Cara Membangun Bisnis Startup

Bisnis startup adalah perusahaan bisnis yang belum lama beroperasi dan biasanya bisnis stratup diidentikan dengan bisnis yang berhubungan dengan teknologi maupun internet. Karena zaman sekarang berbisnis sudah tidak hanya di dunia nyata lagi, namun juga merambah ke dunia maya. Lalu bagaimana cara membangun bisnis startup agar bisa bersaing dengaan bisnis lainnya? Berikut langkah-langkahnya :

Cari Solusi dari Masalah

unsplash

Biasanya orang dalam merencanakan sebuah bisnis, yang pertama kali dipikirkan adalah ide. Padahal yang paling penting adalah problem. Mencari permasalahan apa yang sedang masyarakat hadapi lalu apa solusi yang kita bisa berikan. Sebagai contoh founder uber di paris saat kesusahan mencari taxi di pinggir jalan, akhirnya ia berpikir kenapa tidak dibuat saja sebuah aplikasi dimana jika ingin memesan sebuah taxi, tinggal memesan di aplikasi yang sudah tersedia di smartphone. Tanpa harus susah keluar jalan, menunggu lama dan berdiam dipinggir jalan sambil menyetop taxi yang lewat. Maka intinya adalah kita harus memulai dari masalah, bukan dari ide.

Cari Tim yang Solid

unsplash

Dalam setiap bisnis apapun, diperlukan tim yang solid dan saling bekerjasama satu sama lain. Saling mengerti, memahami, memotivasi dan berkembang bersama untuk melebarkan sayap bisnis diawal perintisan. Mencari tim yang cocok bisa dibayangkan seperti mencari pasangan hidup. Dimana kita akan selalu bersama dengannya setiap harinya, mengurusi bisnis bersama dan melewati segala rintangan yang ada dengan saling menguatkan. Bisa saja ada orang yang memang pintar, skillnya mumpuni namun jika ia tidak cocok dengan kita maka ia tidak bisa kita jadikan sebagai tim. Nomor satu adalah kita harus cocok dulu dengan orangnya, maka kedepannya kita bisa paham pribadi masing-masing dan bisa saling percaya. Karena jika tidak saling percaya maka akan sulit untuk membangun sebuah bisnis bersama. Apalagi bisnis startup dimana yang perlu ditekankan adalah kerja tim yang saling percaya satu sama lainnya.

Persiapkan Modal Dana

unsplash

Biasanya kendala yang dihadapi para startup adalah tentang pendanaan namun meski ada pendanaan kendala tentang manajemen keuangannya juga biasanya belum baik. Contoh pada saat instagram pertama kali diluncurkan lalu terkenal beberapa bulan setelahnya hingga ongkos server instagram tembus puluhan ribu dollar lalu kemudian ownernya bingung. Saat baru saja memulai bisnis, bisnis tersebut berkembang begitu pesat, namun akhirnya karena pendanaan belum ada akhirnya bimbang harus berhenti ditengah jalan atau bagaimana. Maka berharap dan mencari investor yang berhati malaikat menjadi jalan yang tepat. Hubungan baik harus dibangun dengan para investor yang berhati bagai malaikat. Karena kita tidak bisa menjamin apa-apa kepada investor tersebut, maka carilah investor yang memang niat untuk membantu dan ia mempunyai hubungan yang baik dengan kita. Biasanya seorang investor juga berteman dengan yang setipe dengan dirinya. Maka kita bisa manfaatkan untuk menggalang dana dari rekomendasi para investor yang baik itu.

Fokus Pertama Kepada Pertumbuhan User

unsplash

Siapa yang akan menerima manfaat dari bisnis kita, maka itu yang perlu kita pikirkan baik-baik karena ini adalah inti dari bagian marketing. Jika kita sudah selesai dengan 3 tahapan diawal, maka berlanjut ke tahapan selanjutnya yaitu bagaimana kita mendatangkan pelanggan agar tertarik kepada bisnis yang kita miliki. Karena zaman sekarang masyarakat selalu menggunakan internet, maka perlu memanfaatkan penggunaan digital marketing. Namun yang harus diketahui, bahwa digital marketing itu bukan hanya memasarkan melalui iklan saja. Tapi juga hal lainnya misalnya kita bisa berkolaborasi dengan seseorang semacam endorse dari artis. Membuat konten menarik di instagram untuk memancing netizen agar penasaran dan akhirnya tertarik dengan produk yang kita jual. Biasanya ada seseorang yang memang ia paham bagaimana strategi marketing yang baik. Maka bisa kita cari orangnya yang memang ia paham tentang strategi marketing dan kolaborasilah dengannya. Buat kesepakatan dan jalin hubungan yang baik lalu jadikanlah tim yang solid.

Sekian tips bagaimana membangun bisnis startup semoga dapat membantu para millenials untuk membangun usaha di usia muda. Tetap berkarya dan terus berusaha menciptakan suatu hal yang baru hingga masa muda itu dihabiskan dengan hal yang bermanfaat. Dapat mengisnpirasi, dan berguna bagi anak cucu kita kedepannya. Salam bahagia, tetap semangat, sukses selalu.

Leave a Reply