5 Cara Mendapatkan Modal dengan Efektif

Kamu tertarik dengan dunia entrepreneuer dan ingin memulai suatu usaha? Salah satu hal utama yang dipikirkan saat memulai suatu bisnis adalah modal. Kamu ingin mendapatkan modal tetapi tidak ingin meminjam di bank? Berikut adalah 5 cara mendapatkan modal dengan efektif tanpa meminjam ke bank:

  1. Memakai uang tabungan

Salah satu sumber termudah dan teraman untuk modal usaha adalah uang pribadimu. Jika kamu mempunyai tabungan, kamu dapat memakai uang tabungan tersebut. Selain mudah, memakai uang tabungan sangat aman karena bebas risiko. Dengan menggunakan uang tabungan, kamu tidak akan terbeban berat karena apabila bisnismu belum balik modal, kamu tidak perlu kebingungan mencari cara untuk mencari uang. Berbeda dengan apabila kamu meminjam, kamu harus melunasi hutang tersebut sebelum jatuh tempo. Selain itu, kamu juga tidak perlu membayar bunga pinjaman.

  1. Meminjam kepada keluarga atau teman

Apabila kamu tidak mempunyai tabungan atau tabungan tidak cukup banyak untuk modal usaha, kamu dapat meminjam uang pada sanak keluarga atau teman terdekat. Selain waktu yang lebih fleksibel, meminjam uang dari orang terdekat juga biasanya tidak dikenakan bunga. Tetapi kekurangannya adalah kamu tidak bisa meminjam terlalu banyak.

  1. Menjual barang yang sudah tak terpakai

Lihatlah barang-barang di rumahmu. Catat daftar barang-barang yang dapat dijual. Dari daftar tersebut, pilihlah barang yang paling jarang digunakan tetapi memiliki nilai jual yang tinggi. Barang-barang seperti pakaian dan aksesorismu pun dapat kamu jual melalui garage sale. Barang-barang lainnya pun dapat kamu jual melalui situs website yang memfasilitasi jual-beli barang bekas seperti jualo.com, prelo.co.id, gudangbabe.com dan olx.co.id

  1. Meminjam uang di pegadaian

Masih enggan untuk menjual barang-barang berhargamu? Memang menjual barang-barang yang sudah lama dimiliki sangat berat rasanya. Apabila kamu merasa begitu, kamu tidak perlu menjual barang-barang berhargamu kok, kamu cukup ‘menaruh’nya di pegadaian. Menggadaikan barang di pegadaian cukup aman, prosesnya cepat dan bunganya lebih kecil dibandingkan dengan bunga meminjam di bank. Ketika sudah mau jatuh tempo, jangan lupa tebus kembali barangmu ya. Masih belum punya uang pada saat jatuh tempo? Tenang, kamu masih bisa memperpanjang waktunya kok.

  1. Patungan bersama teman

Apabila ada keluarga atau teman yang juga ingin membuka usaha, tidak ada salahnya untuk membangun usaha bersama. Karena selain modal yang dibutuhkan dapat ditanggung bersama, apabila mengalami masalah juga ditanggung bersama termasuk apabila terjadi kerugian, kerugian akan ditanggung bersama. Tetapi jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis soal pembagian hasil antara kamu dan partner bisnismu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan dana untuk modal usaha tanpa harus meminjam uang di bank.

Leave a Reply