Simak Simulasi dan Tips Biaya Nikah Budget Rp 20 Juta

Menikah memang haruslah direncanakan secara matang, baik dari segi kesiapan mental kedua pasangan sampai dengan perencanaan finansial kedepannya. Janganlah terlalu gegabah memutuskan menikah, jika memang belum mempersiapkannya secara matang.

Bagi sebagian orang, biaya pernikahan biasanya menjadi sebuah kendala khususnya bagi pihak pria. Mereka biasanya akan berpikir ekstra bagaimana mencukupi budget pelaksanaan pernikahan.

Mungkin ini juga yang menjadi alasan kebanyakan mereka masih menunda menikah lantaran belum memiliki budget untuk pelaksanaan pernikahan.

Memangnya berapa sih budget yang diperlukan untuk pelaksanaan pernikahan?

pict: pixabay.com

Budget pernikahan tentu tergantung dari kedua belah pihak, tidak ada angka yang mutlak untuk hal ini. Semua disesuaikan dengan jumlah tamu, tempat pelaksanaan, dan lain sebagainya.

Tetapi pada dasarnya pernikahan itu bisa dilaksanakan secara sederhana namun akan tetap terlihat elegan dan tentunya berkesan, bahkan walaupun kamu saat ini hanya memiliki budget 20 juta saja. Memang pada awalnya hal ini terdengar mustahil dengan kebutuhan sebuah pesta bernikahan.

Namun jika kamu dan pasangan dapat mengelola dana tadi dengan bijak dalam mengalokasikannya sesuai dengan anggaran yang dibuat sejak awal, maka sebuah pesta pernikahan sederhana nan elegan juga berkesan akan mungkin terjadi dengan budget 20juta.

Membuat Anggaran Di Awal, Menunda Kebocoran Pengeluaran

pict: pixabay.com

Mewujudkan impian mengadakan pesta pernikahan secara sederhana tapi tetap elegan dan berkesan dengan budget 20 juta perlua membuat anggaran secara matang di awal. Sebab, jika kamu tidak memiliki rencana anggaran dikhawatirkan saat pelaksanaan nanti akan mengalami kebocoran pada pengeluaran. Tentu hal ini tidak diinginkan terjadi oleh kamu.

Sehingga, sangatlah perlu menyusun anggaran dengan ketat namun tetap masih masuk akal. Artinya anggaran yang dibuat bisa membuat pesat pernikahan berjalan dengan baik dan tentunya berkesan bagi kamu dan juga para tamu nantinya.

Simaklah simulasi anggaran pesta pernikahan dengan budget 20 juta saja

Tips Merencanakan Pesta Pernikahan Dengan Matang Dan Hemat Tapi Tetap Berkesan

Sudah lihat simulasi diatas? Ternyata budget 20 juta bisa lho melangsungkan pernikahan yang elegan dan berkesan. Kalau dilihat secara seksama kembali, simulasi perhitungan diatas, ada beberapa pos dengan pengeluaran terbesar bisa di pangkas bahkan sampai dihilangkan. Itu semua tentu sudah dilakukan berdasarkan pertimbangan matang bersama, sehingga tidak ada lagi hal-hal yang menggangu saat acara pernikahan kamu nantinya.

Berikut ini tips merencakan pesat pernikahan dengan matang dan hemat tapi tetap berkesan.

Adakan Pesta di Rumah

pict: pixabay.com

Pos pengeluaran terbesar dalam pesta pernikahan biasanya adalah sewa gedung. Maka jika ingin merencakan pesta pernikahan dengan budget minim, alokasi pos pengeluaran ini sebaiknya dihilangkan dan mencari jalan keluar dengan cara mengadakan pesat di rumah.

Sebaiknya kamu tidak perlu sampai memaksakan mengadakan pesat di gedung yang biaya sewanya saja mencapai belasan hingga puluhan juta, tentu ini akan mengahabiskan dana hampir setengah dari budget pesta pernikahan 20 juta.

Pesta pernikahan di rumah menjadi jalan keluar yang sangat bijak. Tentu pesta pernikahan di rumah juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan sewa gedung pernikahan yaitu suasana kekeluarga akan jadi lebih terjalin.

Undang Tamu Yang Kamu Kenal Dekat Saja Akan Semakin Menghemat Pengeluaran Lho!

Pengeluaran dalam pelaksanaan pesta pernikahan sangatlah tergantung kepada jumlah tamu yang kamu undang. Semakin banyak kamu mengundang tamu ke pesat pernikahan kamu, semakin besar tentunya pengeluarannya.

Bijaklah dalam mengundang para tamu undangan, sebaiknya tidak perlua mengundang seluruh kerabat dari orang tua maupun mertua, toh kamu tidak mengenalnya kan. Sebaiknya mengundang keluarga besar, kerabat dekat saja dari kamu dan pasangan. Bila perlu libatkan orangtua saat mempertimbangkannya.

Souvenir Dan Undangan Tidak Perlu Mewah, Pilih Yang Unik Dan Murah Aja

Saat memilih undangan, sebaiknya pilihlah undangan yang unik tapi juga dengan harga yang murah dan terjangkau. Meski murah, juga jangan sampai terlihat murahan ya. Tentu nantinya akan memberikan citra buruk kepada kamu.

Banyak kok sekarang ini percetakan yang menyediakan cetak undangan pernikahan yang unik dan juga murah. Dengan budget maksimal 2 ribu untuk cetak undangan sih sudah baik, tinggal kita sekreatif mungkin mencari undangan yang unik.

Nahh, sebaiknya juga tidak perlu mencetak undangan untuk seluruh tamu. Pilihlah tamu-tamu tertentu saja. Sebab mengundangn sahabat dekat ataupun keluarga secara langsung akan jauh lebih baik.

Selain undangan, souvenir pernikahan pun sebaiknya dipilih yang unik, murah dan juga bermanfaat untuk para tamu. Dengan harga 4 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan souvenir yang unik dan lucu lho. Nah untuk souvenir sebaiknya memesan lebih banyak dari jumlah undangan yang ada, agar teman, sahabat dan keluarga yang diundangan secara langsung juga kebagian.

 

Mending Atur Dekorasi Sendiri, Lebih Puas dan Sesuai Dengan Selera Sendiri

pict: pixabay.com

Saat mengadakan pesta di rumah, sebaiknya lebih difokuskan untuk mendekorasinya agar terlihat lebih elegan dan memberikan kesan kepada para tamu undangan yang hadir nantinya. Mengatur dekorasi pesta sendiri jauh lebih puas dan sesuai dengan selera kamu dan pasangan tentunya.

Gunakanlah pernak pernik dan tentunya bunga yang indah untuk mendekorasi rumah kita. Sebaiknya juga tentukanlah tema dekorasinya lebih enak dilihat nantinya. Mendekorasi sendiri tentu akan jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan jasa dekorasi dari luar.

Baju Pengantin Sebaiknya Sewa Aja

Pesta pernikahan tentu bukanlah acara rutinan setiap tahun, melainkan momen seumur hidup sekali bagi setiap orang. Nah maka dari itu, tidak perlu kita membeli baju pengantin. Saat ini sudah banyak salon yang menyediakan baju pengantin dengan beraneka rupa dan bentuknya lengkap dengan konsep adat yang mau diangkat.

Masak Sendiri Hidangan Pesta Makin Hemat

Selain sewa gedung, pos pengeluaran besar lainnya adalah biaya catering hidangan untuk para tamu. Jika pos ini di pangkas, tentu akan jauh lebih hemat lagi. Caranya dengan meminta bantuan kepada keluarga, sahabat, atau mungkin tetangga yang ahli dalam memasak.

Meski meminta bantuan kepada mereka, kamu juga sebaiknya memberikan imbalan yang setimpal atas bantuan yang mereka lakukan. Sebab mereka telah mempersiapkan segalanya mulai dari belanja sampai memasak menu pilihan kita. Oia, sebaiknya pilihlah menu hidangan yang tepat agar tidak mengecewakan tamu yang datang nantinya.

Sewa Kamera dan Berdayakan Bakat Kerabat atau Keluarga

pict: pixabay.com

Bila kamu memiliki teman atau keluarga yang memiliki hobi fotografi, maka cobalah untuk meminta mereka menjadi fotografer dalam acara pesat pernikahan. Jika tidak punya kamera, maka sewakan kamera untuk mereka gunakan.

Ini jauh lebih hemat ketimbang harus menyewa fotografer yang professional. Pastikan juga orang yang kamu minta tolong memang memiliki pengalaman dalam fotografi, agar hasil fotonya tidak terlalu mengecewakan.

Buat Acara Pesat Yang Menarik Dan Libatkan Orang-Orang Terdekat

Walaupun pesat pernikahan kamu sederhana dan diadakan di rumah, bukan berarti tidak bisa dibuat menjadi pesta yang menyenangkan. Malah kamu akan semakin leluasa membuat konsep pesta pernikahan kamu. Buatlah acara yang unik dan juga menarik, agar tercipta suasana pesat yang menyenangkan.

Jangan Lupakan Biaya Tak Teduga

Saat mengadakan pesat pernikahan di rumah, sebaiknya jangan melupakan mengalokasikan biaya tidak terduga. Hal ini untuk mencegah kejadian yang tidak terduga selama pelaksanaan. Jika nantinya tidak terpakai, dana ini bisa digunakan untuk kebutuhan setelah pesta pernikahan, seperti bulan madu misalnya.

Nah itulah tadi simulasi dan juga tips merencakan biaya pernikahan meskipun hanya dengan budget 20 juta. Setelah membaca ini, semakin siap dong untuk menikah. Jadi kapan kamu melamar si dia?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply