Cara Mengatasi Kerja Shift

Terkadang ada sebagian dari kita yang tetap berkativitas dimalam hari karena tuntutan pekerjaan. Apalagi bagi sebagian pegawai baru yang mendapatkan jadwal shift malam menjadi kekhawatiran sendiri karena harus mengubah kebiasaan yang biasanya tidur diwaktu malam namun pada saat tersebut ia harus tetap dijaga staminanya untuk bekerja dan tidak tidur pada waktu dimana kebanyakan manusia beristirahat. Maka diperlukan cara agar tetap fit dalam kerja shift, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Pola Makan

unsplash

Makan menjadi kebutuhan primer setiap manusia apalagi Indonesia dengan makanan pokoknya berupa nasi. Maka tak heran jika di Indonesia, ia bisa disebut makan apabila telah makan nasi, bukan makanan lain meski terkadang makanan yang dikonsumsi selain nasi telah dikonsumsi dengan begitu banyak porsi.

Namun bagi pekerja shift yang mendapatkan shift kerja malam, maka tidak dianjurkan makan nasi atau makanan berat dalam jangka waktu mendekati kerja shift malam. Karena apabila kita terlalu kekenyangan, maka bisa dipastikan rasa ngantuk akan menghantui kita. Lebih baik makan makanan yang lebih sehat, seperti buah, sayur, salad dan makanan sehat lainnya.

2. Menjaga Pola Tidur

unsplash

Karena orang yang bekerja shift malam akan mempunyai jadwal tidur yang berbeda dari sebagian banyak orang, maka perlunya mengatur pola tidur di saat pagi hingga siang hari. Misalnya dengan tidur siang hari sebelum dzuhur, hingga menjadwalkan punya waktu khusus sebelum berangkat kerja untuk tidur terlebih dahulu agar tetap kuat terjaga meski dimalam hari. Namun batasi juga waktu tidurnya jangan sampai berlebihan karena, sesutau yang berlebihan itu tidak baik.

3. Atur Pencahayaan

unsplash

Saat kita mencoba untuk tidur pada waktu kebanyakan orang beraktivitas dan beraktivitas dimana saat kebanyakan orang tidur. Maka baiknya kita atur pencahayaan diruangan agar tidur kita lebih efektif. Usahakan matikan lampu meski saat tidur siang, karena kita telah mengeluarkan banyak energi di malam hari. Maka pencahayaan yang gelap dibutuhkan agar saat kita tidur, hormon melatonin atau hormon tidur yang diproduksi diwaktu malam, saat kita tidur disiang hari ia bisa diproduksi oleh tubuh juga. Sehingga tidur kita berkualitas, nyenyak dan baik untuk tubuh.

4. Batasi Konsumsi Kopi

unspalsh

Bagi sebagian orang, mengatasi rasa kantuk biasa diatasi dengan mengkonsumsi kopi. Namun bahaya mengkonsumsi kopi secara berlebihan tidak baik untuk tubuh. Apalagi kopi mengandung kafein yang apabila banyak berada didalam tubuh dapat menyebabkan ketergantungan. Tubuh akan merasa pusing dikepala apabila tidak mengkonsumsi kopi pada waktu yang biasanya mengkonsumsi kopi. Maka pada akhirnya tubuh harus terus minum kopi setiap harinya, dan hal tersebut untuk menghilangkan ketergantungannya tidak bisa mendadak langsung tidak mengkonsumsi kopi, perlu waktu yang cukup lama apabila kita sudah ketergantungan dengan kopi.

Usahakan mengganti minum kopi dengan minum air mineral saja. Karena air mineral atau air putih bagus dikonsumsi untuk tubuh. Dapat menetralisir racun-racun yang membandel didalam tubuh. Namun apabila tetap harus mengkonsumsi kopi, usahakan minum kopi dalam gelas kecil. Usahakan juga minum air putih 2 gelas sebelum dan sesudah mengkonsumsi kopi. Agar racun-racun yang terbawa oleh minuman berwarna tadi dapat dinetralisir oleh air putih yang lebih banyak dikonsumsi daripada kopi.

5. Jadwalkan Waktu Berolahraga

unspalsh

Sesibuk apapun aktivitas kita, pentingnya untuk selalu berolahraga agar tubuh tetap fit dan sehat meski mempunyai jadwal tidur yang tidak biasanya. Bisa melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil dipagi hari hingga mempunyai jadwal olahraga rutin bersama teman kerja misalnya atau bersama keluarga. Agar waktu yang ada bisa dimanfaatkan sekaligus untuk berolahraga juga untuk berkumpul bersama keluarga. Karena jangan sampai sibuknya kita mencari nafkah diluar, hingga melupakan orang terdekat kita didalam.

6. Jadwalkan Waktu Liburan

unsplash

Manfaatkanlah waktu liburan dengan istirahat bersama orang terkasih. Hari libur biasanya dipakai untuk bersantai di rumah, namun cobalah untuk keluar berwisata mencari suasana baru yang menenangkan dan beri reward kepada diri atas segala pengorbanan demi mendapatkan penghasilan. Berlibur kepantai misalnya dengan memandangi dan meresapi suasana pantai yang biasanya sejuk dan damai dapat membuat stress hilang. Agar saat kita kembali beraktivitas bekerja, semangat yang ada telah diperbaharui dan lebih semangat daripada biasanya.

Itulah beberapa tips cara mengatasi kerja shift agar tetap fit meski saat dimalam hari. Sesungguhnya sedekah kepada keluarga dengan cara mencari nafkah, itulah sedekah yang paling utama. Maka bekerjalah dengan sepenuh hati, karena sungguh hasil tidak akan pernah jauh dari usaha.

Leave a Reply