Perencanaan Finansial Keluarga yang Sering Dilupakan Oleh Sebagian Pasangan Sebelum Menikah

Setelah berhubungan lama dengan pasangan dan merasa sudah cocok, hingga akhirnya kamu memutuskan untuk menikahinya. Pernikahan tidak hanya sampai di pesta pernikahan, tetapi saat kamu memutuskan menikahinya maka sampai akhir hayat dia akan hidup bersama dirimu.

Hidup bersama berarti kamu juga harus mempertimbangkan semua halnya bersama, termasuk soal finansial. Rumah tangga yang sehat akan berbanding lurus dengan kondisi keuangan keluarga yang sehat. Sehingga dengan begitu, sebaiknya sebelum menikah kita saling terbuka tenang kondisi keuangan satu sama lain. Agar tidak terjadi salah paham nantinya.

pict: pixabay

Kondisi keuangan kamu dan pasangan sangan penting diketahui oleh keduanya, tidak perlu malu untuk membicarakannya, sebab keuangan menjadi salah satu pemicu perceraian lho. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada diri kamu kan.

Agar memudahkan kamu dan pasangan dalam menggali informasi tentang keuangan, berikut ini pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada pasangan tentang keuangan:

Perencanaan Finansial Keluarga Sebelum Menikah

Bagaimana Pengelolaan Penghasilan?

Sebaiknya saat kamu membahas ini, katakanlah dengan sejujurnya dan ajaklah pasangan kamu untuk berkata jujur juga. Meskipun tidak mudah membahas topik ini, apalagi kalau kamu dan pasangan memiliki ketimpangan penghasilan yang cukup tinggi. Namun kamu tetap harus membahasnya agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

Ketika sudah dibicarakan, akan lebih mudah dalam pengalokasiannya. Kamu dan pasangan bisa memutuskan menggabungkan kedua penghasilan untuk dikelola bersama, atau dipisahkan dengan pembagian tanggung jawab atas kebutuhan bersama.

Bagaimana Penyusunan Anggaran Setelah Menikah Nanti?

Penyusunan angaran rumah tangga setelah menikah sangatlah perlu dibahas sebelum menikah. Sebab kamu dan pasangan pasti memiliki perbedaan tentang cara pengelolan uang. Sehingga jika sudah mendiskusikannya nantinya tidak akan lagi kaget dengan perbedaan ini. Kamu akan jauh lebih siap menjalani kehidupan berumah tangga.

Siapa Yang Akan Menjadi Bendaharanya?

Setelah menyusun anggaran rumah tangga, sebaiknya mendiskusikan peran bendahara dalam rumah sangatlah diperlukan. Hal ini untuk mengontrol pengeluaran yang sudah direncanakan berdua. Agar tidak terjadi pengeluaran yang tidak produktif dan bermanfaat untuk kalian berdua.

Biasanya memang yang menjadi bendahara adalah perempuan. Tetapi saat ini tidak jarang pria pun ikut mengambil peran ini ditengah kehidupannya mencari nafkah. Jadi sebelum menikah sebaiknya hal ini harus didiskusikan yah, agar rencana keuangan tidak meleset dan mencegah pemborosan.

Tentukan Financial Goals Bersama Pasangan Kamu!

Diskusikan juga tentang financial goals sebelum menikah agar kehidupan kamu dan pasangan tidak datar begitu saja. Secara manusiawi setiap orang pasti memiliki keinginan yang harus ditunjang dengan finansial yang cukup. Nah menentukan finansial goals ini agar kamu dan pasangan bisa termotivasi dalam meningkatkan dan mencari nafkah.

Tentukan Jumlah Dana Investasi dan Tabungan!

Setelah menikah pastiinya kamu akan memiliki anak yang artinya kebutuhan dan pengeluaran akan semakin bertambah. Nah lebih bijak jika sudah mendiskusikan tentang dana investasi dan tabungan yang akan disisihkan untuk mengatasi pengeluaran tak terduga di masa mendatang dan juga sebagai biaya hari tua nanti.

Diskusikan Soal Pendidikan Lanjutan Kamu Dan Pasangan

Saat ini mungkin kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Atau mungkin juga mengambil sertifikasi skill yang sesuai dengan bidang pekerjaan kamu. Namaun belum bisa terlaksana karena memutuskan segera menikah.

Sebaiknya hal Ini didiskusikan sebelum menikah, tanyakan kepada pasangan apakah dia juga akan melanjutkan pendidikan. Jika iya, maka kalian bisa mendiskusikannya dan memasukan kedalam financial goals. Dengan begitu, bisa diatasi secara bersama-sama.

Tentukan Kapan Mau Punya Anak?

Mendiskuiskan soal anak sebelum menikah juga sangat baik untuk perjalanan kehidupan rumah tangga kedepannya. Tujuan menikah salah satunya adalah menciptakan keturunan penerus dari keluarga kita. Maka untuk urusan anak sangatlah penting dibahas oleh kamu dan pasangan.

Sebaiknya sedini mungkin menentukan kapan siap memiliki anak, setelah menentukan jangan lupa mempersiapkannya jug seperti pemahaman tentang cara mendidik anak dan juga hal lainnya tentang anak. Jangan menunda terlalu lama untuk program memiliki anak, sebab kematangan sel telur dan sel sperma akan menurun seiring dengan bertambahnya umur.

Uang Bulanan Orang Tua?

pict: pixabay

Uang bulanan untuk orang tua juga sebaiknya didiskusikan sebelum menikah dengan pasangan. Sebab ada juga pasangan yang bercerai karena tidak adanya keterbukan tentang pemberian uang bulanan kepada orang tua. Sehingga salah satu pihak merasa tidak diperhatikan atau merasa iri dengan perlakukan yang telah diperbuat.

Jika memiliki penghasilan lebih, tidak ada salahnya memberikan uang bulanan kepada orang tua dan juga mertua. Agar hubungan kamu, pasangan dan keluarga makin harmonis.

Setelah Pensiun Mau Ngapain?

Nahh, memang masa pensiun masih lama sekali datangnya. Tetapi tidak ada salahnya sudah mendiskuisikan ini sejak dini bahkan saat sebelum menikah. Agar kita memiliki semangat dalam menjalani hari demi hari untuk mempersiapkan bekal di hari tua nanti. Jika telat mempersiapkan hari tua, maka bersiaplah untuk terus berusaha mencari penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hari tua.

Semoga pembahasan tentang perencanaan finansial sebelum menikah, semoga dengan membacanya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada masa yang akan datang.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply