Instrument Investasi Untuk Persiapan Dana Pendidikan Anak

Pendidikan menjadi hal utama yang harus dipersiapkan bagi setiap orang tua untuk buah hatinya. Jangan sampai kita sebagai orang tua sampai salah memilih pendidikan atau telat memersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak.

Hal yang lebih parah adalah dana pendidikan akan selalu meningkat sebanding dengan peningkatan inflasi. Maka jangan heran para orang tua jika saat ini biaya pendidikan sangat mahal dan metodenya juga berbeda saat kita sekolah dulu.

Sebagai orang yang tua yang bijak sudah seharusnya mempersiapkan dana pendidikan ini sejak dini. Semakin dini mempersiapkannya akan semakin baik saat anak-anak hendak sekolah nantinya.

Jangan sampai saat anak kita ingin sekolah malah kebingungan mencari dana pendidikan, padahal hal ini bisa diatasi sejak dini. Langkah paling tepat adalah memulai menginvestasikan sedikit dana dari pos finansial kita untuk dana pendidikan anak kita nanti.

 

Alasan Invesasi Lebih Baik Dibandingkan Hanya Menabu

via pixabay.com

Ada yang beranggapan bahwa jika ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk anak cukup hanya dengan menabung. Padahal kenyataannya meskipun sudah terkumpul banyak uang tabungannya belum tentu nilai tersebut besar saat anak kita hendak bersekolah nanti. Inflasi sangat berpengaruh sekali bagi setiap perencanaan finansial.

Berikut ini alasan investasi lebih baik dibandingkan hanya menanbung.

Tergerus Inflasi

via pixabay.com

Seperti pembahasan diatas, jika hanya menabung saja nilai tabungan kita tentu akan tergerus naiknya inflasi setiap tahunnya. Sebagai contoh: Jika anak kita saat ini berusia 1 tahun dan kita sedang mempersiapkan dana pendidikan untuk kuliah nanti dengan menabung 500 ribu setiap bulannya.

Jika ditotal dana yang akan terkumpul mulai dari anak kita usia 1 tahun sampai usia kuliah adalah sebesar 102 juta. Angka ini memang terlihat besar saat ini, namun coba lihat kembali nilai ini 17 tahun kedepan. Apakah nilainya masih sama, tentunya akan menurun dengan kenaikan inflasinya setiap tahun.

 

Mendapatkan Keuntungan

via pixabay.com

Selain melindungi nilai dari uang yang kita miliki saat ini, investasi juga tentu akan menghasilkan keuntungan. Apalagi jika kita memilih instrument investasi yang tepat, tentu akan mendapatkan keuntungan yang berlebih.

 

Langkah-Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

via pixabay.com

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi untuk dana pendidikan anak sebaiknya sudah melakukan persiapan-persiapan ini. Berikut langkah-langkahnya

 

Ketahui Minat dan Bakat Anak

via pixabay.com

Sebagai orang tua yang bijak tentu tidak akan pernah memaksakan anaknya bersekolah di tempat yang bukan dan minat dan bakat si anak. Untuk itu sebaiknya kita sudah mengetahuinya terlebih dahulu tentang minat dan bakat sang anak. Sehingga dengan begitu akan mudah mengarahkan pendidikan sang anak nantinya.

 

Pilih Sekolah dan Target Biayanya

via pixabay.com

Nah, bayangkan jika kita belum mengetahui minat dan bakat si anak. Tentu kita akan memilih hanya memilih sekolah berdasarkan iklan si sekolah atau rekomendasi dari temen-teman. Beda halnya jika sudah mengetahui minat dan bakatnya, tentu kita akan mengarahkan ke sekolah-sekolah yang menunjang minat dan bakat si anak.

Cara mengetahui minat dan bakat anak saat ini sudah sangat mudah. Kita bisa menggunakan alat tes kecerdasan yang sudah banyak beredar saat ini. Hasil dari alat tes kecerdasan ini bisa kita analasia sekolah mana yang cocok dengan anak kita.

Setelah mengetahui sekolahnya, coba hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk menunjang sekolah-sekolah si anak. Dengan begitu kita sudah mempunyai target biaya pendidikan anak di masa mendatang.

 

Jangka Waktu Yang Dimiliki

via pixabay.com

Setelah mengetahui target biaya yang dibutuhkan. Hitung berapa waktu yang dimiliki sampai ke jenjang pendidikan tersebut. Jika sudah mengetahui jangka waktunya maka akan dengan mudah menentukan instrument investasi yang cocok digunakan untuk persiapan dana pendidikan anak kita nantinya.

 

Memilih Instrument Investasi Yang Tepat

via pixabay.com

Saat ini banyak sekali pilihan investasi yang bisa dipilih untuk menunjang persiapan dana pendidikan anak. Sebaiknya pilihlah instrument pendidikan yang sesuai dengan target biaya dan jangka waktu yang kita miliki. Tentunya pilih resiko yang jauh lebih kecil meskipun hasil yang didapatkan tidak terlalu besar. Sebab tujuan kita jangka panjang kita adalah melindungi nilai uang yang kita miliki dan mendapatkan keuntungan tambahan.

Pilihan instrument yang bisa dipilih yaitu menabung emas atau logam mulia, reksadana, saham, bisnis, dan tabungan berencana. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai termakan godaan iklan yang nantinya malah membuat tujuan kita tidak tercapai.

 

Baiklah itu tadi pembahasan tentang instrument investasi untuk persiapan dana pendidikan anak. Semoga kita sebagai orang tua lebih bijak lagi mempersipkan pendidikan unuk sang anak. Agar anak kita bisa tumbuh lebih bahagia dan sukses tentunya di jenjang pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra . Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply