Persiapkan Hal Ini Sebelum Memulai Wawancara Kerja

Wawancara kerja menjadi sebuah tahapan bagi mereka-mereka yang lulus dari pendidikan dan persiapan sebelum bekerja. Biasanya, orang-orang ini akan disibukkan dengan berbagai undangan interview dari perusahaan yang sudah dilamar. Mulai dari psikotest hingga interview hingga wawancara tatap muka antara pelamar dengan HRD perusahaan.

Akan tetapi, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui apa-apa saja yang mesti dilakukan sebelum memulai tahapan wawancara pekerjaan. Akibatnya, persiapan yang minim ini bisa berdampak pada penolakan pekerjaan. Untuk mengatasinya, maka kamu harus menyiapkan beberapa hal sebelum memulai tahap wawancara. Apa saja? Yuk disimak.

  1. Pahami Posisi Pekerjaan yang Dilamar

    Menulis, Pena, Pria, Tinta, Kertas, Pensil, Tangan

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan kamu mengecek posisi pekerjaan yang sudah kamu apply. Banyak dari mereka yang asal lamar pekerjaan namun tidak tahu job desk dari posisi tersebut. Ketahui apa saja yang mesti kamu kuasai dalam melamar posisi tersebut. Selain itu, pastikan juga kamu sudah memiliki kemampuan dasar dalam bidang yang telah kamu lamar. Jangan sampai kamu sama sekali tidak tahu dengan posisi pekerjaan yang sudah kamu apply tersebut.

  1. Riset Perusahaan

    Penelitian, Riset Opini, Pemungutan Suara, Mengisi

Jika kamu sudah mendapat panggilan dari perusahaan yang sudah dilamar, pastikan kamu harus mengetahui seluk beluk perusahaan tersebut. Apakah sesuai dengan pekerjaan yang kamu impikan? Bagaimana profil perusahaan itu? Apa saja kekurangan dan kelebihan saat bekerja di sana? Apa saja visi dan misi perusahaan itu? Apabila tidak sesuai, lebih baik kamu urungkan niat kamu untuk bekerja di sana, ketimbang menyesal di kemudian hari.

  1. Menyiapkan Pertanyaan

    Pertanyaan, Font, Siapa, Apa, Bagaimana, Mengapa

Wawancara tatap muka tak melulu kamu yang ditanya oleh HRD Perusahaan. Akan ada saatnya di mana kamu akan diberi kesempatan untuk menanyakan hal lain. Oleh sebab itu, riset sebelum melakukan wawancara itu penting. Selain kamu tahu tentang perusahaan tersebut, kamu juga menunjukkan sikap ketertarikan terhadap perusahaan lewat pertanyaan kamu.

  1. Pelajari Etika Wawancara dan Lakukan Simulasi

    Wawancara Kerja, Wawancara, Pekerjaan, Pengusaha

Sebelum memulai wawancara, kamu juga harus mempelajari beberapa etika dalam melakukan interview pekerjaan. Bagaimana sikap kamu dalam menemui pihak perusahaan? Bagaimana penampilan yang pas untuk mendatangi HRD? Sebab kesan pertama menjadi poin penting sebelum mereka menerima kamu sebagai karyawannya.

Selain itu, pastikan kamu juga melakukan simulasi wawancara. Cobalah berlatih sendiri di depan cermin. Kalau perlu, kamu juga bisa menanyakan kepada beberapa teman yang sudah lebih dulu melakukan wawancara kerja. Dari sana, kamu bisa belajar dari pengalaman mereka dan tidak mengulangi kesalahan tersebut.

  1. Jangan Telat

    Jam Pasir, Waktu, Jam, Telur Timer, Jumlah Waktu, Kaca

Hal ini menjadi poin penting sebelum melakukan interview pekerjaan. Pastikan kamu jangan telat dari jadwal yang sudah ditentukan oleh HRD perusahaan. Sebisa mungkin, kamu harus sudah di lokasi 30 menit sebelum waktu wawancara. Selain menghindari telat, kamu juga bisa mempersiapkan diri terlebih dulu di sana.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai wawancara kerja. Pastikan tips di atas diterapkan ya. Semoga sukses.

Leave a Reply