7 Tips Nongkrong Hemat

Nongkrong memang kegiatan yang menyenangkan. Apalagi untuk anak muda, nongkrong sudah seperti aktivitas sehari-hari. Tetapi, nongkrong bisa jadi menjadi sumber pemborosan terbesar. Apabila tidak pandai mengatur keuangan, uang kita bisa-bisa ludes dengan cepat akibat keseringan nongkrong. Berikut adalah cara nongkrong yang ga bikin kantong jebol:

  1. Buat anggaran khusus

    https://pixabay.com

Untuk setiap pendapat bulananmu, sisihkan sebagian, contohnya 10% dari pendapatanmu itu khusus untuk anggaran bersenang-senang atau nongkrong. Sehingga dana nongkrongmu sudah diatur dengan baik dan tidak akan kebablasan hingga buat kantongmu jebol.

  1. Bawa uang secukupnya

    https://pixabay.com

Bawa uang secukupnya saja sesuai dengan budget nongkrong yang telah kamu tentukan. Tinggalkan juga kartu debit dan kartu kreditmu, bawa saja kartu yang benar-benar kamu perlukan. Apabila kamu membawa uang berlebihan, kamu akan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Dengan membawa uang seperlunya, kamu akan terhindar dari perilaku boros.

  1. Makan lebih dahulu

    https://pixabay.com

Sebelum mulai nongkrong, makanlah lebih dahulu untuk mengisi perutmu. Sehingga ketika nongkrong kamu hanya perlu membeli makanan ringan atau minum. Dengan makan lebih dahulu, hal tersebut juga akan menghindarkanmu dari lapar mata. Sehingga pengeluaranmu pasti akan berkurang.

  1. Bawa air minum

    https://pixabay.com

Apabila kamu tetap ingin makan makanan berat di tempat nongkrong, tidak masalah. Tapi bawa air minum dari rumah. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan di tempat nongkrong. Beberapa resto / cafe tidak memperbolehkan pelanggannya membawa minum dari luar, kamu dapat menyiasatinya dengan membeli minuman yang harganya terjangkau seperti teh dan air mineral.

  1. Memanfaatkan promo

    https://pixabay.com

Memanfaatkan promo atau diskon bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak website online yang menjual voucher makan elektronik dengan harga yang lebih murah. Website tersebut antara lain . Dengan adanya promo, kamu bisa makan makanan mewah tapi dengan harga yang terjangkau. Asyik banget ya..

  1. Nongkrong di rumah

    https://pixabay.com

Daripada nongkrong di cafe / resto, lebih baik nongkrong di rumah. Kamu bisa nongkrong di rumahmu sendiri atau di rumah teman. Dengan nongkrong di rumah, kamu bisa melakukan penghematan. Selain itu, nongkrong di rumah juga lebih santai sehingga aktivitas nongkrongmu akan lebih asyik.

  1. Cari tebengan atau naik angkutan umum

    https://pixabay.com

    Untuk transportasi menuju dan pulang dari tempat nongkrong, kamu dapat menumpang temanmu yang rumahnya searah denganmu. Apabila tidak ada teman yang dapat ditumpangi, kamu dapat menggunakan angkutan karena harganya terjangkau dibandingkan apabila kamu menggunakan taxi atau mobil pribadi.

 

Demikian beberapa tips agar kegiatan nongkrong ga bikin kantong jebol. Kamu tips lain yang bagus? Yuk di-share di kolom komentar yaaa..

Leave a Reply