13 Tips Membersihkan Kamar Agar Bisa Tidur Nyenyak

Bagaimana mungkin kita beristirahat dengan nyaman jika kamar tidur kita berantakan? Mungkin karena aktivitas yang sangat padat membuat kita tak punya banyak waktu untuk membersihkan kamar tidur setiap hari. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk menjaga kerapian kamar tidur. Yuk, simak 13 tips membersihkan kamar agar tidur nyenyak berikut ini:

  1. Bersihkan Tempat Tidur Secara Rutin

Ternyata rajin membersihkan tempat tidur banyak manfaatnya loh, salah satunya yaitu bisa menjaga kualitas tidur kamu jadi lebih nyenyak.

  1. Bersihkan Debu

Tungau debu dapat menyebabkan kamu mengalami alergi dan asma. Jika kamu terus-terusan memelihara debu di dalam kamar tidur, kamu akan mengundang gejala-gejala alergi yang nantinya memengaruhi kualitas tidur. Bersihkan debu menggunakan vacuum cleaner dan lakukanlah seminggu sekali.

  1. Perhatikan Karpet

Melapisi lantai kamar tidur dengan karpet memang membuat kaki terasa nyaman. Meski begitu, karpet juga dapat menjadi sarang debu serta kotoran. Sebaiknya bersihkan secara rutin menggunakan vacuum cleaner lalu cuci karpet sekali dalam sebulan.

  1. Jauhkan Hewan Peliharaan

Selucu-lucunya kucing atau anjing peliharaan, mereka dapat menjadi pemicu alergi dan asma. Karenanya, sebisa mungkin jangan biarkan hewan kesayangan bermain, terutama tidur di dalam kamar kamu ya.

  1. Gunakan Deterjen Ramah Lingkungan

Kebanyakan pembersih dan deterjen mengandung bahan kimia. Meski begitu, ada beberapa produk ramah lingkungan yang bisa kamu pilih untuk membersihkan kamar, seprai, sarung bantal, serta selimut.

  1. Jangan Beraktivitas di Kamar Tidur

Otak kita mengasosiasikan tempat tidur dengan rasa lelah. Jadi, apabila kamu sering melakukan kegiatan di tempat tidur, otak akan lupa fungsi utama dari tempat tidur. Itulah mengapa kamu menjadi sulit untuk tidur. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kurangi kegiatan di kamar tidur.

  1. Letakkan Pakaian Kotor Pada Tempatnya

Saat pulang kantor, pasti lelah yang kita rasakan. Saat itu juga kita cenderung meletakkan apa saja di mana saja. Ini kebiasaan yang kurang baik karena kamar tidur pasti jadi tidak enak dilihat dan butuh waktu lebih lama untuk membereskan segalanya.

  1. Simpan Benda-benda Kecil di Tempatnya

Charger ponsel, headset, flash disk, dan benda-benda kecil lainnya sebaiknya disimpan dalam laci khusus setiap selesai digunakan. Jangan biarkan tergeletak di meja kamar tidur karena akan membuat kamar tidur terkesan tidak rapi.

  1. Bersihkan Lantai di Bawah Tempat Tidur

Saat membersihkan lantai kamar tidur, area ini kadang luput dari perhatian kita. Jangan lupa membersihkan lantai di bawah tempat tidur karena debu dan kotoran di area ini bisa mengganggu kesehatan.

  1. Membersihkan Spring Bed Paling Tidak 6 Bulan Sekali

Meski tertutup seprei setiap saat, bukan berarti spring bed tidak bisa kotor. Tungau dan bakteri yang tidak kasat mata bisa bersarang di permukaannya. Lakukan pembersihan spring bed minimal 6 bulan sekali agar tempat tidur bersih dan bebas kuman.

  1. Bersihkan Jendela

Di akhir pekan coba perhatikan jendela kamar tidur. Apakah kaca jendela sudah tampak buram? Ini tanda jendela kamar tidur kamu wajib dibersihkan. Jangan lupa bersihkan juga debu yang menempel di sudut-sudut jendela ya.

  1. Cuci Kelambu

Kelambu akan menambah nilai penampilan kamar tidur. Namun jika tidak pernah dicuci, bisa-bisa kamu mengalami gangguan pernafasan akibat debu yang menempel di kelambu. Cucilah kelambu kamar tidur paling tidak satu bulan sekali.

  1. Bersihkan Sofa

Gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkan sofa di kamar tidur. Khusus untuk sofa berbahan kain, kamu bisa membasuhnya menggunakan kain mikrofiber yang dicelupkan dalam larutan deterjen cair. Peras kain mikrofiber sebelum digunakan agar sofa tidak terlalu basah, lalu keringkan. Atau mintalah bantuan profesional untuk mencuci sofa.

Yuk, praktikan tips di atas agar bisa tidur kamu nyenyak dan berkualitas. Kamu mau mulai dari yang mana nih ?

Tulisan di atas adalah kiriman dari Anggraini Prastikasari. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply