5 Strategi Bagi Pemilik Gaji UMR Untuk Liburan ke Luar Negri

Liburan merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang, apalagi jika objek liburan adalah luar negri. Menjadi turis, menikmati pemandangan yang pasti berbeda dari dalam negri, dan juga mencoba kuliner yang tidak ada di Indonesia. Membayangkannya saja sudah membuat “ngiler” bukan ? Namun, demi mendapatkan liburan ke luar negri yang menjadi impian untuk semua orang tentu tidak murah. Banyak biaya yang harus dikeluarkan, seperti biaya untuk tiket pesawat, penginapan, makan dan juga biaya tak terduga lainnya. Mengeluarkan biaya yang besar, maka tidak salah jika liburan ke luar negri identik dengan liburan bagi kaum-kaum berduit saja.

Lalu bagaimana dengan orang yang hanya memiliki gaji pas-pasan sebatas UMR? Apa mereka tidak bisa menikmati dan merasakan liburan di luar negri? Jangan sedih, orang-orang biasa yang hanya memiliki pendapatan pas-pasan sebatas UMR pun juga bisa loh untuk liburan ke luar negri. Mau tau cara dan strateginya? Cek di bawah ini ya !!

Strategi Bagi Pemilik Gaji UMR Untuk Liburan ke Luar Negri

1. Tetapkan Target

unsplash

Tetapkan target liburanmu dengan menargetkan negara mana yang akan kamu kunjungi. Susunlah target dengan matang, dan jangan pernah memaksamakan kehendak. Karena dengan budget pas-pasan, maka awalilah perjalanan liburanmu dengan mengunjungi negara-negara terdekat. Seperti Thailand, Malaysia ataupun Singapura yang tidak akan menghabiskan anggaran yang terlalu besar. Ingat target harus realistis, jika belum ada budget yang banyak maka mulailah ari target yang sederhana. Hitung-hitung pemanasan sebelum liburan ke negara yang lebih jauh.

2. Tetapkan Anggaran

unsplash

Hal kedua yang bisa lakukan untuk dapat menikmati liburan ke luar negri dengan budget pas-pasan adalah dengan menetapkan anggaran. Jangan lupa membuat rincian anggaran yang nantinya akan kita gunakan seperti anggaran untuk transportasi baik tiket pesawat ataupun akomodasi saat kita mengunjungi tempat wisata yang ada di negara tersebut. Selanjutnya, anggaran untuk penginapan dan juga anggaran untuk makan kita saat disana. Sebisa mungkin rincikan anggaran secara realistis dengan melihat referensi dari internet.

3. Nabung Jangan Lupa

unsplash

Untuk memenuhi rincian anggaran yang telah kita rencanakan demi terlaksananya liburan yang diimpikan, maka mulailah untuk menabung. Dengan gaji pas-pasan, menabung adalah solusi terbaik untuk mengumpulkan uang demi liburan ke luar negri. Pos-poskan setiap pemasukan yang ada ke dalam pos-pos pengeluaran yang kita miliki. Lakukan pembagian pos ini dengan secara detail dan lakukan perhitungan secara teliti. Jangan sampai demi liburan kita mengorbankan uang kosan ataupun sampai ga bisa makan setelahnya hehehe.

4. Mari Berhemat

unsplash

Hemat adalah pangkal kaya, dan dengan kaya kita dapat liburan ke luar negri. Itu artinya dengan berhemat kita dapat mengumpulkan uang lebih untuk merealisasikan liburan yang diimpikan. Hemat disini bukan berarti kamu tidak membayar kosan ataupun mengurangi jatah makan yang tadinya 3 kali menjadi sekali ya. Tapi kamu bisa memotong anggaran-anggaran yang sekiranya dapat dipangkas, sepertinya yang biasanya selalu makan di restoran, dengan agenda berhemat kamu dapat mencoba makan di warteg ataupun tempat makan biasa. Lalu yang awalnya sering nge-mall untuk jalan-jalan dapat diganti dengan kegiatan lain yang tidak akan mengeluarkan biaya, seperti menonton TV. Serta menunda hal-hal yang sekiranya belum prioritas untuk dibeli, kepada yang lebih prioritas. Dengan melakukan hal tersebut, kita dapat mengumpulkan uang lebih banyak dan cepat untuk melaksanakan impian liburan di luar negri yang diinginkan.

5. Jangan Sendiri, Ajak Temanmu

unsplash

Liburan ramai-ramai bersama teman-teman akan lebih murah jika dibandingkan dengan liburan sendiri. Karena dengan liburan bersama kita dapat berbagi pengeluaran yang ada. Selain itu juga, di musim liburan biasanya akan banyak promo buy 1 get 1 free, yang artinya kita hanya harus mengeluarkan separuh bayaran dan kita sudah mendapatkan hal yang diinginkan. Biasanya promo-promo ini banyak ditemukan pada makanan, sehingga anggaran untuk makan pun bisa lebih rendah dibanding saat travel sendiri. Selain itu, travelling bersama-sama juga memberikan rasa aman terutama bagi kamu yang perempuan.

Jadi 5 strategi ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki gaji pas-pasan atau bisa disebut dengan gaji mentok UMR untuk bisa berlibur ke luar negri. Maka selamat menerapkan strategi-strategi di atas ya.

Leave a Reply