5 Tips Menabung Saham

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah menabung. Menabung merupakan budaya leluhur yang telah diwariskan secara turun temurun. Dulu orang menabung menggunakan celengan namun seiring perkembangan zaman banyak lembaga yang mewadahi orang untuk menabung yaitu Bank. Namun bagaimana dengan menabung saham, pernahkah Anda mendengarnya?

Menabung saham di Indonesia merupakan program yang dijalankan untuk mengajak masyarakat berinvestasi saham. Saham yang dibeli pun bisa dengan menggunakan angsuran yang berkala seperti layaknya menabung di bank. Bedanya tabungan yang Anda setorkan bila telah mencukupi akan dibelikan saham sehingga menjadi investasi Anda. Dalam pembelian saham satuan pembelian terkecil adalah 1 lot atau 100 lembar.

Untuk bermulai menabung saham berikut langkah yang perlu Anda perhatikan.

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Untuk memulai menabung saham Anda perlu memilih perusahaan sekuritas yang bekerjasama dengan program Yuk Nabung Saham. Daftar perusahaan yang bekerjasama dengan program ini bisa dilihat di internet. Namun yang perlu Anda perhatikan dalam memilih perusahaan sekuritas ini, cobalah memilih perusahaan yang mudah dijangkau lokasinya. Karena jika ada permasalahan bisa langsung datang untuk konfirmasi secara langsung.

  1. Membuka Rekening Saham

Seperti menabung di bank kita perlu rekening untuk jadi fasilitas kita dalam menabung saham. Bedanya untuk rekening ini dibuka di perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Dalam menabung saham ini Anda perlu menentukan berapa nominal yang Anda sisihkan untuk menabung saham ini. Untungnya dalam menabung ini nominal terminimnya Rp100 ribu sehingga bisa diikuti oleh orang yang memiliki penghasilan tidak terlalu besar.

  1. Menentukan Saham Yang Akan Ditabung

Dalam menentukan saham yang ingin ditabung tentu Anda harus memperhatikan kemampuan dan pengalaman anda. Jika Anda bingung dan masih pemula terjun dalam dunia saham ini Anda bisa memanfaatkan fasilitas konsultasi bersama broker atau perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Anda bisa menanyakan saham mana yang memiliki kinerja baik dan cocok untuk Anda pilih dalam menabung saham ini.

  1. Konsisten Menyetor Dana

Tentu agar jumlah saham terus bertambah Anda perlu konsisten menyetorkan dana yang Anda tabungkan dalam saham. Sebagaimana kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, begitupun uang yang Anda tabungkan dalam saham.

  1. Gunakan Konsep Beli dan Lupakan

Jumlah saham yang Anda beli di awal tidak terlalu besar maka setelah membeli cukup lupakan. Anda cukup mempercayakan tabungan saham kepada perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Hal ini akan menghemat energi Anda untuk tidak memikirkan sesuatu untuk nilai yang sedikit ini.

Jadi apakah Anda mulai tertarik untuk mulai menabung kan uang Anda dalam saham?

Leave a Reply