Memasuki Masa Pensiun? Siapa Takut!

Pensiun adalah sebuah fase hidup yang akan dialami oleh semua orang. Biasanya, pegawai atau karyawan akan mulai memasuki masa pensiun ketika memasuki usia 55 tahun. Di masa inilah, tubuh juga sudah lelah dan memang sudah waktunya untuk istirahat di rumah.

Namun kebanyakan orang malah takut ketika hendak memasuki masa pensiun. Sebab, banyak dari mereka yang tidak siap dengan fase ini. Entah karena keuangan, karena kondisi, bahkan karena tidak adanya persiapan untuk menghadapi masa pensiun. Oleh karenanya, untuk kamu para pembaca artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk memasuki masa pensiun sekaligus mengelola dananya. Yuk simak di bawah!

  1. Usahakan Menabung Berapapun Jumlahnya

Terkadang saat di usia produktif, kita seringkali kalap saat mendapatkan gaji dari atasan. Alangkah senangnya jika kamu memiliki uang yang banyak dan membeli setiap barang yang kamu inginkan. Ya, siapapun pasti akan mengalami hal ini dan itu memang sudah biasa.

Daripada kamu kalap, lebih baik mulai sekarang kamu sudah menabung sebagian dari penghasilan. Alangkah baiknya nanti jika kamu memiliki tabungan yang sudah dipersiapkan sejak dini. Alhasil ketika memasuki masa pensiun, kamu sudah tidak perlu khawatir karena tidak memiliki uang.

  1. Pakai Uang Sesuai Kebutuhan

Sifat ini harus sudah kamu terapkan sejak kamu tengah berada di usia produktif. Hal ini menjadi penting karena kamu sudah mulai mengatur pemasukan dan pengeluaran yang akan digunakan. Misalkan saja jangan terlalu sering boros dengan teman-temanmu. Atau bisa juga jangan terlalu dermawan lewat seringnya meminjamkan uang. Pakai saja gajimu sesuai dengan kebutuhanmu, baik itu individu, anak, istri, maupun kepada orang tua. Ketika kamu memasuki masa pensiun, kamu sudah tidak kaget lagi ketika pemasukan sudah berhenti.

  1. Tidak Memiliki Investasi

Hal ini sudah lumrah dilakukan oleh para pensiunan yang sudah tidak lagi menerima pemasukan. Saat memasuki masa emas, mereka malah membiarkan gajinya dipakai secara berlebihan. Alangkah baiknya, kamu mulai memerhatikan berbagai peluang investasi sesuai dengan kemampuan kamu. Selain mampu mem-backup dana pemasukan, kamu juga sudah siap ketika memasuki usia pensiun. Siapa tahu, kamu malah mampu menciptakan peluang kerja ketika usia senja.

  1. Periksa Aset yang Sudah Dimiliki

Saat di usia muda, usahakan kamu sudah memiliki beberapa aset yang akan berguna ketika memasuki masa pensiun. Misalkan saja kamu sudah memiliki investasi tanah, rumah, atau kontrakan. Ini bisa kamu jadikan sebagai pemasukan tambahan saat usia kerja. Ketika memasuki pensiun, kamu juga bisa menggunakan aset ini sebagai penghasilan lain di luar gaji. Dengan demikian, kamu tidak akan kaget lagi ketika sudah tidak menerima pemasukan dari atasanmu.

  1. Mempersiapkan Dana Darurat

Kondisi masa depan tidak ada yang tahu. Jika tuhan berkehendak, maka apapun bisa terjadi. Demi mengantisipasi ini, pastikan kamu sudah memiliki dana darurat. Terlebih jika kamu memiliki kebutuhan yang mendesak dan harus segera dituntaskan. Dana ini akan berguna sendiri untuk kamu apabila kamu sedang dalam kondisi krisis keuangan.

Itulah beberapa poin mengenai pengelolaan dana di masa pensiun nanti. Sebelum memasuki masa pensiun, alangkah baiknya kamu memerhatikan berbagai poin-poin di atas. Sebab, penyesalan akan selalu datang belakangan. Jangan sampai kamu gagal dalam menghadapi masa pensiun ya.

Leave a Reply