Mau Jadi Pengusaha? Hindari Pemikiran Tidak Sehat Ini

Menjadi pengusaha merupakan suatu impian mulia. Yang mana tidak hanya menjadikan pribadi lebih kreatif dan produktif tetapi juga membantu taraf perekonomian di daerahnya. Namun, dalam perjalanan menjadi seorang pengusaha tidak sedikit anda akan menemui kegagalan. Bahkan bisa dikatakan kegagalan adalah makanan wajib bagi para pengusaha untuk mencapai tangga kesuksesannya.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kegagalan tersebut. Sebut saja faktor internal maupun faktor eksternal. Pribadi maupun orang lain. Bisa juga faktor kegagalan tersebut berasal dari lingkungan.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha sebaiknya kamu mulai dan harus menghindari beberapa pemikiran tidak sehat ini yuk.

Mau Jadi Pengusaha? Hindari Pemikiran Tidak Sehat Ini

1. Tidak jujur

unsplash

Kejujuran merupakan sebuah landasan utama dalam sikap dan kepribadian seseorang. Bagaimanalah seorang pengusaha akan sukses jika dalam dirinya tidak ditanamkan kejujuran. Tidak hanya menipu diri sendiri, jika tidak jujur maka pelanggan akan beralih kepada produk atau jasa lain yang lebih jujur dalam pelayanannya.

2. Berfikiran negatif

Dalam membangun sebuah usaha, fikiran kamu harus selalu dibarengi dengan fikiran-fikran dan perkataan yang positif. Jangan berfikiran negatif jika kamu belum mencobanya. Jangan sampai ada fikiran bahwa “aku tidak akan bisa”. Bersamaan dengan fikiran yang selalu positif anda akan lebih banyak menghasilkan karya dlam usaha anda.

3. Tidak membuat rencana

unsplash

Dalam memulai bisnis, kamu harus memulainya dengan rencana. Seperti misalnya bisnis apa yang akan kamu bangun, produk atau jasa apa yang akan kamu kembangkan, dan tentukan target pasar dalam penjualan kamu. Jika kamu memulai bisnis tanpa sebuah rencana yang matang, maka kamu akan mengalami kesulitan ditengah jalan. Karena rencana merupakan sebuah modal utama dan yang akan menentukan bagaimana kelanjutan bisnis kamu di kemudian hari.

4. Keraguan

Berbicara tentang bisnis adalah berbicara tentang mereka yang berani mengambil resiko dan mengabaikan keraguan yang terus mengelilingi mereka. Mulailah dan maju untuk berbisnis. Karena jika kamu terus menuruti keraguan kamu, kapan kamu akan memulainya?

5. Menyerah setelah kegagalan pertama

unsplash

Kegagalan merupakan sebuah hal biasa dalam memulai bisnis. Bahkan bisa dikatakan kegagalan merupakan sebuah makanan wajib bagi para pebisnis. Kamu harus dapat mengatasi dengan tepat dan jangan menyerah setelah kegagalan pertama. Karena, kebanyakan orang akan berfikiran bahwa ketika mereka telah gagal pada percobaan pertama maka yang akan didapatkan seterusnya adalah kegagalan. Nah, pemikiran seperti ini nih yang harus cepat-cepat dihapus bagi kamu yang ingin menjadi seorang pengusaha.

6. Buang gengsi

Menjadi seorang pebisnis pasti dimulai dari hal yang kecil. Apabila dalam memasarkan produk ataupun jasa, kamu masih ada perasaan gengsi maka perasaan tersebut harus dibuang jauh-jauh. Karena gengsi tidak hanya akan merugikan diri kamu sendiri, tetapi juga kamu telah membuang kesempatan dalam memasarkan produk ataupun jasa kamu.

7. Tidak ingin tahu

Menjadi seorang pebisnis dituntut untuk selalu mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Jika kamu tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak up to date terhadap apa yang diinginkan oleh konsumen, maka kamu akan kehilangan kesempatan dalam memasarkan bisnis kamu.

8. Malas

unsplash

Malas menjadi sebuah alasan kenapa bisnis kamu tidak berkembang dan hanya disitu-situ saja. Jika sebelum menjadi pebisnis kamu adalah pribadi yang malas, maka ubahlah sifat tersebut ketika kamu telah ataupun ingin menjadi pebisnis. Tidak ada seorang pebisnis yang malas atau kamu akan tertinggal.

9. Hanya berharap

unsplash

Dalam menjalankan bisnis, kamu hanya dapat berharap pada Tuhan dan diri kamu sendiri sebagai penggerak bisnis kamu. Tidak aka nada sesuatu yang berubah kecuali ada penggeraknya. Dalam bisnis, penggerak bagaimana akan suksesnya kamu, bagaimana pelanggan akan datang adalah diri sendiri. So, ubah pola pikir kamu ya.

Itulah beberapa pemikiran yang harus segera dihapus jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis. Cobalah membaca kisah-kisah sukses para pengusaha muda yang menjadikan masa mudanya lebih bermanfaat dibanding hanya bekerja sebagai pembantu pada perusahaan orang. Dengan membaca kisah sukses para pengusaha akan turut membangun pikiran kamu untuk melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh para pengusaha tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply