seperti GOPAY, OVO atau DANA. Selain praktis, besar potongan harga yang diberikan juga cukup besar.

Tips mana yang menurutmu paling sulit untuk dilakukan? Share di kolom komentar ya.

Leave a Reply