9 Negara yang Bahaya Dikunjungi Solo Traveler Perempuan

Keindahan alam dan keunikan budaya bukan hanya yang menjadi pertimbangan saat traveling. Keamanan di negara destinasi juga sangat penting diperhatikan, apalagi jika kamu perempuan dan berencana bepergian sendirian. Ancaman seperti pelecehan seksual, penculikan, atau catcalling mengintaimu bahkan di tempat-tempat umum.

Agar kamu lebih berhati-hati, negara mana saja sih yang bahaya dikunjungi solo traveler perempuan, yuk simak!

  1. Mesir

    Pyramids, Egypt, Egyptian, Ancient, Desert, Giza

Aktivitas ISIS yang mengklaim bertanggung jawab atas beberapa ledakan di Provinsi Sinai membuat Mesir belum aman dikunjungi semua traveler. Hal itu disebabkan ancaman pelecehan yang lebih sering menyerang perempuan yang berpergian sendiri, daripada saat ditemani laki-laki. Ancaman itu juga dialami oleh perempuan lokal tentunya. Jadi, apabila kamu terpaksa atau sangat ingin traveling ke Mesir, kamu sebaiknya bepergian dalam rombongan.

  1. India

    Taj Mahal, India, Building, Misty, Mist, People

Memang banyak sekali wisata di negeri Bollywood ini, dengan Taj Mahal yang jadi primadonanya. Akan tetapi, pikirkanlah jika kamu mau traveling sendirian ke sana. Sejak dulu India dikenal tidak aman bagi traveler perempuan, alasannya karena tingginya kasus pelecehan seksual di sana.

Banyaknya kasus perkosaan dan kekerasan di jalanan akan membuat was was. Selain itu scam atau penipuan ada di mana-mana, terlebih tempat wisata. Belum ke India kalau kamu belum kena scam. Selain itu, joroknya sebagian warga India bakal bikin kamu pusing dan muntah.

  1. Meksiko

    Tucumcari, New Mexico, Motel, Car, Old, Automobile

Pesona alam dan budaya Negara Meksiko membuat banyak turis tertarik mengunjunginya. Seperti Festival Parade Kematian berhasil menarik sekitar 20 juta turis asing tiap tahun. Namun meningkatnya angka kriminal seperti pembunuhan berkelompok, penculikan, perampokan, membuat pemerintah AS mengeluarkan peringatan perjalanan agar tidak mengunjungi daerah Colima, Guerrero, Michoacan, Sinaloa, dan Tamaulipas.

  1. Maroko

    Souk, Discount, Bazaar, Alley, Marktgasse, Load Alley

Ancaman yang mengintai di Maroko memang tidak sebesar tiga negara di atas. Kasus kriminal seperti pencopetan di kawasan objek wisata umum terjadi di sana. Namun menurut review traveler perempuan yang sudah menginjakkan kaki di sana, mereka paling terganggu dengan catcalling.

Mereka merasa tidak aman dengan pandangan tajam laki-laki setempat pada traveler perempuan yang memakai pakaian bergaya Barat. Menjadi semirip mungkin dengan warga setempat adalah cara terbaik menghindari perhatian yang mengganggu.

  1. Kolombia

    Colombia, Bogota, City

Kolombia sudah jauh lebih aman dibandingkan satu dekade lalu. Namun traveler tetap harus waspada dengan kasus perdagangan narkoba dan kekerasan yang masih menjadi perhatian utama pemerintah setempat. Yang patut disayangkan adalah hak-hak perempuan belum diatur dengan baik di sana. Perempuan yang menjadi korban pelecehan tidak begitu mendapat bantuan dari penegakan hukum dan medis.

  1. Filipina

    Night, Candles, Peñaranda, Filipino

Alam Filipina memang tak kalah cantik dari alam Indonesia. Namun serangan ISIS ke Marawi dan konflik di Kepulauan Sulu membuat kamu harus berhati-hati jika berkunjung ke sana.

Palawan atau Boracay adalah surga pariwisata di Filipina. Buat kamu cewek yang solo traveling, nggak masalah sih ke Filipina asalkan jangan ke kawasan rawan konflik seperti di Sulu dan Marawi ya.

  1. Brasil

    People, Soccer, Stadium, Crowd, Audience, Sports, Flag

Brasil punya alam yang indah dan Patung Kristus Sang Penebus yang jadi keajaiban dunia. Tapi negara ini didaulat negara paling berbahaya di dunia. Dilihat dari tingkat kriminalitas jalanan yang membahayakan nyawa dan tingkat pembunuhannya. Kota-kota di Brasil penuh dengan unjuk rasa, kerusuhan, sejumlah aksi kekerasan antar geng, pembunuhan, dan aksi kriminalitas berbahaya lainnya. Serem kan kalau kamu solo traveling ke sana.

  1. Venezuela

    Bridge, General Rafael Urdaneta, Venezuela

Venezuela, negara yang kini sedang krisis dan terancam bangkrut ini sebaiknya kamu coret dalam daftar tujuan liburan kamu. Memang sih ada beberapa wisata keren seperti Angel Falls (air terjun tertinggi dunia) atau hutan Amazon yang sangat memukau. Akan tetapi tingkat kejahatan yang tinggi serta inflasi yang menembus 2600 persen membuat negara ini kian ambruk diterpa krisis.

  1. Kenya

    Nairobi, Kenya, Streets, Matatu, Urban, City, Africa

Kenya punya keindahan alam liar yang memukau. Namun hati-hati kalau berkunjung ke Kenya sendirian, akhir-akhir ini sering terjadi serangan teroris ke ibukota.

Jika kamu membayangkan wisata safari Afrika dengan berbagai binatang liarnya yang eksotis, kamu harus ke Kenya. Tapi sebagai traveler, akan lebih baik kalau kamu ke sana bersama teman atau rombongan. Serangan teroris dan meningkatnya kejahatan di ibukota Nairobi membuat keselamatan traveler jadi taruhan kalau pergi sendirian.

Jadi, lebih aman pergi bersama rombongan kan, dari pada merugikan diri sendiri.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply