Wisata Alam di Bandung Selain Lembang

Bandung, kota berhawa sejuk dan pemandangan hijau pegunungan merupakan salah satu tujuan wisatawan lokal maupun asing. Bukan hanya menjadi pusat belanja dan wisata kuliner, Bandung juga menyuguhkan wisata alam yang memanjakan mata. Salah satu wisata alam yang terkenal di Bandung adalah Lembang, namun disini saya tidak akan membahas tentang Lembang, karena masih banyak wisata alam yang menarik lainnya.

1. Situ Patenggang

https://id.wikipedia.org/wiki/Situ_Patenggang

Hawa sejuk khas pegunungan akan menyapamu sebelum sampai ke tempat ini. Hijaunya daun teh, pepohonan nan rindang dan asri di tambah jernihnya air danau merupakan menu istimewa situ patenggang untuk memanjakan mata kita, belum lagi bonus dari kabut tipis yang membuat suasana semakin romantis.

Beberapa waktu terakhir tampaknya tempat ini menjadi sasaran para wisatawan dari dalam maupun luar kota Bandung karena tempat ini menawarkan keindahan alam yang menawan. Terletak di jalan raya Ciwidey-Rancabali dan berada di ketinggian 1.600 meter, serta dipagari kebun teh Rancabali membuat situ patenggang ramai di kunjungi saat akhir pekan.

Cukup membayar tiket masuk sebesar 20 ribu saat weekday dan 22 ribu saat weekend, kita dapat masuk  menikmati situ oatenggang, dengan berjalan santai sembari menikmati keindahan danau air bening dan hijaunya daun teh dengan bayang-bayang pegunungan yang mengelilinginya.

2. Ranca Upas

https://id.wikipedia.org/wiki/Ranca_Upas

Berada di ketinggian 1.700 mdpl. Membuat Ranca Upas memiliki udara yang sejuk dan dingin saat malam. Ranca Upas sangat cocok di pakai untuk camping ceria bersama sahabat atau keluarga, kita bisa menghabiskan waktu disini dengan kegiatan outdoor adventure, mengendarai ATV, fun games dan ada kolam renang air hangat. Disana juga terdapat penangkaran rusa Jawa, kita diperbolehkan memberi makan dan berinteraksi langsung dengan hewan bertanduk jinak tersebut.

Untuk menikmati obyek wisata ini tidaklah mahal  bahkan tergolong terjangkau. Untuk tiket masuk setiap pengunjung di kenakan tarif Rp 10.000. Dan jika kalian ingin menginap, Ranca Upas menyediakan penyewaan tenda bagi kalian yang enggan repot. Datanglah kemari bersama sahabat, rekan kerja atau keluarga, habiskan waktu bersama untuk mempererat tali batin bersama mereka.

3. The Lodge Maribaya

Maribaya resort

The Lodge Maribaya adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang mulai naik daun. Terletak di Jalan Maribaya Timur Km. 6 Kampung Kosambi, Cibodas. Pemandangan yang indah, udara segar dan lokasinya yang fotogenik dengan latar hutan pinus serta fasilitas lengkap membuat maribaya menjadi primadona bagi anak-anak muda.

Panorama yang di sajikan di tempati ini mirip seperti tempat wisata luar negeri, hamparan pohon pinus dan hijaunya pemandangan disana serta udara yang segar dan hawa sejuk akan mengibati kepenatan kalian setelah sibuk bekerja. Yang unik disini adalah adanya penginapan permanen berbentuk bawang atau labu debgan fasilitas layaknya penginapan umumnya seperti TV dan tempat tidur yang nyaman.                                                

4. Taman Begonia

kebun begonia glory

Kota kembang menunjukan eksistensinya lagi dengan hadirnya Taman Begonia Lembang. Kawasan taman bunga ini berlokasi di Bandung Barat, tepatnya di kawasan wisata lembang. Berjalan-jalan di hamparan kebun bunga berwarna-warni pastilah memmbuat kita seperti putri raja atau bidadari dari khayangan.

Selain untuk wisata, taman ini juga punya tujuan memperkaya khasana florikultura indonesia. Cukup dengan Rp. 10.000, kita bisa masuk dan berjalan mengelilingi taman bunga ini sambil mencari spot foto cantik berlatar bunga berwarna-warni bak putri Disney.

5. Taman Kota Babakan Siliwangi

yourbandung

Ada forest walk di jantung kota Bandung, di taman Babakan Siliwangi. Taman terbuka sekaligus ruabg hujau di tengah kota ini beralamat di jl. Siliwangi no. 7 Lebak Siliwangi. Keberadaan Babakan Siliwangi atau baksil membuat kawasan ini menjadi paru-paru kota bagi warga sekaligus wisatawan yang sedang berlibur di Bandung.

Bandung memang salah satu tujuan wisata yang sangat lengkap. Tak hanya dikenal sebagai surga wisata kuliner, belanja dan tempat-tempat wisata sejarah budayanya juga yang banyak, ternyata wisata alam bandung menyimpan sejuta pesona yang memikat hati wisatawan untuk berburu keindahan alam khas bumi parahyangan ini.

Kamu punya tempat wisata Bandung yang recommended? Bagikan di kolom komentar ya.

Leave a Reply