Tips Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru

Jika kamu sudah menikah, kamu akan mengalami perbedaan pola hidup yang sangat signifikan. Misalnya dari segi pola makan, dari yang awalnya kamu bebas makan sendiri dan di manapun, sekarang kamu harus menentukan makan bersama pasanganmu. Jika dilihat dari segi sosial, dari yang awalnya kamu bisa pulang hingga larut, saat ini kamu harus berpikir dua kali dalam melakukan hal tersebut.

Untuk segi finansial, ada beberapa tips buat kamu yang baru saja menikah. Kamu bukan lagi pribadi yang bebas mengatur keuangan. Kamu juga harus memikirkan kepentingan pasangan kamu agar lebih bahagia hingga akhir bulan.

  1. Pembagian Peran

Sejak awal, kamu harus membicarakan peran penopang ekonomi bersama pasangamu. Siapakah yang berhak menjalankan peran ini? Apakah sang suami yang tugasnya bekerja di luar? Atau sebaliknya, sang suami yang mengatur urusan di rumah. Atau malah jadi, kalian bisa bersama-sama mencari rezeki dan saling meringankan satu sama lain.

  1. Hilangkan Ego Masing-Masing

Sifat egois harus kalian buang jauh-jauh. Kalian harus saling mengerti satu sama lain. Jangan sampai, pasangan kamu marah karena egomu yang terlalu tinggi. Ingat, kalian sudah bukan masanya untuk berfoya-foya layaknya saat lajang dulu.

  1. Rencanakan Pengelolaan Keuangan

Kalian harus sering-sering berdiskusi dengan pasangan terkait hal ini. Tentukan pilihan, apa kegiatan yang akan digunakan untuk jangka panjang, dan apa yang akan dilakukan untuk jangka pendek. Utarakan secara terbuka dengan pasanganmu. Jangan sampai ada kepentingan yang tak dilaksanakan.

  1. Siapkan Tabungan untuk Masa Depan

Setelah menentukan rencana keuangan, pastikan kamu juga harus memiliki rencana untuk menabung. Kamu bisa memilih, apakah akan menabung di bank, celengan, atau tabungan yang berbentuk investasi. Selagi kamu masih muda dan memiliki usia produktif, menabung adalah suatu hal yang penting dalam menjalani kehidupan kamu.

  1. Siapkan Dana Tambahan

Dalam urusan hidup, kamu tak akan menjalani kehidupan secara lurus. Banyak rintangan dan tantangan yang akan kamu hadapi nantinya. Ingat, jenjang hidup kalian sebagai pasangan masih seumur jagung. Kalian masih belum tahu, masalah seberat apa yang mesti kalian hadapi.

  1. Terbuka dengan Pasangan

Sifat ini sangat wajib kamu terapkan. Terlebih, ada beberapa masalah yang sensitif seperti halnya pengeluaran keuangan. Jangan sampai kalian baku hantam akibat adanya masalah tersebut.

  1. Rencanakan Asuransi

Jika kamu memiliki barang berharga, pastikan barang itu menggunakan asuransi. Pilihlah asuransi yang sekiranya tepat. Jangan lupa, diskusikan terlebih dulu dengan pasangan kamu.

Itulah poin-poin yang mesti kamu terapkan bersama pasangan kamu. Semoga dengan tips ini, hubungan kalian bisa awet dan harmonis. Selamat mencoba.

Leave a Reply