Wisata Religi dan Alam di Kota Larantuka

Salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Flores. Pulau dengan julukan Nusa Nipa ini memiliki panorama alam yang indah. Terdapat sembilan kabupaten di pulau Flores, diawali dari kabupaten Manggarai Barat sampai kabupaten Flores Timur. Karena keindahan alamnya, pulau Flores dikenal sebagai salah satu objek wisata di Indonesia. Contohnya seperti pulau Komodo, Labuan Bejo dan gunung Kelimutu. Tempat wisata tersebut terletak di Flores bagian barat dan tengah. Di Flores bagian timur ada kota kecil yang memiliki keindahan alam tersembunyi, dan tidak kalah indahnya dengan flores bagian barat dan tengah.

Kota itu bernama Larantuka, kota kecil yang berada di kaki gunung dan berbatasan langsung dengan laut.Larantuka merupakan ibukota dari kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Selain terkenal dengan keindahannya, kota Larantuka terkenal dengan tradisi keagamaannya. Salah satu tradisi keagamaan yang terdapat di Larantuka adalah Semana Santa yaitu pekan suci sebelum perayaan Paskah, yang di isi dengan doa-doa. Tidak hanya umat Katholik yang mengikuti perayaan ini, bahkan wisatawan luar negeri mengunjungi Larantuka untuk mendapat pengalaman rohani. Di Larantuka terdapat kerajaan yang masih berdiri hingga saat ini, yaitu kerajaan Katholik. Tidak hanya ritual keagamaannya saja yang menarik wisatawan, kota kecil ini memiliki destinasi wisata alam yang indah. Berikut destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi di Larantuka:

Wisata Religi dan Alam di Kota Larantuka

1. Pasir Timbul Meko

detikcom

Lokasi wisata ini terletak di Dusun Meko yang dihuni oleh suku Bajo. Warga suku Bajo berprofesi sebagai nelayan untuk mata pencahariannya. Biasanya wisatawan diantar oleh warga dusun menuju Pasir Timbul Meko menggunakan perahu nelayan lokal. Sepanjang melintasi laut Meko, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam. Air laut yang jernih dan warna-warni terumbu karang. Penamaan pasir timbul ini cukup unik, karena terdapat gundukan pasir di tengah laut. Gundukan pasir itu seolah-olah seperti pulau yang tidak berpenghuni. Pasir putih yang sedikit kemerah mudaan ini berasal dari terumbu karang yang hancur. Ditambah dengan pulau yang berwarna hijau dan riak-riak kecil yang menyapu pasir pantai.

2. Danau Asmara

blogspot

Tempat yang sering dijadikan lokasi foto pre wedding ini menyajikan pemandangan yang tidak kalah indahnya. Pepohonan hijau yang rindang, birunya air danau membuatnya sejuk dipandang oleh mata. Menurut informasi yang ada, danau yang terletak di desa Waibo, kecamatan Tanjung Bunga dan berjarak sekitar 45 km dari kota Larantuka ini dulunya terbentuk dari letusan gunung Sodoberawao Kobanara pada tahun 400-500 SM.

3. Pantai Kawaliwu

simon

Pantai Kawaliwu berjarak sekitar 17 kilometer dari arah Utara kota Larantuka. Di pantai Kawaliwu seorang wisatawan bisa mendapatkan air panas dengan mudah. Cukup menggali pasir dan bebatuan di sekitar pantai tanpa harus menggali secara dalam. Air panas ini berasal dari gunung Ile yang berada di kecamatan Lewomela. Seperti pantai pada umumnya, Pantai Kawaliwu menyajikan pemandangan gunung dan pepohonan hijau yang rindang. Pantai dengan air yang tenang dan jernih serta daun pohon kelapa yang tertiup angin. Membuat suasana pantai menjadi sejuk dan asri. Para wisatawan juga dapat menikmati suasana senja dengan melihat sunset.

4. Taman Kota Nagi

liburkucom

Selain disuguhi dengan panorama alam yaitu pegunungan, laut dan gugusan pulau. Tempat ini cocok dijadikan untuk tempat nongkrong atau menghabiskan waktu dengan teman, sahabat maupun keluarga. Selain berkumpul, wisatawan dapat menikmati kuliner khas Larantuka. Karena ada cafe dan pusat kuliner yang dibuka pada saat malam hari.

5. Pulau Adonara

youtube

Pulau ini menawarkan berbagai macam tempat wisata, seperti pegunungan dan pantai. Banyak pantai yang masih alami dan berpasir putih, Pegunungan hijau disertai pantai yang bersih serta air terjun yang mempesona. Untuk menuju pulau Adonara dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari pelabuhan Larantuka.

6. Desa Lamalawang

blogspot

Jika sebelumnya dibahas wisata alam di Larantuka, ada juga wisata khas kebudayaan. Di desa ini rumah adat penduduk masih terjaga keasliannya. Selain itu terdapat tradisi kebudayaan penduduk yang dapat dilihat oleh wisatawan, seperti pembuatan tenun ikat dan penampilan tarian tradisional khas Larantuka yaitu Hedung, Soka Palang dan Soka Raja.

Leave a Reply