Bosan dengan Kantor dan Ingin Berbisnis? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Bekerja di kantor memang tak selalu didambakan setiap pihak. Bosan, pola kerja sama, dan lingkungan kerja menjadi faktor karyawan untuk resign dari tempat kerjanya. Bahkan, mereka sendiri memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri dan mencari tantangan baru. Siapa tahu, bisnis mereka bisa sukses setelah keluar dari pekerjaan lama.

Namun terkadang realita tak semanis dengan ekspetasi. Banyak dari mereka yang masih kurang persiapan dalam memulai usaha bisnis barunya. Alhasil, bisnis yang sudah direncanakan berakhir gagal. Artikel ini akan membahas tentang beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum resign dan memulai usaha sendiri.

  1. Sudah Waktunya?

Sebelum kamu memilih resign dan mencoba bisnis, kamu harus bertanya kepada dirimu sendiri. Apakah sudah saatnya kamu beralih profesi? Apakah status kamu saat ini memang sudah seharusnya untuk berhenti bekerja? Misalkan, apakah kamu baru saja memperbarui kontrak kerja? Atau, apakah kamu baru saja mendapat promosi untuk naik jabatan? Apakah kamu masih memiliki tugas lain sebagai karyawan kantor?

Sebelum resign, kamu harus memikirkan berbagai pertanyaan di atas. Apabila kamu masih memiliki tugas yang belum selesai, coba tanggung jawab terlebih dulu. Usahakan semua pekerjaan sudah kamu selesaikan. Selain jaga profesionalitas, kamu juga bisa menjaga hubungan apabila nanti sudah tidak sekantor dengan teman-temanmu.

  1. Inspirasi untuk Berbisnis

Di zaman serba canggih ini, banyak cerita pengusaha yang bisa kamu jadikan inspirasi, baik itu pengusaha yang ada di luar maupun di dalam negeri. Kamu bisa mencari berbagai kisah mereka, mulai dari nol hingga sukses sampai sekarang. Dari sana, kamu bisa melihat bagaimana mereka berusaha membangun bisnisnya, apa saja tantangannya, modal, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu riset dari orang-orang terdekat yang statusnya juga pengusaha. Apabila kamu memiliki orang terdekat yang juga entrepreneur, maka peluang untuk memulai bisnis akan lebih besar. Kamu bisa konsultasi dengan mereka nantinya.

  1. Persiapkan Modal

Hal ini juga yang menjadi faktor penting dalam memulai bisnis sendiri. Sudah siapkah kamu dengan modal yang telah kamu kumpulkan selama bekerja di kantor? Apakah modal itu sudah cukup? Jika masih belum cukup dan kamu tetap nekat untuk resign, pastikan kamu pikir-pikir dulu aja ya.’

  1. Persiapkan Rencana

Sebelum dimulai, kamu juga harus menyiapkan berbagai rencana yang akan menjadi pegangan selama menjalani bisnis. Apa bisnis yang akan kamu jalankan? Apakah kuliner? Kerajinan tangan? Jasa? Di mana kamu mau berbisnis, di rumah atau di tempat baru? Apakah kamu memerlukan pegawai sebagai tenaga pendukung? Berapa orang?

Jika sudah dipersiapkan, kamu juga harus memikirkan apabila nanti bisnismu akan gagal. Sebagai calon pebisnis, tentunya kamu sudah harus mempersiapkan ini sejak awal ya.

  1. Dukungan dari Orang Terdekat

Jangan lupakan poin ini sebelum kamu mulai berbisnis. Sebagai orang terdekat, kamu juga harus memberikan kabar bahwa kamu akan mulai membuka usaha baru. Sebab, dukungan mereka nanti akan sangat dibutuhkan apabila kamu mengalami rintangan nanti. Merekalah orang pertama yang akan membantu kamu di kala susah menghampiri.

Itulah beberapa tips yang sekiranya kamu butuhkan sebelum resign dan memulai usaha baru. Apabila belum siap, jangan coba-coba untuk nekat ya. Namun jika kamu masih kekeuh, kamu juga harus siap dengan risiko yang akan terjadi loh. Selamat mencoba.

Leave a Reply