9 Susah Senang Menjadi Cosplayer

Jika kita pernah pergi ke acara acara kebudayaan Jepang, pastinya kita sering melihat orang orang yang menggunakan kostum kostum anime. Orang orang ini sering disebut dengan Cosplayer, apa itu Cosplay? Cosplay adalah orang yang memakai kostum karakter yang berasal dari tokoh fiksi baik dari game, komik, film kartun atau anime dsb. Orang yang memakai kostum disebut dengan Cosplayer.

Cosplayer ini sudah banyak memiliki komunitasnya sendiri. Salah satu teman saya pun ikut mendalami hobinya ini dan dia membuat sendiri kostumnya dari kepala hingga kaki. Suka duka para cosplayer yang sering teman saya ceritakan dan mungkin hampir semua para cosplayer mengalami hal-hal seperti

1. Ingin mengcosplaykan beragam karakter, namun Finansial tidak mencukupi

Film kartun yang beredar sangat banyak, apalagi Jepang dengan animenya. Hal ini pasti membuat jengkel para pecinta kostum, karena hasrat untuk memenuhi keinginan membuat kostum karakter sangat banyak tapi dana tidak mencukupi. Membuat satu kostum bisa mengeluarkan Dana yang sangat besar.

Oleh sebab itu perlu membuat perencanaan atau cosplay plan. Dari mulai pengumpulan karakter  yang ingin dibuat hingga budget yang dibutuhkan. Semakin detail desain kostum, maka semakin banyak dana yang dibutuhkan. Oleh sebab itu pentingnya untuk memutar otak dan menjadi kreatif untuk menyiasati detail kostum dengan  budget seminim mungkin.

2. Deadline yang selalu menghantui dan memiliki mata panda

Walaupun sudah direncanakan sesuai waktu, pasti banyak saja masalah yang dihadapi. Hal ini membuat penyelesaian kostum yang mepet. Kadang ada yang baru selesai pagi sebelum Convention, istilah untuk acara para cosplayer berkumpul.

Tidak jarang kita melihat mereka dengan mata panda (lingkaran hitam pada mata karena kurang tidur). Tentu untuk menyelesaikan kostum dengan bergadang hingga kostum tersebut selesai.

3. Kostum setelah selesai dan apa yang diharapkan tidak sesuai

Setelah melalui perjalanan panjang, menempuh beberapa hari tidak tidur. Tibalah waktunya kostum yang dibuat selesai. Kadang kita harus mengalami sedikit kekecewaan karena kostum yang dibuat tidak sesuai harapan atau yang dibayangkan.

4. Kebingungan saat tidak disediakan ruang ganti dalam sebuah event

Saat mengikuti cosplay event tentu para cosplayer tidak datang langsung menggunakan itu kostum dari rumah. Pastinya perlu tempat khusus buat mereka untuk berganti baju dan berdandan untuk menjadi karakter yang ingin di cosplay kan. Apa yang terjadi jika tidak disediakan tempat berganti baju? Terpaksa harus berganti dan berdandan ditempat lain bahkan seorang teman bilang mereka pernah berganti di toilet umum.

5. Dicuekin teman karena tampil beda

Saat event, pastinya mereka mengajak teman yang non cosplayer untuk datang melihat mereka beraksi. Yang sering terjadi adalah mereka tak mengenali karena tampilan yang berubah. Berdasarkan pengalaman dari teman tomboy yang suka bercosplay menjadi perempuan imut yang cantik.

6. Cuaca panas membuat dandanan berantakan

Cuaca panas dan ruangan ganti yang tidak ada pendingin adalah masalah dari para cosplayer. Mereka harus sering sering membetulkan make up karena keringat. Sering mereka mendapati ruangan ganti tidak memiliki pendingin hingga make up  cepat sekali luntur karena keringat.

7. Karena hobi yang sama bisa mendapat teman dari berbagai kalangan

Demam cosplay tidak hanya terjadi di Indonesia, di luar negeri pun banyak komunitas cosplayer. Bahkan event cosplay ada yang level international. Comic Con International adalah salah satu event yang dapat didatangi oleh para cosplayer.

Oleh sebab itu dengan memasuki komunitas komunitas bisa menambah teman dari beragam kalangan, baik dalam maupun luar.

8. Tidak sedikit orang yang menganggap Cosplay adalah Hobi yang aneh

Masih dianggap hobi yang aneh karena melihat orang dewasa berpakaian seperti tokoh kartun.

9. Setelah semua selesai, akan mendapatkan kepuasan yang luar biasa.

Setelah melalui perjuangan panjang dengan sisa semangat, mereka mengikuti event sampai berakhir. Dan ketika acara usai saatnya untuk merayakan usaha yang telah mereka tempuh. Tentu setelah selesai pasti yang mereka rasakan adalah kepuasan yang luar biasa.

Cosplay adalah hobi yang bisa ditekuni oleh siapa saja bagi pecinta film film kartun anime game Komik dsb. Perlu ketekunan dan usaha maupun biaya yang cukup besar untuk membuat sebuah kostum. Namun bisa menghasilkan juga cukup besar Karena bisa dijual.

Untuk teman teman saya para cosplayer terutama yang membuat sendiri kostumnya saya salut pada kalian.

Tulisan di atas adalah kiriman dari milla.andriana. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply