Wirausaha Muda Mandiri 2019, Sebuah Wadah Kreasi Bisnis Anak Muda

Dulu, dunia bisnis didominasi oleh orang-orang yang sudah matang secara usia dan finansial. Namun, kini seiring dengan perubahan zaman, jumlah anak muda yang berani mengambil risiko untuk berbisnis semakin banyak. Banyaknya jumlah wirausahawan muda menjadi salah satu pendongrak perekonomian Indonesia. Sehingga, perlu adanya perhatian khusus dalam pembinaan anak-anak muda agar mampu mengembangkan bisnis rintisannya.

Program CSR Mandiri

Melihat fenomena tersebut, Bank Mandiri mengadakan kompetisi bisnis dengan nama Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Program tersebut merupakan CSR utama Bank Mandiri yang sudah berjalan sejak tahun 2007. Pelaksanaan program ini merupakan keprihatinan Bank Mandiri atas angka pengangguran di Indonesia, khususnya kalangan muda. Program ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menumbuh kembangkan kewirausahaan di Indonesia yang berfokus pada kalangan generasi muda.

Untuk mencapai hal tersebut, bagi pemenang dalam kompetisi Wirausaha Muda Mandiri akan mendapatkan sebuah penghargaan. Para pemenang akan dijadikan sebagai ikon generasi muda yang sukses berbisnis. Hal ini dilakukan demi menginspirasi generasi-generasi muda lainnya untuk melainkan hal yang sama.

Bukan mendapat penghargaan saja, tetapi juga mendapat pelatihan dan pembinaan serta dukungan kepada alumninya untuk mengembangkan bisnis. Adapun kategori yang dikompetisikan antara lain, wirausaha industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi.

Latar Belakang Wirausaha Muda Mandiri

Sumber: industry.co.id

Melalui program CSR ini, Bank Mandiri sukses melahirkan pengusaha-pengusaha muda baru. Sejak pertama kali digelar pada 2007, lebih dari 36 ribu wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tercatat menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.

Ada beberapa yang melatarbelakangi program Wirausaha Muda Mandiri, di antaranya:

  • Wirausaha/ entrepreneur merupakan elemen penting perekonomian suatu negara dan merupakan salah satu indikator kemajuan ekonomi suatu negara
  • Berkembangnya wirausaha lokal menjadi sarana pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja baru
  • Pertumbuhan kewirausahaan dapat memicu inovasi baru yang dapat dimanfaatkan untuk memeratakan pembangunan serta kesejahteraan
  • Indonesia memiliki surplus demografi di usia produktif yang memiliki potensi untuk dikembangkan
  • Semakin banyak pengusaha yang muncul dan tumbuh akan semakin menguntungkan bagi bisnis perbankan

Waktunya Kamu Unjuk Gigi

Tahun ini, Bank Mandiri kembali menggelar Wirausahawan Muda Mandiri (WMM) untuk yang ke-12 kalinya. Tema Wirausaha Muda Mandiri 2019 adalah “Berani Muda, Berani Berkarya”. Akan ada total hadiah bagi pemenang dalam WMM tahun ini mencapai Rp2 miliar.

Dalam kompetisi ini, akan ada dewan juri Wirausaha Muda Mandiri 2019 yang terdiri dari profesional muda yang berprestasi pada bidangnya seperti Chef Renata, Dimas Djayadiningrat, Nicholas Saputra. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di: bmri.id/wirausahamandiri

Leave a Reply