Perlukah Kita Istirahat dari Media Sosial?

Perkembangan teknologi saat ini membuat manusia menjadi bergantung dengan kemajuan teknologi. Semakin maraknya, maka semakin tinggi manusia memiliki ketergantungan. Perkembangan ini kemudian juga akan berdampak pada perubahan pola hidup manusia itu sendiri, tak terkecuali dengan media sosial. Dari media sosial, manusia rela duduk ataupun tiduran selama berjam-jam. Untuk apa? Ya untuk melihat media sosial. Entah itu Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Tak lengkap rasanya jika sehari tidak membuka aplikasi media sosial tersebut.

Namun tahukah kamu akan bahaya yang mengintai jika sudah kecanduan dengan media sosial? Artikel ini akan membahas tentang dampak buruk media sosial terhadap pola hidup kita. Yuk silakan disimak.

  1. Merusak Jadwal Tidur

Pernahkah kamu sadar bahwa terlalu banyak berselancar di media sosial turut merusak jadwal tidur. Biasanya, orang-orang membuka media sosialnya ketika jam sudah menunjukkan waktu malam hari. Sebab di siang harinya, kita biasanya melakukan pekerjaan sehari-hari, entah itu di kantor maupun pekerjaan di rumah.

Nah malam hari menjadi waktu yang puitis untuk berselancar di media sosial. Usai bekerja, kita akan mengintip media sosial, entah itu memantau berita, kegiatan teman, maupun hal-hal yang sedang ngetren. Saking asiknya, kamu pun lupa kalau jam sudah memasuki larut malam. Nah loh, berkurang deh waktu tidurmu.

  1. Mengurangi Waktu Produktif

Seringkali kita juga membuka media sosial di saat-saat jam kerja. Biasanya ini dilakukan ketika kita sudah memasuki waktu senggang, atau bahasa lainnya ketika pekerjaan sudah selesai. Walaupun media sosial bisa memberikan kita informasi, namun kamu lupa akan adanya kegiatan yang seharusnya lebih diprioritaskan. Misalkan saja waktu untuk beres-beres rumah, ataupun mengurus anak dan keluarga. Akibat media sosial ini, waktu yang seharusnya diluangkan jadi terbuang sia-sia.

  1. Sering Cemas

Media sosial juga bisa menimbulkan kecemasan bagi sebagian orang. Mengapa? Sadarkah kamu bahwa updatean teman-temanmu bisa membuat kecemburuan tersendiri? Kamu pun akan membandingkan kalau hidup mereka lebih baik dari hidupmu. Padahal mah belum tentu juga. Siapa tahu kehidupan kamu justru lebih baik, atau bisa saja updatean teman-temanmu hanyalah hiburan mereka dalam mengatasi kesedihan.

  1. Boros

Ketergantungan dengan media sosial juga membuat kamu selalu mengikuti tren yang berkembang di dunia maya. Misalkan saja, kamu akan membeli produk A yang sedang tren di bulan ini. Kemudian pada bulan selanjutnya, barang yang telah dibeli ternyata memiliki saingan, yakni produk B. Kamu pun akan berpikir untuk membeli produk B juga, layaknya teman-teman kamu yang turut memeriahkan tren tersebut. Jika terus seperti itu, jangan kaget apabila kamu tidak memiliki tabungan ya.

  1. Mengurangi Interaksi dengan Teman di Dunia Nyata

Kamu juga akan kehilangan waktu ngopi bersama teman-temanmu. Padahal, teman-teman di dunia nyata lebih penting dibandingkan dunia maya. Mereka akan membantumu di kala sedang kesusahan nantinya. Alangkah baiknya kamu tetap menjaga silaturahmi dengan teman-teman di dunia nyata.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pikirkan dari dampak media sosial. Jika kamu sudah membaca, silakan tentukan apakah kamu harus istirahat dari media sosial? Jika belum, coba pikirkan kembali secara jernih ya.

Leave a Reply