Tips Mencari Hotel Murah di Sekitar Tempat Wisata

Menghabiskan waktu liburan dan pergi ke daerah wisata adalah suatu hal yang banyak dilakukan para penikmat wisata liburan. Selain tempat wisata yang begitu banyak dicari, tempat singgah untuk sejenak beristirahat di daerah tempat wisata juga tidak kalah penting untuk dipilih. Bagi sebagian orang yang punya kantong tebal, memilih hotel yang diinginkan dengan berbagai fasilitas yang memadai mungkin tidak menjadi masalah. Namun akan sulit bagi ia yang hanya punya kantong pas-pasan tapi ingin tempat yang memuaskan. Maka perlu tips agar dapat mencari hotel murah disekitar tempat wisata, caranya adalah sebagi berikut :

1. Anggarkan uang untuk liburan

unsplash

Pentingnya untuk selalu merencanakan keuangan apabila ingin melakukan sebuah kegiatan. Contohnya seperti berwisata di hari libur yang terkadang tanpa sadar saat kita asyik berlibur tanpa merencakan keuangan, bisa saja tiba-tiba uang yang keluar melebihi batas yang diperkirakan. Maka pentingnya untuk menganggarkan, akan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan, berapa untuk transportasi, makan dan menginap.
Apabila telah kita ketahui budget yang kita punya untuk tempat menginap seperti hotel atau semisalnya, barulah melakukan pencarian selanjutnya yaitu menacari hotel yang sesuai dengan budget yang telah dianggarkan.

2. Booking di hari weekdays

unsplash

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa harga pada weekdays akan jauh lebih murah daripada weekend. Harga hotelpun pada saat weekend cenderung lebih mahal karena biasanya waktu weekend orang banyak berlibur dan membutuhkan tempat menginap. Itulah cara pebisnis yang mempunyai marketing yang bagus, memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapat untung berlimpah.

Namun jangan khawatir, biasanya fasilitas hotel yang ditawarkan tidak jauh beda dengan weekdays. Maka untuk menghemat anggaran dan agar sesuai budget yang telah dianggarkan, kita bisa memilih membooking hotel dihari weekdays.

3. Booking dari jauh hari

unsplash

Selain membooking hotel di hari weekdays, membooking hotel saat dari jauh hari juga bisa menguntungkan sendiri. Karena biasanya harga hotel yang telah dipesan saat jauh hari akan cenderung lebih murah daripada mendekati hari liburan. Apalagi kita bisa memilih dengan pilihan tempat yang jauh lebih banyak, karena memang belum banyak orang yang pesan.

Maka hal tersebut akan memudahkan kita untuk memilih hotel ditempat yang diinginkan dan dengan harga yang murah fasilitaspun sama baiknya. Namun berarti dibutuhkan perencanaan waktu yang matang agar saat semua telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan.

4. Booking lewat langganan aplikasi online

unsplash

Di zaman millenial seperti sekarang ini apapun serba instan, bahkan pesan hotel sekalipun tinggal menggunakan si handphone pintar yaitu smartphone kita bisa memesan hotel yang kita sukai tanpa harus survey ke tempat tujuan dengan membutuhkan waktu lebih banyak lagi. Tinggal download aplikasi lewat smartphone dan mulai langganan memakai satu aplikasi tersebut agar nantinya kita bisa jadi pelanggan setia.

Biasanya akan ada banyak promo menarik yang diberikan oleh aplikasi kepada pelanggan setia yang memakai aplikasi tersebut. Maka pastikan, untuk selalu berlangganan dan setia pada satu aplikasi yang memberikan servis terbaiknya. Hingga pada akhirnya kita bisa mendapatkan hotel murah yang diinginkan dengan berbagai bonus menarik, voucher diskon hingga promo menarik lainnya.

5. Pilih hotel yang tidak terlalu dekat dengan wisata

unsplash

Jarak antara tempat wisata dengan hotel juga akan mempengaruhi harga sebuah hotel. Oleh sebab itu, jika ingin mencari hotel yang murah dan sesuai kantong, kita bisa menyesuaikan dengan memilih hotel yang tidak terlalu dekat dengan tempat wista, namun juga tidak terlalu jauh.

Misalnya memilih hotel yang dekat dengan perkampungan warga dengan pemandangan sekitar yang cukup menarik dan jarak yang ditempuh mudah. Hanya dengan sekali naik transportasi umum, atau bahkan bisa dengan jalan kaki sembari melihat keadaan alam sekitar tempat wisata sekaligus berburu oleh-oleh khas daerah tempat wisata.

Dari 5 tips singkat yang telah dipaparkan tadi, semoga bisa dimanfaatkan bagi para penikmat liburan dengan budget yang pas-pasan agar bisa mendapatkan hotel murah yang diharapkan. Semoga liburannya bermanfaat, tidak hanya membuang uang yang dirasa efeknya namun juga rasa kebahagiaan hidup dan semangat menjalani kehidupan kembali setelahnya semoga bisa lebih semangat daripada biasanya. Happy holiday and praise to God for every single day.

Leave a Reply