Tips Agar Tidak Pikun Dini di Usia Muda

Anda masih muda? Tapi sering kali lupa? Sesekali memang sangat wajar bila anda lupa akan sesuatu hal. Tetapi, jika kejadian lupa ini terus berulang maka ada yang harus ditanyakan pada diri anda. Mungkin ada pola tidak sehat yang anda jalani. Lupa dapat terjadi karena faktor makanan, menurunnya daya ingat, pola hidup, dan lain sebagainya.

Lupa akan hal kecil sepertinya tidak akan menjadi masalah yang sangat besar. Tetapi, jika anda mulai sedikit demi sedikit melupakan segala momen yang sangat penting dalam hidup anda sudah pasti anda akan sangat repot jika anda memaksa mengingatnya.
Nah, disini saya akan membagikan beberapa tips untuk menajamkan ingatan anda agar tidak lupa pada hal penting dalam hidup anda.

Tips Agar Tidak Pikun Dini Di Usia Muda

1. Olahraga yang teratur

unsplash

Olahraga dengan daya ingat sangat erat kaitannya. Karena salah satu faktor dari menurunnya daya ingat bukan hanya dari faktor usia saja. Tetapi juga dari pola hidup yang anda jalankan. Pola hidup sehat dengan menjalankan olahraga dapat menjadikan ingatan anda meningkat. Karena saat anda berolahraga sel saraf akan memproduksi protein yang bernama fakto neurotropis. Protein ini yang nantinya akan merangsang untuk memproduksi senyawa alami dalam menyehatkan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Selain itu, dengan berolahraga maka akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar.

2. Konsumsi makanan yang memiliki vitamin untuk meningkatkan daya ingat

unsplash

Setiap yang anda makan akan masuk dan dicerna oleh tubuh kemudian dialirkan oleh darah ke otak. Maka, apa yang anda makan akan mempengaruhi seberapa besar kemampuan daya ingat anda. Beberapa vitamin yang diyakini akan membantu anda dalam meningkatkan daya ingat adalah, vitamin E. Karena vitamin E dinilai memiliki antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel saraf di otak dari kerusakan. Vitamin B3 pun diyakini dapat membantu anda dalam masalah daya ingat. Para peneliti telah menemukan bentuk dari vitamin B3 yaitu Nikotinamida, yang diyakini dapat membantu mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Disamping mengkonsumsi vitamin anda pun harus menyesuaikannnya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar tidak hanya daya ingat anda yang tangkap, tetapi juga tubuh anda sehat.

3. Usahakan untuk mencatat segala sesuatunya

unsplash

Dizaman yang era digital ini, sudah jarang ditemui orang mencatat dalam kertas. Karena sudah dengan bantuan digital, maka bukan masalah lagi bagi anda yang malas mencatat dalam kertas. Anda dapat dengan mudah mencatat segala sesuatunya dalam ponsel anda, untuk kemudian anda dapat melihatnya kembali pada saat yang diperlukan.

4. Selalu fokus pada apa yang disampaikan

unsplash

Pernahkan anda ketika disuruh oleh orang tua anda untuk membelikan sesuatu di warung tetapi ketika anda sampai di warung, anda lupa apa yang harus dibeli? Penyebabnya adalah anda kurang fokus dan tidak memperhatikan apa yang diminta oleh orang tua anda. Cobalah sesekali anda melatih kefokusan anda dengan memperhatikan dengan seksama apa yang disampaikan oleh lawan bicara anda, matikan ponsel anda dalam melatih fokus anda, dan yang paling penting adalah anda jangan memaksakan untuk mengingat hal-hal yang memang tidak bisa anda ingat lagi.

5. Istirahat yang cukup

unsplash

Manusia membutuhkan sekitar 6-8 jam untuk tidur dimalam hari. Istirahat yang cukup dapat membantu anda bangun di keesokan hari dalam keadaan fresh dan bugar karena anda telah mengistirahatkan badan anda dari kepenatan di hari kemarin. Jangan sampai anda kurang istirahat karena dapat menyebabkan stress. Tidur yang berkualitas ternyata dapat meningkatkan kualitas daya ingat anda lho.

Terapkanlah beberapa tips diatas untuk membantu anda dalam meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi anda. Hindari stress dan jangan lupa untuk mengistirahatkan otak dengan cara anda berlibur di alam terbuka. Yang mana akan membuat otak anda merasa fresh dan siap kembali untuk menjalani aktivitas anda seperti sedia kala. Jangan terbebani oleh fikiran-fikiran buruk, karena akan membuat kualitas sitirahat dan daya ingat anda menurun.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply