7 Tips Agar Meja Kerja Kamu Tetap Bersih dan Rapi

Sangat penting buat kamu untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan meja kerja, karena dengan kondisi meja kerja yang berantakan akan terlihat kotor sehingga membuat kita tidak nyaman dan tidak konsentrasi saat bekerja. Jika meja kerja bersih dan rapi sudah pasti mood dan semangat ketika bekerja akan selalu terjaga.

 

Sumber: pixabay.com

Yuk di simak 7 tips agar meja kerja kamu tetap bersih dan rapi berikut ini :

  1. Minimalisir barang yang tidak dibutuhkan

Coba lihat lagi meja kerja kamu! Apa semua barang yang ada di atas meja kerja kamu memang barang yang sering kamu pakai? atau bahkan barang itu jarang sekali kamu gunakan. Mulai sekarang singkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dan tidak berhubungan dengan pekerjaan.

 

  1. Mengatur berkas-berkas yang ada di meja kerja

Jangan biarkan berkas menumpuk, karena itu akan menyulitkan kamu menemukan berkas yang dibutuhkan. Gunakan map arsip atau bisa juga dengan memberi label pada dokumen sesuai dengan kategori masing-masing. Simpanlah dokumen kamu ke dalam lemari atau laci untuk memudahkan kamu mencari berkas yang dibutukan.

 

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Mulai sekarang biasakan membuang sampah pada tempatnya ya. Memang kadang kita menyepelekan sampah kecil seperti guntingan kertas, bungkus permen, dll. Jika kamu terus melakukan hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang buruk dan tidak disadari sampah menumpuk di atas meja kerja. Agar kita lebih mudah membuang sampah pada tempatnya letakkan tempat sampah didekat meja kerja, sehingga tidak ada lagi alasan buat kamu membuang sampah di atas meja kerja.

 

  1. Kembalikan barang ke tempat semula

Seringkali kita lupa menaruh kembali barang pada tempatnya dan menaruhnya sembarangan ketika terburu-buru. Mulai sekarang kamu harus menghilangkan kebiasaan tersebut ya. Biasakan untuk meletakannya ketempat semula, agar kamu mudah mencarinya ketika akan menggunakannya lagi. Dan meja kerja tetap tertata rapih dan bersih.

  1. Bersihkan meja setelah selesai digunakan

Membersihkan meja kerja memang terdengar sepele. Tapi pada praktiknya tidak semua orang konsisten melakukan hal tersebut. Biasakan diri untuk menyisihkan waktu 10-15 menit setelah selesai bekerja untuk membersihkan meja kerja. Jangan biarkan dokumen menumpuk untuk esok harinya. jika kamu bisa mendisplinkan diri untuk membersihkan meja kerja, maka setiap harinya kamu akan mendapatkan mood yang baik untuk memulai pekerjaan.

  1. Menyediakan tools yang membantu kerapian meja

Jangan lupa untuk menyediakan kotak pensil karena biasanya pensil, pulpen, stapler dan alat tulis lainnya secara sembarangan ada di atas meja. Dan bisa juga dengan manfaatkan bidang yang kosong untuk meletakkan benda-benda yang bisa direkatkan. Hal tersebut bisa membuat meja kerja terlihat bersih dan rapi.

  1. Letakkan dekorasi di meja kerja

Dengan menambahkan dekorasi yang mempunyai nilai emosional merupakan salah satu cara agar kita nyama berlama – lama di depan komputer. Pajangan kecil, frame foto keluarga, atau tanaman kecil dapat membuat meja kamu lebih berwarna. dekorasi ini dapat membuat kamu tetap bersemangat ketika bekerja dan membuat meja kamu tetap bersih. Kebersihan memang tanggung jawab setiap orang, untuk menjaga tempat kerja tetap bersih, rapi dan teratur sehingga aman dan nyaman untuk melakukan pekerjaan.

Sekarang kamu sudah tahukan bagaimana cara yang efektif menjaga kebersihan meja kerja kamu sendiri agar nyaman, aman, dan berproduktif. Jadi, kamu mau mulai dari nomor berapa nih?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply