5 Pelajaran Kesuksesan Walt Disney

Pernahkah kamu bertanya bagaimana Walt Disney yang bisa mendirikan perusahaan bertingkat multinasional? Tentu setiap pebisnis memiliki pengalaman tersendiri dalam menjalankan bisnisnya, namun sebagai pebisnis kamu pun perlu belajar dari pengalaman orang lain dalam meraih kesuksesan. Halini kamu lakukan supaya kesuksesan yang ada di depanmu dapat dengan cepat kamu raih.

Perlu kamu ketahui bahwa The Walt Disney Company saat ini merupakan perusahaan yang distimasikan senilai US$45.429 miliar atau setara dengan Rp604.205,7 triliun. Jumlah yang sangat besar bukan? Bagaimana tidak, perusahaan ini merupakan perusahaan yang paling dikenal sepanjang sejarah. Perusahaan ini mempunyai visi yang sederhana yaitu membentuk masa kanak-kanak dan budaya pop di dunia yang merupakan mimpi dari seorang Walter Elias Disney atau yang lebih dikenal Walt Disney.

Dalam mengambangkan bisnisnya Walt memulai dengan bantuan saudara lelakinya Roy untuk mendirikan Disney Brothers Studio dengan mengembangkan karakter Mickey Mouse pada 1928. Dari sana Walt terus mengembangkan perusahaan animasinya hingga menjadi perusahaan terbesar yang selalu membawa kebahagiaan bagi masa kecil anak-anak. Setelah melihat sekilas kesuksesannya, tentu kita pun ingin tahu apa kiat suksesa yang selalu dipegangnya. Berikut 7 pelajaran penting Walt Disney:

1. Anda harus Menjadi Salesman

Menurut Walt mewujudkan mimpi perlu membutuhkan banyak uang, oleh karenanya kamu harus menjual untuk memperoleh banyak uang. Kamu perlu meyakinkan orang untuk membeli apa yang kamu jual, dengan meyakinkan orang Walt dapat meraih mimpinya hingga berkembang sebesar sekarang. Salah satu contoh yang dilakukan Walt adalah saat membiayai taman bermain Disneyland dia mencoba membujuk studio televisi untuk mendanainya sebagai upah dari Disney Programming. Namun perlu kamu tahu Walt juga memanfaatkan Disney Programming sebagai sarana untuk mempromosikan Disneyland. Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan Disneyland hingga berkembang sampai sebesar sekarang ini.

2. Kepemimpinan itu Penting

Dalam memimpin perusahaannya ini Walt Disney selalu memberikan inspirasi kepada karyawannya. Kemampuannya dalam menyampaikan cerita membuat para pekerjanya yakin dan meyakini bahwa mereka adalah bagian terpenting dalam sebuah proyek sehingga pekerjaan yang mereka lakukan pun menuai hasil yang maksimal. Menurut Walt penting untuk selalu jelas dalam visualisasi dan ekspektasi serta sikap kepemimpinan itu akan menjadi inspirasi untuk mencapai kesuksesan.

3. Senantiasa Berkembang

Walt selalu percaya akan pentingnya mengembangkan usaha yang telah kita capai. Kemanapun dia pergi dia selalu berpikir tentang kesalahan dan bagaimana cara memperbaikinya agar lebih baik lagi. Ia menolak untuk berhenti saat animasinya sukses merajai dunia perfilman. Bahkan saat kesuksesan itu dia berpikir untuk membangun taman bermain Disneyland. Ia juga pernah berkeliling taman bermain dan mencoba seluruh atraksinya untuk melihat apakah ada yang salah atau yang masih bisa dikembangkan lebih baik lagi.

4. Mengubah Sikap dalam Menghadapi Kegagalan

Mengubah cara pandang dalam menghadapi kegagalan adalah mental pebisnis yang hebat. Sekali ia gagal maka ia akan terus bangkit memulai baru bisnisnya yang lain. Mungkin kamu mengira bahwa Walt tidak pernah mengalami kegagalan, siapa bilang? Walt sebelum meraih kesuksesannya pernah mengalami kegagalan yaitu ketika kehilangan seluruh barang miliknya, termasuk studio, peralatan, animator, bahkan karyanya. Namun kegagalannya tidak membuatnya putus asa, ia bahkan mengembangkan usaha baru dengan membuat karakter baru Mickey Mouse.

5. Percaya pada Diri Sendiri dan Pantang menyerah

Keunikan kerjasama Walt dan Roy adalah ide gila Walt yang selalu tidak sesuai dengan apa yang dipikirkan Roy. Namun dengan kegigihan Walt, akhirnya Roy terpaksa mendanai ide gila tersebut. Hal ini terus berulang hingga kesuksesan diraih Walt. Meski dibilang mempunyai ide gila dan mustahil Walt selalu percaya pada diri sendiri dibanding orang lain. Dengan sikap inilah, kini taman bermain Disneyland sudah tersebar di seluruh dunia

Selain sikap percaya dirinya, yang tak kalah menarik yaitu sikap pantang menyerah yang dimiliki Walt. Dalam film Mary Poppins yang merupakan film terbaik pada masanya untuk memperoleh hak ciptanya Wolt membutuhkan waktu 16 tahun. Selain itu, Dalam mencari sponsor taman bermain Disneyland Wolt harus menghadapi 302 penolakan hingga akhirnya mendapat persetujuan dari sebuah studio televisi.

 

Yang membedakan orang sukses dengan orang yang gagal adalah sifatnya saat menghadapi kegagalan, jika mudah menyerah saat kegagalan menghampiri tidak akan pernah sukses. Jadi mulailah bangun mental suksesmu dari sekarang!

Leave a Reply