5 Tips Mendapatkan Uang dari Instagram Tanpa Modal

Mencari uang tidak terlalu sulit asalkan kamu dapat memanfatkan kesempatan dan memaksimalkan apa yang di punya. Di zaman sekarang ini, main instagram adalah hal sangat sering dilakukan dan digemari oleh banyak orang. Kamu dapat memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan uang dari instagram tanpa modal.

Berikut 5 cara untuk mendapatkan uang dari instagram:

  1. Berjualan jasa

Jika kamu mempunyai skill tertentu, kamu dapat memamerkan atau mempromosikan skill kamu di instagram. Jika kamu mempunyai kemampuan menyanyi, bermain musik atau dance, kamu dapat mengupload video menyanyi, bermain musik atau dance kamu di instagram. Jika kamu suka memasak atau melukis kamu dapat mengupload foto masakanmu dan lukisanmu.

Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon, id messenger (line atau BBM) atau email kamu. Ketika ada orang yang tertarik dengan skillmu, mereka mungkin akan membeli hasil karyamu misalnya memesan lukisan, mengundangmu untuk tampil di sebuah acara atau menawarkan kerjasama tertentu. Oleh karena itu, jangan malu atau segan untuk memamerkan kemampuanmu di instagram. Selain skill yang akan terus terasah karena sering kamu lakukan, kamu juga berkesempatan mendapatkan uang dan kesempatan besar lainnya.

  1. Berjualan barang

Selain berjualan jasa, kamu juga dapat berjualan barang. Barang yang dijual beraneka ragam baik barang fisik maunpun barang digital. Barang-barang yang paling laku dijual di instagram adalah baju wanita, aksesoris wanita dan produk kecantikan. Agar bisnismu semakin menarik, kamu dapat mengupload kembali foto yang diambil oleh pembeli. Jika ada pembeli mengupload produk kamu di instagram mereka, kamu tinggal regram foto tersebut di instagram kamu. Selain menambahkan kedekatan dengan pembeli, followers mu juga akan bertambah.

Kamu juga boleh sekali-kali mengupload behind the scenes produkmu. kamu yang menjual makanan, kamu dapat mengupload video memasakmu. Untuk kamu yang menjual kerajinan tangan, kamu dapat mengupload video saat membuat kerajinan tangan tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mengupload video yang mendukung produk jualanmu. Misalnya untuk kamu yang berjualan make up, kamu dapat mengupload video make over menggunakan produk-produk make up yang kamu jual.

  1. Jasa titip jual barang

Untuk kamu yang ingin berjualan tetapi tidak memiliki modal, kamu dapat menjadi dropshipper. Droshipper sering disamakan dengan reseller. Tetapi sesungguhnya terdapat perbedaaan anatar dropshipper dan reseller.

Reseller memiliki produk fisik dari barang yang ia jual sedangkan dropshipper penjual tidak memiliki produk fisik yang dijual. Seorang dropshipper akan memajang foto jualannya di media sosial. Selanjutnya apabila ada yang ingin membeli, dropshipper akan memberi tahu supplier barang apa yang dipesan berserta dengan nama, alamat dan no telepon pembeli. Supplier yang akan mengirim langsung barang tersebut ke pembeli atas nama dropshipper.

  1. Menjadi endorser

    Endorse adalah merekomendasikan produk melalui iklan. Salah satu media endrose yang terkenal dan paling sering digunakan adalah instagram. Orang yang diendorse biasanya mendapatkan produk yang di iklankan secara gratis. Orang tersebut akan berfoto dengan barang tersebut dan mengepostnya di instagram mereka. Selain mendapat produk secara gratis, orang tersebut juga akan mendapat uang bayaran dari promosi barang tersebut. Sudah dapat barang, dapat uang lagi, asyik banget ya.

  1. Melakukan paid promote

Hampir sama dengan endorse, paid promote adalah teknik pemasaran yang dilakukan dengan viral marketing. Viral marketing adalah mengirimkan informasi ke orang lain dan berharap orang lain juga meneruskannya ke orang lain lagi. Perbedaannya, paid promote adalah mengiklankan suatu poster atau foto. Pada paid promote, orang yang memiliki akun tersebut tidak perlu foto bersama barang yang diiklankan sehingga lebih praktis tetapi biasanya fee yang didapatkan pun lebih kecil daripada endorse.

  1. Jual akun instagram

Jika kamu mempunyai banyak followers dan sudah tidak mau bermain instagram lagi karena sudah bosan, terlalu sibuk atau alasan lainnya, kamu dapat menjual instagram kamu. Harga jual sebuah akun instagram biasanya tergantung dari banyaknya pengikut atau follower akun tersebut. Selain dari jumlah follower, seberapa pengaruh akun instagram tersebut juga mempengaruhi harga jualnya.

Dari tips-tips di atas, tips mana yang paling kamu suka? Atau kamu punya tips lainnya? Share di kolom komentar ya..

Leave a Reply