10 Istilah Asuransi Penting yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Asuransi adalah salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan dewasa ini. Program finansial yang menjadi jaminan hidupmu ini banyak dikeluarkan oleh berbagai institusi keuangan. Programnya pun bermacam-macam, sehingga orang awam seringkali bingung ketika inging memilih asuransi yang cocok.

Sebagai pemula, ada 10 istilah asuransi penting yang perlu kamu ketahui.

1. Premi

Istilah asuransi penting yang paling sering kita dengar adalah premi. Sebenarnya apa sih premi itu? Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya untuk biaya keikutsertaan asuransi. Besarnya premi yang harus dibayarkan tergantung dari jumlah yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi, berdasarkan keadaan, resiko dan benefit yang akan diterima klien.

2. Polis

Istilah Asuransi Penting
via staticflickr.com

Polis adalah perjanjian asuransi yang sudah disepakati bersama. Harus dibuat secara tertulis di dalam suatu akta dari masing-masing pihak. Akta tersebut dinamakan polis yang menjadi tanda  bukti perjanjian dalam pertanggungan.

3. Klaim

Klaim adalah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, untuk pembayaran yang mengacu pada ketentuan perjanjian. Klaim asuransi yang telah diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk dipastikan validitasnya. Jika disetujui maka sejumlah tertentu sesuai perjanjian akan dibayarkan ke pihak yang tertanggung.

4. Masa percobaan

Istilah Asuransi Penting
via pixabay.com

Disebut juga sebagai contestable period, adalah periode dua tahun dimana Penanggung berhak mempertanyakan atau menyelidiki kebenaran informasi/data yang diberikan Tertanggung atau Pemegang Polis dalam surat aplikasi untuk menentukan keputusan selanjutnya atas kontrak polis tersebut.

5. Penangguh

Istilah asuransi penting yang satu ini artinya adalah pihak yang dapat memberikan jasa dalam penanggulangan terhadap resiko musibah yang terjadi pada seseorang yang telah diasuransikan oleh perusahaan asuran jiwa yang merupakan suatu badan hukum milik negara atau badan hukum miliki swasta.

6. Tertangguh

Istilah Asuransi Penting
via pixabay.com

Tertangguh adalah seseorang yang memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi, baik milik swasta ataupun milik Negara. Seseorang yang membeli jasa asuransi dikatakan sebagai pihak tertangguh.

7. Minor

Seseorang yang masih dibawah umur, yaitu di bawah 21 tahun dan belum menikah.

8. Banccassurance

Istilah Asuransi Penting
via pixabay.com

Bancassurance adalah metode distribusi penjualan asuransi dengan menggunakan bank sebagai penyalur. Umumnya metode ini menyasar nasabah bank sebagai target pemasaran. Bancassurance juga mengacu pada perpaduan layanan perbankan dan asuransi dalam satu tempat.

9. Anuitas

Anuitas adalah istilah asuransi penting yang menjelaskan sistem pembayaran periodis yang diberikan perusahaan asuransi kepada pemegang polis anuitas. Anuitas adalah sebutan untuk orang yang usianya dipakai sebagai patokan dalam perhitungan manfaat polis anuitas.

10. Aktuaris

Istilah asuransi penting yang terakhir ini adalah sebutan untuk orang-orang yang secara profesional telah menjalani pelatihan dalam aspek teknis asuransi. Aktuaris mempunyai tanggung jawab untuk memperkirakan berapa besaran dana yang diperlukan dalam bentuk premi atau iuran pensiun untuk pembayaran jangka panjang.


 

Leave a Reply