5 Tempat Wisata Sejuk yang Menggetarkan Hati

Mengunjungi tempat wisata merupakan kesukaan sebagian besar orang. Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Jenis tempat wisata yang suka dikunjungi, adalah tempat wisata yang sejuk. Berikut adalah 5 tempat wisata sejuk yang paling indah di Indonesia.

Umbul Sidomukti, Semarang

Sumber: sidomuktiumbul.com

Umbul Sidomukti menawarkan sensasi mengopi dengan suasana atas awan. Terletak di lereng Gunung Ungaran yang mempunyai hawa sejuk akan melengkapi kenikmatan mengopimu. Tak hanya kopi, Kamu juga bisa menikmati beraneka macam gorengan yang panas yang menjadi pelengkap acara ngopimu. Kopi panas, gorengan panas, dan suasana sejuk pegunungan merupakan kombinasi yang sempurna. Karena letaknya di lereng Gunung Ungaran yang tentunya berada di ketinggian, Umbul Sidomukti menawarkan latar berfoto yang indah. Dengan latar berupa awan dan pemandangan Kota Ungaran di bawahnya, menjadi spot favorit bagi pengunjung yang datang.

Terdapat taman renang alam di tempat ini yang airnya berasal dari mata air pegunungan Ungaran, airnya sangat jernih dan dingin. Disini disediakan juga permainan-permainan yang memancing adrenalin antara lain ATV dan flying fox. Untuk kamu yang ingin mengadakan kemah, Umbul Sidomukti dapat menjadi pilihan yang tepat. Camping Ground yang ada lokasinya 1,5 kilometer dari Umbul Sidomukti.

Ngarai Sianok

Sumber: pegipegi.com

Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berlokasi di Bukittinggi, Agam, Sumatera Barat. Panjang Ngarai Sianok kurang lebih 15 kilometer dengan ketinggian 100 meter. Waktu yang dibutuhkan dari kota Padang ke kota ini kurang lebih 2 jam. Terdapat batang/sungai Sianok yang airnya bermuara di Samudra Hindia. Air di sungai ini biasanya digunakan untuk bermain kano, kayak dan arung jeram. Di Ngarai Sianok, terdapat hutan yang ditinggali berbagai satwa liar, antara lain babi hutan, rusa, macan tutul, monyet, dan siamang.

Tawangmangu, Karanganyar

Sumber: kumparan.com

Tawangmangu adalah kawasan wisata yang terletak di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Terdapat banyak tempat wisata di Tawangmangu antara lain Rumah Astiri Indonesia, Air Terjun Grojokan Sewu, Taman Ria Balekambang, dan Telaga Saragan, telaga cantik yang berlokasi 5 km dari Tawangmangu. Rumah Astiri Indonesia adalah tempat rekreasi yang berlokasi di Plumbon. Terdapat puluhan jenis tanaman Astiri di Rumah Astiri Indonesia. Taman Ria Balekambang merupakan tempat wisata yang memberikan pemandangan alam yang indah.

Ruteng, NTT

Ruteng merupakan salah satu kota wisata yang terdapat di Flores, Nusa Tenggara Timur. Ruteng merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai yang menempel dengan pegunungan Mandosawu. Kota ini berada di dengan ketinggian 1.200 mpdl dengan suhu sekitar 13-25 derajat celsius. Kota Ruteng dikenal sebagai Praha-nya Indonesia karena terdapat banyak bangunan klasik ala Eropa di kota ini. Beberapa spot wisata Ruteng yang bisa kamu kunjungi antara lain Golo Curu, bukit kecil yang menawarkan keindahan pemandangan kota Ruteng, Gunung Ranaka, gunung vulkanis yang cocok dijadikan tempat trekking dan hiking dan air terjun bertingkat Cunca Lega.

Ollon Bonggakaradeng, Tana Toraja

Sumber: karebatoraja.com

Ollon merupakan kota wisata yang terletak di Bau, Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Bukit Ollon merupakan barisan/kawasan bukit dengan lahan hijau. Tempat ini dimanfaatkan untuk ternak kuda dan sapi. Bukit Ollon sering kali disebut sebagai bukit Teletubbies karena suasananya yang mirip dengan bukit di film Teletubbies. Karena lokasinya yang berada di pedalaman, tempat ini masih sangat asri. Mari kita jaga keasriannya dengan tidak buang sampah sembarangan. Tempat ini juga masih sedikit fasilitasnya, jika kamu berkunjung ke tempat ini, sebaiknya kamu membawa bekal.

 

Demikianlah 5 tempat wisata yang udaranya sejuk yang wajib kamu kunjungi. Punya rekomendasi tempat wisata sejuk lainnya? Berikan komentarmu di kolom komentar ya.

Leave a Reply