7 Cara Menyiasati Tugas Menumpuk

Setiap orang memiliki tugas mereka masing masing di setiap umur. Seorang bayi mempunyai tugas untuk belajar berbagai macam hal seperti merangkak, berjalan, dan lain lain. Seorang siswa baik SD, SMP dan juga SMA memiliki tugas dari Sekolah. Seorang mahasiswa memiliki tugas dari dosen. Dan orang yang sudah bekerja juga memiliki tugas dari kantor.

Tidak jarang tugas seseorang menjadi menumpuk terutama seorang siswa, mahasiswa, dan orang orang yang sudah bekerja. Tugas seseorang bisa menumpuk jika tugas tugas itu tidak dijalankan karena adanya rasa malas dan tidak disiasati dengan baik. Tugas yang menumpuk tersebut bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi, kurangnya konsentrasi dan juga kurang fokus. Apalagi kalau tugas tugas tersebut sudah dekat dengan deadline yang ditentukan.

Jadi, ada 7 cara yang dapat digunakan untuk menyiasati tugas yang menumpuk, yaitu:

1. Buat daftar pekerjaan

Sumber: pixabay.com

Sebaiknya kita mencatat semua tugas yang kita dapatkan, sehingga jika sudah memiliki banyak tugas kita tidak lagi melupakan tugas tugas yang telah diberikan. Dan kita tidak melupakan dan meninggalkan satupun tugas yang diberikan.

2. Buat prioritas pekerjaan

Setiap tugas yang diberikan pasti memiliki sebuah deadline tertentu untuk pengumpulan tugas tersebut, maka kita perlu menyusun daftar pekerjaan sesuai dengan tanggal deadline yang paling cepat dan tanggal deadline yang paling lambat. Sehingga pekerjaan yang kita kerjakan bisa teratur dan bisa dilaksanakan dengan baik. Jadi, semua pekerjaan bisa selesai sebelum tanggal deadline yang telah diberikan.

3. Jangan menunda pekerjaaan

Disaat mempunyai waktu yang lenggang, kita harus menghindari rasa bermalas malasan. Kita bisa mengisi waktu senggang itu dengan mengerjakan tugas tugas yang telah diberikan agar nantinya tidak ada tugas yang menumpuk dan membuat kita stres dan bingung memprioritaskan tugas yang mana terlebih dahulu. Kita bisa mengerjakan tugas yang simpel terlebih dahulu sehingga setidaknya sudah berkurang satu atau dua tugas. Karena tugas yang simpel pasti lebih mudah dan lebih cepat dikerjakan.

4. Bagi tugas menjadi bagian-bagian kecil

Sumber: pixabay.com

Kita bisa membagi tugas yang ribet dan terlihat banyak menjadi beberapa bagian kecil. Sehingga tugas tersebut terlihat lebih mudah dikerjakan dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam mengerjakan tugas tersebut. Jadi, kita tidak mempunyai rasa malas saat akan mengerjakan tugas lagi yang lainnya. Karena kita sudah berpikiran bahwa tugas yang diberikan tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama untuk mengerjakannya.

5. Hindari semua gangguan

Banyak hal yang bisa menyebabkan tugas menjadi tertunda. Misalnya ajakan dari teman untuk pergi keluar bersama. Karena pergi keluar akan menjadi lama jika bersama sama dengan teman. Walaupun hanya berjanji keluar sebentar saja. Hal itu bisa menyebabkan tugas menjadi tertunda lagi. Kerjakan semua tugas terlebih dahulu dengan hati yang tenang dan fokus. Kalau bisa hindari melihat handphone terlebih dahulu agar bisa lebih cepat dalam mengerjakan tugas dan juga lebih tenang.

6. Tetap tenang dan fokus

Sumber: pixabay.com

Walaupun diberi tugas yang banyak, kita tidak boleh bingung dan juga tidak boleh panik. Kita harus tenang dan fokus saat melakukan pekerjaan yang diberikan. Agar pekerjaan yang kita lakukan benar dan tidak ada kesalahan. Jadi, kita tidak perlu waktu lagi untuk memperbaiki pekerjaan tersebut. Sehingga waktunya bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas yang lain.

7. Jika deadline sudah dekat, harus tetap mengutamakan kualitas

Saat kita memiliki banyak tugas yang sudah akan mencapai tanggal deadline, kita tetap harus bersikap profesional dalam mengerjakan tugas tersebut. Walaupun tugas tersebut tidak bisa kita lakukan secara perfeksionis. Namun, setidaknya kita bisa mengerjakan tugas tersebut sebaik baiknya. Dan kita harus tetap mengutamakan kualitas dan tetap memberikan yang terbaik walaupun sudah dekat dengan tanggal deadline.

Nah, semua cara yang ada diatas ini adalah 7 cara yang dapat digunakan untuk menyiasati tugas yang menumpuk. Semoga 7 cara menyiasati tugas menumpuk ini bisa membantu kalian semua. Terima kasih. Semoga dapat membantu. Apakah kalian berniat untuk mencobanya?

Leave a Reply