Inilah 5 Jenis Tabungan yang Harus Dimiliki di Usia Muda

Pernah berpikir gak sih gimana kehidupan setelah 10-20 tahun kedepan. Bagaimana membiayai hidup yang kian hari harga-harga banyak yang melambung tinggi. Lalu bagaimana agar bisa tetap nyaman melewati hari tanpa takut tidak ada simpanan untuk hari nanti. Solusinya adalah dengan menabung. Ya, menabung memang harus dibiasakan sejak dini. Maka setiap kita pasti pernah merasakan sejak saat masih di sekolah dasar diajarkan untuk gemar menabung. Nominal uang yang ditabung tidak banyak memang, namun kebiasaan baik yang ditanamkan sejak kecil itulah yang memiliki nilai yang sangat tinggi.

Maka ayo mari kita bangun kebiasaan baik yang mungkin sebagian dari kita lupa, akan pentingnya untuk menabung itu. Kira-kira apa nih tabungan yang harus kita punya? Daripada bingung, mending kita bahas saja, ada 5 rekomendasi tabungan untuk kamu para pemuda agar bisa tenang melewati hari di tahun-tahun yang akan datang.

5 Jenis Tabungan yang Harus Dimiliki di Usia Muda

1. Tabungan Pendidikan

Semakin hari pendidikan kian banyak diperhatikan oleh masyarakat luas. Namun pendidikan yang bagus juga didukung oleh fasilitas yang memadai. Maka hal itu membuat harga untuk masuk ke sekolah atau jenjang pendidikan yang tinggi sebanding dengan harga yang harus dibayar. Oleh sebab itu, pentingnya kita untuk mulai menabung agar bisa menikmati pendidikan yang layak di hari esok kelak.
Meski sudah banyak beasiswa diluar sana yang menawarkan agar bisa melanjutkan pendidikan dengan gratis. Namun tidak ada salahnya kita juga tetap menabung untuk masa pendidikan kedepannya. Karena pendidikan tidak hanya ada di sekolah formal biasa saja. Apalagi zaman sekarang skill menjadi yang ditekankan apabila nanti melamar pekerjaan. Maka kita bisa menggunakan tabungan pendidikan ini untuk mengembangkan skill yang ada. Bisa dengan mengikuti kursus bahasa, ataupun kemampuan yang lainnya.

2. Tabungan Pernikahan

unsplash

Menggenapkan agama dengan menikah, menjadi impian setiap insan. Selain bernilai ibadah, menikah juga dapat menghindarkan diri dari maksiat. Maka persiapkanlah pernikahan mulai dari jauh-jauh hari. Selain menyiapkan diri yang lebih utama agar bisa bersanding dengan yang pantas sesuai diri kita, juga jangan lupa untuk mempersiapkan anggarannya.

Kita bisa mulai merancang konsep pernikahan dari sekarang, apakah mau indoor atau outdoor. Apakah mau konsep pernikahan sederhana namun elegan, ataukah ingin yang mewah dan mempesona. Rancanglah kira-kira seperti apa konsep yang diinginkan, setelaah itu mulai memperkirakan berapa bujet yang dibutuhkan kemudian dibagi dengan berapa lama lagi target akan menikah. Lalu hitunglah kira-kira sehari atau seminggu atau bahkan sebulan, sudah harus ada berapa uang yang sudah ditabung. Istiqomahlah agar konsep pernikahan yang indah nan berkah bisa tercapai dengan indah.

3. Tabungan Liburan

unsplash

Menikmati indahnya liburan dengan orang terkasih, pasti diimpikan setiap manusia. Apalagi Indonesia dengan iklim tropisnya mempunyai keindahan alam yang sungguh luar biasa. Ditambah banyaknya travel yang menyediakan kemudahan untuk berlibur membuat liburan yang diimpikan lebih mudah diwujudkan.
Musim liburanpun sudah mulai terlihat dalam waktu dekat ini. Jadi harus banget kamu menyisihkan pemasukanmu untuk refreshing nanti saat waktu libur telah tiba. Jangan lupa untuk cek travel penyedia jasa liburan yang biasanya menyediakan diskon menarik setiap momentnya.

4. Tabungan Tidak Terduga

unsplash

Banyak hal telah dipersiapkan dengan matang namun akhirnya malah tak sesuai ekspetasi. Memang yah, manusia hanya bisa merencanakan namun perencana terbaik adalah Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, kita harus punya yang namanya tabungan tidak terduga. Agar saat ada hal yang tidak diinginkan terjadi dan mestimengeluarkan biaya yang cukup banyak, kita sudah punya simpanan khusus yang memang dipakai untuk hal yang tidak terduga itu.
Jangan sampai, akhirnya kita malah memakai tabungan yang lain yang nantinya malah menyebabkan gali lubang tutup lubang gegara kita tidak disiplin dalam manajemen keuangan. Jadi ayo, mulai dari sekarang kita sisihkan uang untuk menabung di tabungan tidak terduga itu yah.

5. Tabungan Akhirat

unsplash

Banyak orang berlomba-lomba mengumpulkan harta sebanyak mungkin. Tapi sedikt orang yang menabung untuk akhiratnya. Padahal, tempat yang paling sejati adalah kampung akhirat. Bukan dunia yang sementara dan sifatnya melenakan ini. Tabungan akhirat adalah solusi, agar kebahagiaan hidup di dunia dan tentunya diakhirat dapat dirasakan dengan seimbang.
Sedekah, adalah tabungan untuk akhirat yang harus diprioritaskan. Selain manfaat di dunia yaitu membuat kita peka terhadap sekitar juga pahala yang banyak menanti diakhirat nanti. Maka sedekah adalah investasi jangka panjang yang harus diprioritaskan. Karena apa yang kita beri, itulah nanti yang kita tuai. Jangan lupa sedekah yah.

Itulah 5 rekomendasi tabungan yang musti dimiliki saat masih muda. Menabunglah secara konsisten, sedikit namun berkelanjutan. Karena yang penting adalah manajemen yang baik yang dapat menghasilkan perubahan yang signifikan. Selamat menabung, semoga selamat di dunia dan di akhirat.

Leave a Reply