Beberapa Kuliner di Solo yang Wajib Kamu Coba

Solo, atau biasa disebut dengan Surakarta, adalah suatu kota yang terletak di Jawa Tengah. Solo sendiri sarat akan budaya. Tak hanya itu, Solo juga memiliki beberapa kuliner yang mampu memanjakan lidah. Bagi yang doyan kulineran, kamu wajib mencoba berbagai makanan khas Solo. Selain rasanya yang enak, kamu juga nggak akan takut kehabisan uang kok. Sebab, makanan di Solo sendiri terkenal dengan rasa yang enak, sekaligus harganya yang terjangkau.

Tulisan ini akan membahas tentang beberapa kuliner Solo yang wajib untuk dicicipi. Tak perlu risau, penulis juga akan menyempilkan lokasi penjual sekaligus harganya kok. Yuk disimak.

  1. Serabi

Serabi adalah sejenis pancake yang adonannya terbuat dari tepung beras, gula, garam, santan, dan daun pandan yang fungsinya sebagai pewangi. Teksturnya kenyal, lembut, dan rasanya legit. Di Solo sendiri terdapat tempat yang menjual Serabi. Tempat ini dikenal dengan nama Serabi Notosuman.

Serabi Notosuman sendiri sudah ada sejak 1923. Sejak dulu, tempat ini masih menggunakan tungku sebagai alat masaknya. Berbeda dengan kue serabi atau surabi di daerah lain, serabi khas Solo atau serabi Notosuman dihidangkan tanpa kuah manis dan bentuknya lebih tipis. Akibatnya, rasa santannya mendominasi serabi tersebut. Harganya pun terjangkau, dimulai dari Rp2 ribu loh. Jika kamu tertarik, silakan datangi Jl. Moh. Yamin yang dibuka sejak pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

  1. Tahu Kupat

    IDNtimes

Tahu Kupat merupakan sebuah makanan yang terdiri dari ketupat, mie basah, toge, tahu goreng, bakwan goreng yang dipotong-potong, dan taburan kacang goreng. Bahan ini kemudian dipadukan dengan bumbu kecap manis dengan sajian bawang goreng. Terkadang, Tahu Kupat juga ditambahkan telur dadar sebagai lauk tambahan.

Salah satu tempat yang menjual Tahu Kupat di Solo adalah Warung Sido Mampir, atau yang biasa dikenal dengan Warung Tahu Kupat Solihin. Lokasinya terletak di Jl. Gajah Mada dan berdekatan dengan Masjid Solihin. Warung ini sudah berdiri sejak 1977 dan menjadi tempat kuliner paling dikenal di Solo. Untuk seporsinya, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp7 ribu hingga Rp10 ribu.

  1. Sate Buntel

    Wikipedia Indonesia

Sate Buntel adalah sate khas Solo yang terbuat dari daging kambing dengan ditusuk lidi, kemudian dililit (bahasa Jawa: dibuntel), kemudian dibakar. Salah satu tempat yang menjual Sate Buntel adalah Warung Sate Bu Haji Bejo yang berlokasi di Jl. Sungai Sebakung, Pasar Kliwon, Solo. Warung ini juga menjadi tempat favorit Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat ia berkunjung ke Solo.

Untuk menikmati menu di sana, kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp5 ribu hingga Rp40 ribu. Menu favorit yang terdapat di warung ini adalah Tongseng dengan daging buntel.

  1. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah salah satu kuliner khas Solo yang paling terkenal. Nasi Liwet terdiri dari nasi gurih dengan sayuran jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan berbagai bahan lain yang disajikan dengan alas daun pisang. Salah satu spot Nasi Liwet yang cukup terkenal adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang berlokasi di Keprabon, Jalan Teuku Umar. Tempat ini juga dekat dengan Keraton Mangkunegaran.

Warung Nasi Wongso Lemu sudah berdiri sejak tahun 1950. Maka tak heran apabila warung nasi ini sudah dikenal oleh penduduk yang berada di Solo. Untuk mendapatkannya, kamu cukup merogeh kocek seharga Rp19 ribu.

Selat Solo adalah salah satu makanan khas Solo yang berpadu dengan makanan khas Eropa. Selat Solo terdiri dari irisan daging seperti steak, telur, potongan buncis, wortel, dan kentang yang dilengkapi dengan kuah semur. Kata selat sendiri merupakan kata serapan dari kata slaatje yang berasal dari  bahasa Belanda yang memiliki arti salad.

Salah satu lokasi yang menjual Selat Solo adalah Warung Selat Solo Mbak Lies yang berada di Jl. Veteran, Gang Yudistira II No. 42. Warung ini sudah ada sejak 1987 dan menjadi favorit orang-orang Solo. Untuk menikmati, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp16 ribu per porsinya.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan sajian tulisan di atas. Apabila kamu sedang berkunjung ke Solo, jangan lupa mendatangi tempat kuliner tersebut ya.

Leave a Reply